• Beranda
  • ...
  • Reptil
  • Ichthyostega, Amfibi Sekaligus Hewan Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Daratan Bumi!

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Ichthyostega, Amfibi Sekaligus Hewan Pertama Yang Menginjakkan Kaki Di Daratan Bumi!


Pernahkah kalian berfikir siapakah hewan/binatang pertama yang menginjakkan kaki di daratan bumi? Pasti ada yang mengatakan kalau hewan tersebut adalah dinosaurus bukan? Padahal bukan loh.
Dengan ilmu pengetahuan yang semakin berkembang, manusia sedikit demi sedikit mempelajari tentang hal-hal misterius di dunia ini, termasuk tentang siapa hewan pertama yang menginjakkan kaki di daratan bumi kita ini loh.


Dr Stephanie Pierce dari Royal Veterinary College, Professor Jennifer Clack dari University of Cambridge dan rekannya menemukan suatu tulang belulang yang mereka yakini adalah tulang dari hewan pertama yang menginjakkan kaki di daratan, yang dinamai sebagai Ichthyostega.




Dari temuan tulang belulang tersebut, mereka meyakini kalau hewan pertama yang menginjakkan kaki di daratan adalah hewan laut/perairan yang berevolusi. Ichthyostega diyakini hidup sekitar 360-370 juta tahun yang lalu. Selain itu, hewan ini terlihat memiliki empat kaki dan bentuk tubuhnya memanjang menyerupai seekor buaya.


Alhasil, peneliti tersebut melakukan suatu penggambaran untuk melihat seperti apa rupa hewan ini dari tulangnya dengan menggunakan mesin X-ray. Hasil penggambaran/ilustrasinya menjadi seperti di bawah ini.






Bagaimana ilustrasi dari Ichythyostega diatas?
Jika dilihat dari ilustrasinya, hewan tersebut memang merupakan hewan laut/air yang mengalami evolusi. Karena jika dilihat dari bentuk kakinya, disitu masih terdapat sesuatu yang menyerupai sirip. Mungkin saja berjalannya akan menyerupai seekor buaya.


Dengan begitu Ichthyostega dinyatakan sebagai hewan yang menginjakkan kaki di daratan dan amfibi pertama di bumi ini. Tentu hal ini masih dalam tahap penelitian hingga saat ini, dan ane berharap semoga ada hasil penelitian lebih lanjut tentang Ichthyostega.


Bagaimana? Ichthyostega saja tidak bilang first pas nginjek daratan, tapi kok kalian berebutan bilang first di kolom komentar?
emoticon-Hammer2


Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan sini
Sumber referensi : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
KageStarGazer
budi.susanto.
tien212700
tien212700 dan 6 lainnya memberi reputasi
7
4K
36
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Reptil
Reptil
icon
728Thread460Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.