sniper2777
TS
sniper2777
Positivity Rate Corona DKI Jakarta 7,8%, Lebih Tinggi dari Standar WHO
Jakarta - Positivity rate atau persentase kasus positif virus Corona (COVID-19) di DKI Jakarta dalam sepekan ini ada di angka 7,8 persen. Angka itu lebih tinggi dari standar Organisasi Kesehatan Indonesia (WHO).

"Positivity rate di Jakarta 7,8 persen. Artinya lebih tinggi dari angka WHO karena angka WHO harapannya dalam sepekan adalah kurang dari 5%," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti dalam jumpa pers yang disiarkan BNPB, Rabu (5/8/2020).

"Tetapi secara komulatif angka positivity rate di Jakarta adalah 5,5% sejak Maret hingga sekarang," sambungnya.

Kendati demikian, kata Widyastuti, angka positivity rate DKI Jakarta sepekan ini masih lebih rendah dari angka keseluruhan Indonesia. Dari data yang ditampilkan, positivity rate Indonesia dalam sepekan terakhir mencapai 15,3%.

"Kalau dibandingkan dengan Indonesia meskipun kami positivity rate nya 7,8% Indonesia jauh lebih tinggi dari Jakarta," katanya.

Widyastuti menjelaskan, positivity rate adalah jumlah kasus konfirm hasil pemeriksaan PCR dibagi jumlah total pemeriksaan orang yang diperiksa PCR-nya.

Lebih lanjut, Widyastuti menjelaskan, meningkatnya angka kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta lantaran masifnya pelacakan yang dilakukan. DKI sendiri melakukan 2 strategi, yakni tracing contact dan active case finding.

"Jadi begitu ada kasus positif yang dilaporkan oleh RS. Kami langsung tracing kepada lingkungan sekitarnya yang kontak erat dengan pasien tadi. Kemudian yang active case finding adalah kami mendatangi tempat-tempat, kelurahan, RW yang paling berisiko kemungkinan tertular," jelas Widyastuti.

Total kasus positif COVID-19 di DKI Jakarta sendiri per 4 Agustus 2020 adalah 22.909. Dari jumlah tersebut, 14.381 orang di antaranya sembuh dan 880 meninggal dunia.(mae/dhn)

https://m.detik.com/news/berita/d-51...from=wpm_nhl_6





harus berani wan abud tutup lagi ibu kota emoticon-Leh Uga







masa harus yg mulia presiden jokowi turun tangan emoticon-Matabelo



JK Sebut Pemerintah Sia-siakan Golden Time Penanganan Covid-19

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla membicarakan golden time dalam penanganan bencana. JK mengatakan kecepatan adalah faktor yang sangat penting.

"Kecepatan itu adalah faktor utama. Dalam (penanganan) bencana tertentu ada yang disebut golden time," kata JK dalam diskusi virtual bersama Tempo, Sabtu, 23 Mei 2020.

Selama dua periode menjadi wakil presiden, JK menangani sejumlah bencana besar di Indonesia. Yakni tsunami Aceh 2004, gempa Yogyakarta 2006, gempa Padang 2009, dan tsunami Palu-Donggala 2018.

JK mengatakan kecepatan juga sama pentingnya dalam menangani wabah Covid-19 yang saat ini melanda Indonesia. Ia mengatakan, kecepatan akan berpengaruh terhadap besar-kecilnya masalah yang dihadapi.

JK pun menyinggung jumlah kasus Covid-19 yang kecil di Korea Selatan, Vietnam, Taiwan, dan New Zealand. Menurut JK, negara-negara tersebut berhasil karena mulai merespons Covid-19 sejak bulan Januari.

"Kita masih berdebat Januari Februari, ini penting, tidak penting, menganggap enteng. Dua bulan kita kehilangan," kata JK.

JK mengatakan golden time ini merupakan momen di awal-awal terjadinya bencana. Dia mencontohkan Vietnam yang cepat merespons dengan mulai mengisolasi satu kecamatan di bulan Januari.

"(Golden time) awal-awal. Jadi sedikit, isolasi cepat. Di Vietnam karena cepat Januari dia isolasi hanya satu kecamatan, bisa dia kontrol, kemudian lockdown Hanoi, Ho Chi Minh," ucap JK.

JK mengimbuhkan, begitu pula yang terjadi di Taiwan dan New Zealand. Per hari ini, tercatat tidak ada korban meninggal akibat Covid-19 di Vietnam. Korban meninggal di Taiwan dan New Zealand berturut-turut sebanyak 7 dan 21 orang. "Amerika karena telat akibatnya begini," kata JK. Jumlah korban meninggal Covid-19 di Negeri Abang Sam itu mencapai 97 ribu orang hingga saat ini.

https://nasional.tempo.co/read/13455...ganan-covid-19
Diubah oleh sniper2777 05-08-2020 07:02
extreme78Exorcizmnomorelies
nomorelies dan 3 lainnya memberi reputasi
2
2.3K
51
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.