News
Batal
KATEGORI
link has been copied
198
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f27588e9a972e74225a8b0b/ketua-kpai-mengapa-mas-menteri-yang-milineal-tak-berdaya-atasi-persoalan-pjj
Dalam surat terbuka tanggal 1 Agustus 2020 itu, Retno mengkritik sejumlah kebijakan mas menteri di bidang pendidikan, salah satunya pembelajaran jarak jauh (PJJ).
Lapor Hansip
03-08-2020 07:21

Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?

Past Hot Thread
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?


JAKARTA, HALUAN.CO - Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Retno Listyarti mengirim surat terbuka kepada Mendikbud Nadiem Makarim.

Apanya yang penting: Dalam surat terbuka tanggal 1 Agustus 2020 itu, Retno mengkritik sejumlah kebijakan mas menteri di bidang pendidikan, salah satunya pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Konteks: Sejak Indonesia dilanda wabah virus korona, Kemendikbud menerapkan PJJ secara daring maupun luring.

Apa katanya: "Mengapa Mas Menteri yang dijuluki menteri milineal justru terkesan tak berdaya? Tidak terlihat langkah-langkah konkrit Kemdikbud mengatasi berbagai kendala PJJ," tanya Retno dalam surat terbukanya itu.

Padahal menurut Retno, hasil survey berbagai pihak terhadap PJJ fase pertama seharusnya dapat dijadikan dasar menyelesaikan masalah. Namun, tidak ada terobosan apapun selama berbulan-bulan, sehingga permasalahan pelaksanaan PJJ fase kedua masih sama.

Apa persoalannya:

• Ada jutaan anak saat ini terisolasi di rumah mengalami frustasi karena tidak terlayani PJJ.

• Ada kesenjangan yang lebar dalam akses digital di kalangan peserta didik. Dari kelas ekonomi menengah ke atas terlayani PJJ secara daring. Dari keluarga ekonomi menengah ke bawah tidak terlayani karena tidak memiliki hal yang dibutuhkan untuk PJJ daring.

• Bagi anak dari keluarga miskin yang mampu mengakses PJJ secara daring menjadi kehilangan semangat untuk melanjutkan sekolah.

• Ada beberapa kasus, anak yang tidak bisa mengikuti ujian secara daring dianggap tidak mengumpulkan tugas dinyatakan tidak naik kelas.

Ringankan beban anak didik: Sebagai menteri yang memiliki kewenangan dan tanggung jawab besar di bidang pendidikan dimintanya untuk meringan beban dan derita anak-anak Indonesia dalam PJJ fase kedua.

Bagaimana caranya: Membatalkan program organisasi penggerak (POP) dan mengalihkan anggaran untuk mengatasi kendala PJJ.

• Menggratiskan internet dan bantuan gadget bagi anak-anak miskin dan para guru honorer.

• Segera menyelesaikan kurikulum dalam situasi darurat “kurikulum adaptif” yang dapat meringankan guru, siswa dan para orang tua.

• Melakukan berkoordinasi dengan Kementerian Desa terkait penggunaan dana desa untuk membantu anak-anak desa melakukan PJJ di balai-balai desa dengan fasilitas wifi dan computer milik desa.



Berita Politik, Hukum, dan Ekonomi Lainnya:
1. Warga Miskin Dianiaya Anggota DPRD, Kuku Dicabut Pakai Tang
2. Penghina Ahok Ditangkap, Ternyata Ketua Veronica Lovers
3. Nomor Punggung yang Dipensiunkan Klub Sepak Bola Indonesia
4. Korporasi Bisa Pinjam Modal Rp1 Triliun, Ketahui Syaratnya
5. Kasus Korona di DKI Kembali Tinggi adalah Strategi Pemprov
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 22 lainnya memberi reputasi
19
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 6
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
03-08-2020 23:17
Menterinya buka start up aja harusnya hehehehe
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 00:09
Sudah enak2 duduk dikursi CEO gojek
Malah cari penyakit emoticon-Cape deeehh


Mampus deh.skrg kena bully kan emoticon-Betty
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 06:57
namanya juga darurat
dimasa darurat mustahil menyenangkan hati smua orang.

kita gk tau juga
mungkin ini lah doa2 guru yg teraniaya oleh org tua murid
biar org tua murid merasakam "tidak mudah loh" mendidik anak murid jd rada maklum aja klo guru emosi
Diubah oleh Android47
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 07:37
Hadeh KPAI lagi wkwkwk, jadi inget soal kolam renang wkkkwk
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 07:45
ane penasaran bagaimana sistem belajar selama pandemi di daerah daerah terpencil yang secara infrastruktur komunikasi digital nya masih tertinggal seperti daerah indonesia timur dan daerah lain di penjuru indonesia bagian pelosok desa
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 07:47
Gw kasih tau trik nya deh ,,beli kuota tri 32gb sebulan cuma 60rb emoticon-Ngakak (S) (1gb/hari)
Cukuplah itu buat sekolah daring emoticon-Ngakak









NB:sinyal tdk berlaku buat tempat pelosok nun jauh disana
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 08:04
lebih simpel yg masuk dibagi shift, dan ada protokoler kesehtan dngan JP dikurangin yg biasanya 45 menit jdi 30 msalnya,

y mw diapain serba darurat pandemi gini
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 09:59
Benar ini, bung nadiem ini crucial saya yakin anda tau apa yg perlu

Apa ada problem? Bilang ke pakde, jgn diem aja
Mungkin dulu independent karna perusahaan dewe tapi sekarang jadi pembantu harus adapt cepet

Saya sendiri keluar duit lagi buat beli pc/laptop, bayar internet, uang sekolah gak turun, kualitas online school? Menyedihkan tapi mau bilang apa

Bagaimana yg gak bisa beli pc laptop? Pake hp,, lah pake laptop pc aja gak efektif apalagi hp

Apa semua tahun ini di home schooling saja??? Bung nadiem musti cari solusi, jgn sampe saya yg cari in!
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 10:18
resuffle aja jadi menkominfo lebih cocok dia

generasi millenial dikenal dewa bokep.....liat isi hardisknya

jadi lebih cocok ngeblokir konten negatif

Diubah oleh indra4strea
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 10:24
mandangnya harus dari bawah, kalo belum pernah turun ke bawah ya susah bos
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 11:14
Quote:Original Posted By riansantoso4776
Oh, iya ya. Seleksi CPNS sekarang SSCASN semua. Mulai 2018 kayaknya.

Pemda cuma dijatah setor soal buat CAT (SKD maupun SKB) sama alokasi formasi.

Tapi, maksudku apakah ada guru yang di bawah naungan pempus? Bukannya paling tinggi guru itu jadi PNS Pemprov?

Kalau dosen, mungkin di bawah pempus. Kan kalau udah lolos jadi CPNS, kewenangan beralih ke pemda ya.


Bold
Quote:Original Posted By albetbengal
Klu liat realnya di lapangan ngenes gan

Lah wong ada istri temen yg cuma ngabdi 2-3thn trs jd cpns guru,pake komputer aja ga bisaemoticon-Ngakak


Adik ane yg keterima pns hasil seleksi pusat thn kmen aja pas masuk ngajar di sekolahan aja kaget
Guru pd ogah ogahan bikin laporan,alat alat penunjang pembelajaran aja byk yg ga di pake karena kualitas guru pd males2an..

Nah yg guru guru yg hasil seleksi pusat emang bagus kualitasnya karena emang grade nya tinggi dan byk lulusan univ bonafitemoticon-Ultah
Diubah oleh albetbengal
profile-picture
riansantoso4776 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
04-08-2020 22:58
Ga cocok emang ini jd menteri pendidikan
0 0
0
Ketua KPAI: Mengapa Mas Menteri yang Milineal Tak Berdaya Atasi Persoalan PJJ?
05-08-2020 14:40
Nggak baik kalau saling manyalahkan, saatnya sekarang ini untuk saling bekerja sama dalam menanggunlangi masalah pembelajaran akibat adanya pandemi corona ini. Memang belum saatnya melakukan pembelajaran jarak jauh dengan luasnya daerah imdonesia serta infrastruktur yang belum merata seperti saat ini.
0 0
0
Halaman 6 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia