News
Batal
KATEGORI
link has been copied
165
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f295009337f934c816f558e/akui-bukan-dokter-hadi-pranoto-itu-hanya-panggilan-kesayangan
JawaPos.com – Sosok Hadi Pranoto akhirnya menjawab hebohnya video di media sosial pada kanal YouTube milik musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dalam wawancara pada 31 Juli 2020. Klaim obat anti Covid-19 yang diceritakan Hadi Pranoto dalam video itu dinilai tak berdasar uji klinis. Latar belakangnya sebagai dokter dan profesor juga tak terdaftar dalam daftar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) ata
Lapor Hansip
04-08-2020 19:09

Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan

Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan

JawaPos.com – Sosok Hadi Pranoto akhirnya menjawab hebohnya video di media sosial pada kanal YouTube milik musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji dalam wawancara pada 31 Juli 2020. Klaim obat anti Covid-19 yang diceritakan Hadi Pranoto dalam video itu dinilai tak berdasar uji klinis. Latar belakangnya sebagai dokter dan profesor juga tak terdaftar dalam daftar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) atau daftar para ilmuwan di Indonesia.

Ternyata itu semua benar. Hadi Pranoto mengakui bahwa dirinya memang bukan dokter atau profesor. Itu hanya sebutan dari teman-temannya. Hadi mengklaim teman-temannya selama ini kagum atas dirinya sebagai anak bangsa yang bisa menjadi penemu.

“Kami juga sudah sampaikan pada IDI bahwa kalau di database nama saya pasti tidak ada. Karena saya bukan dokter, dan saya tak ada hubungan dengan atau kerja sama dengan IDI,” tegasnya kepada JawaPos.com, Senin (3/8).

“Saya tak pernah declare diri saya seorang dokter atau seorang profesor. Itu kan panggilan kesayangan teman-teman saya karena merasa bangga ada anak bangsa, orang kecil, bisa menemukan suatu herbal yang bermanfaat untuk pengobatan Covid-19,” ujarnya.

Hadi menilai latar belakang bukanlah hal yang penting dalam menemukan obat Covid-19. Anak bangsa siapapun boleh-boleh saja dan harus didukung. “Saya tak mau membahas masalah background saya, saya mau membahas bagaimana herbal ini bisa bermanfaat untuk menyembuhkan Covid-19. Saya tak mau membahas itu, itu kan nanti jadi salah persepsi lagi,” tukasnya.

Menurutnya, masalah Covid-19 tak membutuhkan latar belakang seseorang dalam hal penemuan obatnya atau pencegahannya. Sebab yang terpenting adalah berpacu dengan waktu dalam kaitannya dengan kemanusiaan yang harus segera disembuhkan dari Covid-19. “Saya sampaikan kita di sini tak perlu melihat apa siapa latar belakangnya apa. Yang penting orang itu temukan obat berkualitas. Lagipula ini kan masalah herbal. Enggak ada hubungannya sama IDI,” katanya. “Banyaknya tim riset dari anak bangsa, seyogyanya diberi tempat yang luas,” lanjutnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr. Mohammad Adib Khumaidi menjelaskan ada 2 hal yang disorot dalam kasus ini. Pertama adalah sosok Hadi Pranoto itu sendiri yang mengaku Profesor atau Ahli Mikrobiologi Klinis, kemudian konten video tersebut dinilai membuat resah dan kebohongan publik.

Menurut Adib, di kalangan dunia medis dan jaringan sesama dokter atau para ahli, nama Hadi Pranoto tidak dikenal sebagai profesor atau ahli. Tak ada namanya di dalam database IDI.

Kemudian yang kedua adalah menyoroti masalah konten. Hadi Pranoto dalam video Anji menyebutkan, bahwa obat cairan antibodi yang ditemukannya bisa menyembuhkan dan mencegah Covid-19. Padahal hingga hari ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum mengumumkan obat Covid-19 secara resmi.

sumber
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 13 lainnya memberi reputasi
12
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 6
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:01
Bentar lg ikutan gabung MAKI yg kemarin baru deklarasi emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:04
mungkin dia guru besar universitas kamehameha....
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:12
Beliau ini siapa, kok tiba-tiba muncul di Channel Anji. Apa sebelumnya sudah viral di dunia maya? Serius nanya
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:15
Kayak rizieq yah, aslinya cuma preman cabul, panggilan kesayangannya habib emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Lalalalala000 dan 6 lainnya memberi reputasi
5 2
3
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:25
wa ini dokter temen akrab nya professor tokuda emoticon-Wakaka
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:38
kan goblok.... kan.. kan... emoticon-Wakaka


babu macam gini mau nuntut triliun anemoticon-Cape d...
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:38
Sepertinya bapak satu ini menunjukan gejala waham ya..

Ketika dikonfrontasi pernyataannya, selalu saja ada jawabannya dan terkesan bapak satu ini tetap yakin dengan pendapatnya, walau pun yang dia ucapkan beberapa kali tidak jelas alias ngawur.

Apa ada psikolog atau psikiater disini? Mohon penilaiannya..
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:40
Ngelesnya bukan maen emoticon-Leh Uga
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1 0
1
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:49
jangan2 ahli microbiologi juga cuman panggilan kesayangan emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk emoticon-Wkwkwk
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:50
Jadi ingat yang panggilanya habib ternyata memang namanya Habib...
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 20:54
"Saya tak pernah declare diri saya seorang dokter atau seorang profesor. Itu kan panggilan kesayangan teman-teman saya karena merasa bangga ada anak bangsa, orang kecil, bisa menemukan suatu herbal yang bermanfaat untuk pengobatan Covid-19,” ujarnya.
emoticon-Ngakak
Setelah heboh baru ngaku dia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
roninthirst dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:00
ini Hadi Pranoto yg kemarin ramai beritanya terkait tentang undangan hajatan ke Rhoma Irama kah? Profesorkah?
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:13
Kalo alesannya seperti itu ane pun bisa juga mengaku sebagai dokter. Dan ane udah menemukan sesuatu kalo ada suatu benda yang bisa tegak sendiri. Dan itu bukan tiang
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan nomorelies memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:14
Quote:Original Posted By kucinkx
lol...jadi dia ini siapah? emoticon-Wakaka


Orang yg Lagi halu jadi DOKTER... emoticon-Malu
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:20
anji lagi off the grid...
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:21
owalah obat herbal, emang obat herbalnya apaan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:33
Halah corntall,ngeles mulu. 11 12 lah gobloknya kayak si Manji
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:54
oke, abis ini ane minta pacar ane panggil ane dokter emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:55
Haluuuuu. Kalo bukan dokter ya gausah ngomongin yg bukan ranahnya. Jadi dihujat senegara kan emoticon-Matabelo
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Akui Bukan Dokter, Hadi Pranoto: Itu Hanya Panggilan Kesayangan
04-08-2020 21:56
Biasa, kalau udah ketauan boong nya langsung gelagapan bikin alasannya emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
PrinScrup dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Halaman 2 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia