Artikel.Terunik
TS
Artikel.Terunik
Walter Arnold adalah Orang yang Pertama Kali Kena Tilang, Apa Pelanggarannya?


Belakangan ini sedang hangat perbincangan mengenai penerapan aturan ganjil genap untuk kendaraan bermotor di kawasan Ibukota. Aturan tersebut diberlakukan mulai Senin, 3 Agustus 2020 lalu. Nah, pemberlakukan ganjil genap tersebut harus dipatuhi oleh kita sebagai masyarakat ya GanSist. Karena kalau kita melanggar, nanti kita bakal kena tilang. Apalagi hukuman untuk kita yang melanggar juga lumayan nih, menurut Pasal 287 sih setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan dan melanggar aturan perintah atau larangan ini bisa dipidana dengan kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak 500 ribu rupiah. Pasti kalian gak mau dong mendapat hukuman seperti itu? Makanya jangan melanggar yah.

Tapi berbicara mengenai tilang-menilang, kalian penasaran gak sih siapa orang yang pertama kali banget ngerasain kena tilang? Ternyata jawabannya adalah orang bernama Walter Arnold!



Ceritanya itu bermula pada tanggal 28 Januari 1896 di Inggris. Saat itu, Walter sedang asik mengemudikan mobilnya nih GanSist. Mungkin saat sedang enjoy mengemudikan kendaraannya, Walter entah secara sadar atau tidak malah ngebut di jalanan. Mungkin ente berpikir kalau si Walter mencapai kecepatan hingga 100 km/jam atau lebih, tapi itu salah banget GanSist. Ternyata kecepatan ngebut Walter saat itu hanya sampai 12,8 km/jam doang.

Loh kenapa kecepatan selambat itu kok bisa kena tilang? Hal itu karena di daerah tempat Walter mengemudi saat itu mempunyai aturan kalau batas kecepatan kendaraan hanya boleh maksimal 3,2 km/jam aja GanSist. Nah, sedangkan si Walter 4 kali lebih kenceng dari aturan yang sudah diberlakukan kala itu.

Meskipun di saat ini kecepatan 12,8 km/jam itu pelan banget, tapi di Inggris pada 124 tahun yang lalu, hal itu dianggap kebut-kebutan GanSist. Nah, makanya saat itu polisi yang melihat ulah Walter tercengang dan terheran-heran dengan aksi nekatnya si Walter. Gak pakai lama, Walter pun langsung dikejar polisi.

Tapi ada hal unik dari kejadian saat itu. Dengan pengejaran sejauh 8 km yang dilakukan polisi untuk menangkap Walter, si polisi mengejarnya hanya pakai sepeda doang GanSist. Lucu sih kalau dibayanginnya, apalagi kalau ditambahin backsound Warkop DKI, hahaha.



Untungnya pengejaran yang dilakukan polisi untuk menangkap Walter berhasil. Dan, polisi pun langsung menilang si Walter dengan denda 1 Shilling atau sekitar 180 rupiah di saat ini.

Shilling? Gak pernah denger deh, mata uang negara mana tuh?

Emang sih di masa sekarang mata uang Shilling itu jarang banget terdengar oleh kita. Tapi dulu mata uang tersebut sempat digunakan oleh banyak negara, seperti Britania Raya, Austria, Irlandia, Selandia Baru, hingga Australia. Tapi mata uang Shilling udah gak beredar lagi ya sejak terakhir kali dirilis pada tahun 1966 lalu.

Nah itu dia GanSist sepenggal cerita tentang orang yang pertama kali kena tilang. Kayaknya kalau Walter masih hidup dan mengemudikan mobilnya dengan kecepatan 12,8 km/jam di zaman sekarang, yang ada bukan ditilang tapi malah diomelin dan diklaksonin terus kali ya dengan pengendara lain, hahaha.



Sekian thread dari ane ya GanSist.
Pantengin terus ya thread terbaru yang informatif dan unik di akun @Artikel.Terunik.

emoticon-Rate 5 Star


Spoiler for Inspirasi Konten:
bromocoolrony25Sok.Art
Sok.Art dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.2K
63
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.