sniper2777Avatar border
TS
sniper2777
Masyarakat Wajib Pegang Uang Segini Biar Kuat Hadapi Resesi
Jakarta - Indonesia kini di ambang jurang resesi. Hal ini ditandai dengan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal II yang negatif 5,32%.
Bila, kuartal III-2020 ini ekonomi Indonesia kembali minus, maka Indonesia resmi mengikuti jejak negara-negara lain yang sudah terjun bebas ke jurang resesi seperti Amerika Serikat, Singapura hingga Uni Eropa.

Perencana Keuangan Zelts Consulting Ahmad Gozali mengatakan, masyarakat bisa mulai menyiapkan dana cadangan agar tahan banting dari efek resesi tersebut. Besaran dana cadangan yang disiapkan jumlahnya bisa 3-12 bulan pengeluaran bulanan mereka.

Misal, pengeluaran bulanan 1 keluarga adalah sebesar Rp 5 juta dikali 12 bulan, maka setiap keluarga minimal harus punya dana cadangan sebesar Rp 60 juta untuk bertahan hidup sampai 1 tahun kemudian. Tujuannya tentu untuk jaga-jaga apabila terjadi badai PHK atau pemotongan gaji mendadak.

"Dana likuid ini untuk cadangan pengeluaran jika terjadi masalah dengan penghasilan. Saya sarankan agar tiap keluarga punya dana cadangan setara dengan 3 sampai 12 kali pengeluaran bulanan. Sebab, lapangan kerja akan semakin sulit mengingat aktivitas ekonomi menurun," ujar Ahmad kepada detikcom, Kamis (6/8/2020).

Dana cadangan yang dimaksud bisa disimpan dalam bentuk cash, tabungan, deposito atau emas. Bila belum memiliki dana cadangan sebesar 12 bulan pengeluaran, maka upayakan terus menyisihkan 10-20% gaji ke dalam dana cadangan tersebut sampai jumlah yang ditakar mencapai targetnya.

"Dana cadangan bentuknya cash, tabungan, deposito, emas. Jika saldonya sudah dalam batas aman 3-12 bulan pengeluaran, berarti sudah aman, tidak perlu ditambah. Jika kurang dari itu, maka diisi dengan setoran dari penghasilan (bisa 10% sampai 20%) atau mengubah dari aset investasi lain ke dalam bentuk yang likuid tadi," paparnya(eds/eds)


https://m.detik.com/finance/perencan...-hadapi-resesi




kasihan rakyat kecil penghasilan pas2an cuma cukup utk makan sehari hari, gimana bisa menyisihkan dana cadangan?? emoticon-Turut Berduka





GIF
irmanator
trac0ne
introvertpsycho
introvertpsycho dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4.8K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.