• Beranda
  • ...
  • Bisnis
  • Untuk Pertama Kali dalam Sejarah, Pendapatan Induk Perusahaan Google Turun!

Sok.Art
TS
Sok.Art
Untuk Pertama Kali dalam Sejarah, Pendapatan Induk Perusahaan Google Turun!


Keganasan pandemi virus corona emang gak bisa dianggap enteng. Banyak sekali korban berjatuhan akibat virus tersebut. Mulai dari korban jiwa hingga sektor industri dalam berbagai bidang pun juga dihantam keras olehnya.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak tuh kejadian tentang para pekerja yang kehilangan pekerjaan karena kondisi perusahaannya terpuruk akibat pandemi. Belum lagi nasib yang harus menimpa para pekerja informal yang menyandarkan keuntungannya dari pendapatan harian.

Tapi, ternyata gak cuma masyarakat kita aja Gan yang mengalami nasib tidak beruntung karena pandemi virus corona. Perusahaan besar skala internasional pun juga mengalami kenyataan pahit yang serupa dalam menghadapi krisis ini. Contohnya seperti yang dialami oleh induk perusahaan Google bernama Alphabet.



Alphabet dapat dikatakan adalah perusahaan yang sangat sukses Gan. Hal itu dibuktikan dari pendapatan setiap di setiap tahunnya tidak pernah mengalami penurunan sejak perusahaan tersebut didirikan.

Namun semuanya berubah saat virus corona menyerang. Siapa sangka perusahaan berbasis layanan digital sekelas Alphabet untuk pertama kalinya dalam sejarah mengalami penurunan pendapatan di kuartal kedua tahun 2020 ini.

Seberapa besar ya penurunan yang dialami oleh induk perusahaan Google tersebut?

Dari berbagai data yang ane himpun, diketahui kalau secara keseluruhan pendapatan Alphabet turun sebanyak 2 persen dibandingkan dengan periode tahun lalu. Ya meskipun di kuartal kedua ini sih pendapatan mereka mampu mencapai 38,3 miliar dollar AS (btw ini lebih tinggi dari ekspektasi mereka yang hanya 37,4 miliar dollar AS).

Pada tahun 2020 ini pula penghasilan bersih Alphabet mengalami penurunan yang cukup signifikan, yaitu dari 9,9 miliar dollar AS pada tahun 2019 menjadi 6,9 miliar dollar AS di tahun ini.
emoticon-Matabelo

Gak cuma itu, produk dari mereka yang namanya udah gak asing lagi di telinga kalian, yaitu Google Search, juga mengalami penurunan pendapatanan. Kalau tahun lalu penghasilan dari produk ini bisa mencapai 23,6 miliar dollar AS, kini turun menjadi 21,3 miliar dollar AS. Jujur ane kaget sih dengan yang satu ini, ane pikir Google Search gak akan ada penurunannya. Secara produk ini udah semacam kebutuhan pokoknya user internet.

Eh tapi gak semua produk dari Alphabet mengalami penurunan Gan. Ada beberapa produk yang justru mengalami pendapatan lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Misalnya seperti YouTube yang mendapatkan kenaikan pendapatan dari iklan sebesar 3,81 miliar dollar AS, jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 yang hanya mengantongi 3,6 miliar dollar AS.

Selain itu, Google Cloud juga memperlihatkan catatan pendapatan yang bisa bikin senyum sumringah dari bos Alphabet. Produk ini juga memberikan pemasukan yang sangat baik di tahun ini dengan jumlah pendapatan mencapai 3,01 miliar dollar AS. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan tahun 2019 yang hanya mendapatkan 2,1 miliar dollar AS.



Dari data-data tersebut, dapat dikatakan kalau krisis pandemi virus corona ini memang gak pandang bulu ya Gan dalam mencari korbannya. Korporasi besar seperti Alphabet aja bisa kena getahnya. Memang betul-betul gokil nih krisis, bisa bikin Alphabet untuk pertama kali dalam sejarahnya berdiri pendapatannya menjadi turun.
emoticon-Matabelo


* * *
R E F E R E N S I
* * *

Jangan lupa kasih Cendol dan Bintang 5 di thread ini ya Gan.
emoticon-Blue Guy Cendol (L)


indrag057sunshii32wisudajuni
wisudajuni dan 21 lainnya memberi reputasi
22
4.6K
56
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Bisnis
Bisnis
icon
69.8KThread11.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.