• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Yi Sun-Shin, Laksamana Angkatan Laut Korea Yang Mengalahkan Ratusan Kapal Jepang!

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Yi Sun-Shin, Laksamana Angkatan Laut Korea Yang Mengalahkan Ratusan Kapal Jepang!


Jika mendengar nama Yi Sun-Shin pasti rata-rata dari kalian teringat dengan salah satu hero Mobile Legend role Marksman bukan? Ya, memang betul sih dia adalah hero di game Mobile Legend tersebut. Tapi kalian harus tahu, bahwa Yi Sun-Shin sebenarnya bukan hanya sekedar karakter game, melainkan tokoh bersejarah bagi Korea di zaman dulu.


Yi Sun-Shin lahir pada tanggal 28 April 1545 di tempat yang kini dikenal sebagai Ibukota Korea Selatan, yaitu Seoul. Yi Sun-Shin masuk ke dalam militer Kekaisaran Korea pada tahun 1576 dan kemampuannya dalam bidang militer sangat hebat dan memukau. Namun sifat alami dari kecemburuan manusia tetaplah ada pada saat itu. Kecemburuan itu terlihat saat atasan dari Yi Sun-Shin dalam militer sangat cemburu melihat kehebatan Yi Sun-Shin, dan karena itu para atasan dengan sengaja menjatuhkan Yi Sun-Shin dengan cara kotor.




Meskipun mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari atasannya, Yi Sun-Shin bangkit kembali dan berhasil mendapatkan posisi tinggi (Laksamana Angkatan Laut) dalam militer Kekaisaran Korea berkat keahliannya yang sangat hebat. Dari pengalaman Yi Sun-Shin, kita perlu melihat usaha keras tak akan mengkhianati hasil, walaupun dikhianati oleh atasan/teman sendiri.


Selain itu, Yi Sun-Shin dikenal sebagai seorang Laksamana Angkatan Laut dari Kekaisaran Korea pada dinasti Joseon. Dirinya dikenal dan dikagumi karena peristiwa perang 7 tahun antara Kekaisaran Korea dengan Jepang, dimana saat itu Yi Sun-Shin yang memimpim angkatan laut Korea berhasil memenangkan 23 perang dalam 7 tahun tanpa satu kalipun kalah. Dan anehnya, Yi Sun-Shin menghadapi ratusan kapal Jepang hanya dengan belasan kapal. Hebat bukan?



Ilustrasi Geobukseon

Selain perang tujuh tahun, masih banyak perang yang dilewati oleh Yi Sun-Shin seperti perang Myeongnyang, perang Pulau Hansan, pertempuran Noryang dan lainnya. Salah satu taktik Yi Sun-Shin yang terkenal saat berperang adalah Geobukseon, yaitu membuat kapal berbentuk seperti kura-kura yang sangat efektif untuk berperang sekaligus mengamankan wilayah.


Memang kecerdasan Yi Sun-Shin dalam menyusun taktik berperang sangatlah hebat dan cerdik. Maka dari itu kisah nya diangkat dalam bentuk film dan bahkan Yi Sun-Shin sampai dijadikan karakter game loh.



Film tentang Yi Sun-Shin

Bagaimana? Kira-kira siapa lagi tokoh yang terkenal akan kecerdasannya dalam berperang dan menyusun taktik/strategi peperangan selain Yi Sun-Shin? Apakah ada yang dari Indonesia?


Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan ini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
lowendcomunity
si.pistol
BlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan 39 lainnya memberi reputasi
40
13.2K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.