• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bocoran Terbaru, Honda Juga Rancang Vario Mesin 157cc 4 Katup

OdlevaAvatar border
TS
Odleva
Bocoran Terbaru, Honda Juga Rancang Vario Mesin 157cc 4 Katup



Rumor generasi mesin anyar Honda seperitnya makin kesini makin kencang, setelah mereka dikabarkan sudah merilis model SH150i terbaru dengan mesin 157cc 4 katup, kemudian berita tersebut makin menyebar dan berkembang hingga ke Indonesia.

Bukan fokus utama Honda memasukkan SH150i ke Indonesia, namun kebanyakan dari mereka justru lebih mendebatkan persoalan mesin baru tersebut. Bagaimana tidak, mesin yang dinilai dapat menyaingi rivalnya Yamaha 155VVA ini merupakan mesin generasi pertama Honda dan hanya satu-satunya kelas 150cc yang pakai 4 buah klep.

Sayang banget Honda masih absen dengan teknologi VTEC yang seharusnya bisa dihadapkan langsung dengan mesin VVA. Namun bukan berarti mesinnya tidak bertenaga, justru dengan ditambahnya dua klep tersebut, semakin membuat power serta torisnya naik cukup signifikan.



Nah, jadi mesin baru tersebut konon juga akan dirancang untuk mesin barunya New Honda PCX. Bukan perkara yang sulit lagi, mengingat Honda selalu menggunakan satu mesin di banyak lineup-nya termasuk kelas 150cc seperti PCX ini.

Lagi pula mesin tersebut kurang lebih modelnya hampir mirip dengan mesin 150cc Honda versi current, kemungkinan besar bisa plug n play atau tinggal pasang aja.
Menariknya lagi, rumor Honda akan memasukkan mesin 157cc ke dalam New PCX tidak berakhir sampai disitu. Kabarnya Honda Vario 150 generasi berikutnya juga akan menggunakan mesin yang sama.

Itu artinya Honda memang sudah menyiapkan rival yang head to head untuk melawan Yamaha Aerox, karena sebelum itu Vario 150 current masih belum dikatakan rivalnya sebab dari dimensi mesin kurang begitu mengimbangi.


Menurut info, mesin 157cc yang akan dipasangkan ke Vario 150 memiliki spec jeroan Bore x stroke 60 x 55.5 mm. Sepertinya sangat tidak mungkin jika Honda masih mempertahankan desain Vario seperti ini, kuat dugaan skutik ini akan berubah tampangnya dari mulai dimensi makin membengkak sampai desain yang jauh lebih agresif.

Semoga saja Honda juga tidak lupa menyematkan rem ABS, biar seperti rivalnya yang sudah dulu pakai teknologi ABS sebagai standar safety.

Referensi : https://aripitstop.com/2020/07/24/bo...engan-4-klep/

amdar07
ariebetadine
tien212700
tien212700 dan 21 lainnya memberi reputasi
18
10.9K
104
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.