satoushi888Avatar border
TS
satoushi888
Laris Manis Bisnis Cupang di Tengah Pandemi


Bisnis ikan cupang hias tetap menggeliat meski di tengah pandemi COVID-19. Beragam jenis ikan cupang serta keindahan corak warna baru menjadi daya tarik tersendiri bagi peminatnya.


Akang adi (30), salah satu peternak ikan cupang hias mengungkapkan, penjualan ikan cupang secara online saat ini mengalami perbedaan jika dibandingkan sebelum pandemi COVID-19. Kenaikan pembeli cupang terjadi meskipun tidak datang mengunjungi tempatnya dan melihat secara langsung. Rata-rata sehari ia bisa melayani 10-20 pertanyaan dari calon pembeli, ia mengkhususkan calon pembeli yang ingin datang ke tempatnya apabila pembeli benar-benar minat akan ikan yang dipostingnya. Pengunjung yang datang pun dibatasi untuk mencegah kerumunan orang serta menerapkan protokol kesehatan yang berlaku seperti menggunakan masker.


Imbelis foto koleksi Akang


Omzet yang meningkat sampai dua kali lipat dalam sebulannnya. Akang menjual dengan harga ikan yang variatif, mulai dari Rp 50 - 900.000 ribu per ekornya. Menurutnya, saat ini ada beberapa jenis ikan cupang yang paling banyak diburu pembeli. Seperti jenis plakat yang memiliki corak warna sangat indah dan anggun, blue marble, atau crowntail yang ekornya berbentuk menyerupai sisir serit, nemo, giant yang memiliki postur tubuh lebih besar, koi menyerupai warna ikan koi, dan wild betta yang memiliki corak yang sangat indah seperti burung merak.


kolam budidaya dengan media filter alami tanaman kangkung


Budidaya cupang tidak memerlukan lahan yang luas


Imbelis, salah satu jenis cupang yang cantik dan masih jarang dipasaran
 

Saat masih kecil, cupang bisa dicampur baik jantan maupun betina


 
Cupang merupakan ikan yang panjang umur dan relatif tahan banting. Untuk membudidayakan dan menjadikannya bisnis, Ikan yang satu ini bisa dipelihara di dalam akuarium tanpa aerator, bak, kolam kecil, dengan kata lain, cupang bisa bertahan di kondisi air yang minim oksigen. Meskipun begitu, Agan dan Sista harus tetap menjaga kualitas air dengan cara memberi tanaman hidup atau mengganti air secara rutin. Nah GanSis udah ada miara cupang saat ini? Berapa harga termahal yang pernah GanSis bayarkan untuk satu ekornya? 


UchieSuciani
raliakbarrr
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.