News
Batal
KATEGORI
link has been copied
14
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2c27ee349d0f7dc3667161/wapres-maruf-bank-syariah-merger-dapat-bantu-pemulihan-ekonomi-nasional
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin optimistis Indonesia akan menjadi pusat keuangan syariah dunia. Saat ini ekonomi syariah di Indonesia telah berkembang pesat baik dari segi aturan dan kelembagaan. Dalam perundang-undangan ekonomi syariah sudah melahirkan UU perbankan syariah, surat berharga syariah negara, sukuk, asu
Lapor Hansip
06-08-2020 22:55

Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional

Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
JAKARTA – Wakil Presiden Ma’ruf Amin optimistis Indonesia akan menjadi pusat keuangan syariah dunia. Saat ini ekonomi syariah di Indonesia telah berkembang pesat baik dari segi aturan dan kelembagaan.

Dalam perundang-undangan ekonomi syariah sudah melahirkan UU perbankan syariah, surat berharga syariah negara, sukuk, asuransi, dan pasar modal. Sedangkan dari kelembagaan, telah lahir berbagai perbankan syariah, koperasi syariah, asuransi hingga reksadana syariah.

"Kita ingin menjadi pusat keuangan syariah dunia, sekarang yg paling tinggi sukuknya di dunia itu Indonesia, sudah melewati Uni Emirat Arab dan Malaysia.

Dari segi kelembagaan bisa dilihat kita sudah berkembang pesat jadi ekonomi syariah sudah menjadi sistem nasional dan berkembang,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/8/2020).

Dia menjelaskan, intuk memaksimalkan potensi ekonomi syariah, pemerintah akan fokus pada empat hal yakni memperkuat industri keuangan syariah, industri halal, pendanaan sosial, dan usaha berbasis syariah.

Fokus utama yang diprioritaskan adalah penguatan kelembagaan dan keuangan syariah.

Dalam memperkuat kelembagaan dan industri keuangan syariah, merger bank syariah menjadi salah satu cara yang dapat ditempuh. Menurutnya, Indonesia saat ini masih belum memiliki bank syariah yang besar untuk jadi pusat keuangan syariah dunia.

"Merger ini sudah jadi gagasan karena kita belum punya bank syariah yang masuk 20 besar dunia. Selain itu juga sebaiknya tidak terlalu banyak bank yang potensinya kecil-kecil. Oleh karena itu, bank syariah hasil merger bisa berperan untuk kepentingan dalam negeri dan luar negeri.

Bank syariah yang besar bisa lebih melayani proyek-proyek besar atau kegiatan ekonomi yang lebih besar supaya lebih cepat dalam mendorong pemulihan ekonomi nasional," ungkap dia.

Dia menambahkan, Indonesia juga harus mengembangkan industri halal dengan memberikan kesempatan kepada produk halal baik barang dan jasa seperti wisata halal. Kemudian pengembangan ekonomi syariah juga harus didukung dari dunia pendidikan seperti pesantren, sekolah tinggi ekonomi islam, dan program studi ekonomi syariah.

"Kita juga fokus mengembangkan industri halal. Selama ini kita baru pada sertifikasi halalnya. Untuk sertifikasi halal, Indonesia menjadi rujukan dunia global, karena standar halal kita dipakai lebih dari 50 lembaga sertifikasi halal dunia. Namun, untuk produk halal kita masih tertinggal jauh sekali,” jelas dia.

Selain itu, lanjut dia dana sosial Indonesia juga masih kecil, seperti zakat dan wakaf. "Jika itu dimaksimalkan dapat membantu perkembangan ekonomi nasional," tandas dia.
Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir kembali mengajukan wacana merger BUMN demi meningkatkan efektivitas dan efisiensi. Kali ini ia mewacanakan merger bank-bank syariah yang merupakan anak usaha Himbara pada Februari tahun depan.

Adapun bank-bank syariah yang rencananya akan dimerger adalah PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri (BSM), dan PT Bank BNI Syariah. Bank Syariah Mandiri memiliki fokus di segmen kredit korporasi, sedangkan Bank BRI Syariah memiliki fokus pada penyaluran pembiayaan di segmen UMKM.
 

Bank Syariah di merger ? jangan2 ada yang bengek itu bank ?

Engkong kapan pensiun ? emoticon-Mewek
profile-picture
profile-picture
nomorelies dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
06-08-2020 23:08
gw kalo denger bankk saringahh pengen ketawaaa....

tapi takut dosaaa....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 00:05
Indonesia jadi negara islam.
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rajin.meremas memberi reputasi
2 0
2
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 00:09
Kenapa sh engkong bicaranya untuk kepentingan umat sendiri selalu. Kaya kemaren juga, vaksin belum jadi pun udah minta sertifikasi MUI
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan rajin.meremas memberi reputasi
2 0
2
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 00:18
On second thought,i didnt know we have vice president...
I mean....do we?right?
profile-picture
rajin.meremas memberi reputasi
1 0
1
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 00:22
Entah org ini ga ngerti ajaran agamanya sendiri atau munafik terlihat agamis padahal mata duitan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kaiserwalzer dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 05:50
Yai sehat ?

profile-picture
rajin.meremas memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 06:08
Merger bank bumn syariah kapan mbah? Dri kmrin wacana mulu emoticon-Embarrassment
profile-picture
profile-picture
rajin.meremas dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 07:18
Bank syariah di indonesia rata2 bank2 yg merugi, sistim bagi hasilnya lebih susah diimplentasiin dibanding yg konvensional pake bunga, makanya bank syariah jarang yang maju kecuali bank induknya emang gede kyk mandiri.
Repotnya punya walinegara cuma mentingin golongannya sendiri, maksain produk gagal atas namanm agama dia....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rajin.meremas dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 07:33
Dibilangin mending urus kelakuan petinggi MUI kayak si Naen, malah ngurus yg lain.
profile-picture
profile-picture
rajin.meremas dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 07:49
Apa hubungannya merger bank syariah ma pemulihan ekonomi nasional ??.. emoticon-Ngakak (S)

Logika tolol macam apa itu.. emoticon-Malu (S)

Kalo cuma dg merger bank ekonomi lgs pulih.. mending pemerintah akuisisi bank BCA dan langsung merger ma mandiri + BRI.. kelar urusan.. emoticon-Malu (S)


emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
profile-picture
rajin.meremas dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 08:02
bank syariah nama doang prakteknya konvensional malah lebih mirip rentenir tapi pake syariah emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rajin.meremas dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 10:00
yg mantan pekerja bank syariah ini bagian analis+marketing susah dapat kerjaan di bank lain, udah diblacklist
profile-picture
profile-picture
rajin.meremas dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 12:53
makanya sekolah syar'i

kerjaan enak stempel halal doang

pulang memeg bini muda dah disuguhi

bosen nambah bini sampe 3 slot

alhamdulilah
Diubah oleh PROSAV
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rajin.meremas dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Wapres Ma'ruf: Bank Syariah Merger Dapat Bantu Pemulihan Ekonomi Nasional
07-08-2020 20:53
semoga saja pak kyai
profile-picture
rajin.meremas memberi reputasi
1 0
1
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia