News
Batal
KATEGORI
link has been copied
48
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f27fdb009b5ca37d604f210/mengaku-temukan-obat-covid-19-hadi-pranoto-minta-jangan-dicemooh
KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Hadi Pranoto meminta Pemerintah Pusat Gugus Tugas Covid-19 dan lembaga terkait seperti Kemenkes, BPOM, IDI untuk tidak mencemooh dan beropini negatif. Sebab, kata dia, masyarakat akan dibuat bingung sehingga tidak memberi solusi pencegahan penyebaran Covid-19. "Saya memohon sekali kepada IDI dan lembaga terkait untuk mengakomodir apa yang sudah kita temukan ini,
Lapor Hansip
03-08-2020 19:06

Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh

Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh

KABUPATEN BOGOR, KOMPAS.com - Hadi Pranoto meminta Pemerintah Pusat Gugus Tugas Covid-19 dan lembaga terkait seperti Kemenkes, BPOM, IDI untuk tidak mencemooh dan beropini negatif.

Sebab, kata dia, masyarakat akan dibuat bingung sehingga tidak memberi solusi pencegahan penyebaran Covid-19.

"Saya memohon sekali kepada IDI dan lembaga terkait untuk mengakomodir apa yang sudah kita temukan ini, jangan mencemooh kemudian jangan beropini yang enggak-enggak, sehingga membuat publik pun akan menjadi bingung," kata Hadi saat dihubungi Kompas.com, Senin (3/8/2020).

Hadi menilai seharusnya apa yang disampaikan di YouTube Anji tersebut, bisa dilihat dari sisi positifnya.

Ia mengklaim penemuan antibodi Covid-19 itu adalah bentuk inisiatifnya lewat riset bersama 10 relawan di laboratorium di luar negeri.

Timnya berniat mengembangkan ramuan herbal itu untuk berkontribusi ke pemerintah dalam mengurangi penularan Covid-19.

"Setelah lihat video seharusnya insiatif, oo itu ada yang baik jadi perlu dipanggil untuk lakukan uji klinis bukan malah dicaci maki, kita itu anak bangsa ingin memberikan sesuatu karya kepada bangsa ini jadi jangan disudutkan dihantam kanan kiri, kalau semua riset anak bangsa diperlakukan seperti ini tentu tidak akan bisa bangkit di dunia keilmuan," ungkapnya.

Bukan lulusan IPB
Berdasarkan penelusuran Kompas.com di website Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) ada nama Hadi Pranoto dengan gelar akademik doktor (Dr) lulusan S3 Institut Pertanian Bogor (IPB).

Namun foto Hadi Pranoto di website Dikti tersebut berbeda dengan Hadi Pranoto yang tampil di YouTube musisi Anji.

Hadi Pranoto lulusan S3 IPB yang ada di website Dikti saat ini merupakan dosen di Universitas Mulawarman.

Kompas.com sendiri menanyakan ke Hadi Pranoto soal gelar doktornya.

Saat dikonfirmasi mengenai latar belakang pendidikan S-3 dari IPB, Hadi Pranoto membenarkannya.

"Iya," kata dia saat dikonfirmasi Kompas.com via WhatsApp mengenai pendidikan terakhirnya tersebut, Senin (3/8/2020).

Sementara itu, Kepala Biro Komunikasi IPB University Yatri Indah Kusumastuti melalui rilis ke Kompas.com membantah jika Hadi Pranoto lulusan S3 IPB.

"Menurut penelusuran di internal institusi kami, sosok Hadi Pranoto yang dimaksud Kompas.com adalah orang yang berbeda dengan Hadi Pranoto yang merupakan alumnus IPB (saat ini dosen Universitas Mulawarman). Nama sama, tetapi beda orang," tulis Yatri dalam rilis, Senin (3/8/2020).

IPB melalui Yatri keberatan jika Hadi Pranoto yang ada di YouTube musisi Anji dikaitkan sebagai alumnus IPB.

"Oleh karena itu kami sampaikan keberatan atas pemberitaan yang menyebutkan bahwa Hadi Pranoto yang dimaksud adalah alumni IPB," pungkas Yatri.

Penjelasan Universitas Mulawarman
Dihubungi secara terpisah, Hadi Pranoto yang juga dosen di Universitas Mulawarman menegaskan jika ia bukanlah Hadi Pranoto yang tampil di YouTube musisi Anji.

"Iya jadi data di Dikti itu memang saya," kata Hadi melalui telepon kepada Kompas.com, Senin (03/8/2020).

Hadi yang saat ini berada di Kalimantan meminta perhatian dan kerjasama agar informasi mengenai dirinya segera diluruskan.

"Dari fotonya juga bukan saya, terus bidang keahliannya juga bukan saya, dia (Hadi yang viral di YouTube musisi Anji) itu kan ngomongnya profesor dan bidang keahliannya Mikrobiologi, sedangkan saya bidangnya Agroforestri dan dosen Fakultas Pertanian dan saya alumni IPB S3, S1 UMM Malang, S2 Mulawarman Samarinda," bebernya.

Hadi Pranoto yang saat ini Dosen Universitas Mulawarman menerima permintaan maaf Kompas.com yang sempat mengira dirinya adalah orang yang sama dengan Hadi Pranoto yang tampil di YouTube musisi Anji.

Dengan begitu, ia menyampaikan agar pemberitaan diluruskan saja dan menyarankan untuk konfirmasi ke Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Universitas Mulawarman.

"Disampaikan apa adanya saja di berita bahwa memang Hadi (viral YouTube) itu bukan saya," ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Universitas Mulawarman, Dr. Bohari Yusuf menyampaikan hal yang sama bahwa sosok Hadi Pranoto yang dimaksud di pemberitaan adalah orang yang berbeda dengan Hadi Pranoto yang saat ini mengampu sebagai Dosen Universitas Mulawarman.

"Namanya ada di website itu dan memang Hadi yang di sini alumni IPB. Yang penting ditulis aja bahwa Hadi Pranoto yang viral itu tidak ada kaitannya dengan Universitas Mulawarman," kata Bohari kepada Kompas.com, Senin (03/8/2020).

Bohari juga memberi maaf dan menganggap kekeliruan ini bisa menjadi pembelajaran ke depannya.

"Enggak ada masalah (dengan berita itu) yang penting jelaskan saja kalau Hadi Pranoto itu enggak ada kaitannya dengan kita (Universitas Mulawarman)," tegasnya.

Untuk melakukan riset herbal antibodi Covid-19 itu, Hadi menyebut tidaklah mudah karena harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan butuh tenaga ekstra.

Hingga saat ini, kata dia sudah ratusan ribu botol yang dia produksi dan sudah dibagikan ke masyarakat yang kurang mampu

"Nah lembaga terkait ini harusnya bertanggung jawab bukan malah saya, karena lembaga ini yang disumpah oleh negara dan sudah makan gaji uang dari rakyat, kan harusnya mereka mengakomodir apa yang menjadi hasil temuan rakyat bukan malah mendiskreditkan hasil temuan ini," terangnya.

Dia menambahkan, antibodi Covid-19 yang dibuat oleh tim risetnya bukanlah vaksin yang biasa diimpor pemerintah.

Adapun bahan yang digunakan murni dari tumbuhan-tumbuhan alam yang sudah lama diriset sehingga dinamakan antibodi Covid-19 berbahan herbal.

"Jadi kita mencari senyawa herbal yang ada di Indonesia dan kita kembangkan di tempat laboratorium yang memang punya kemampuan mengurangi herbal tersebut dan kadang kita kembangkan lewat laboratorium yang dipinjam di Belanda, karena keterbatasan laboratorium kita dan sedangkan di sini belum ada yang mengembangkan secara serius tentang penelitian juga riset herbal ini. Jadi jangan menyalahkan kami," ungkap dia.

Sebelumnya, pemerintah dan sejumlah pakar mengomentari pernyataan terkait obat atau herbal yang bisa menyembuhkan Covid-19.

Tidak sedikit orang Indonesia atau pihak tertentu yang mempertanyakan dan meragukan klaim tersebut.

Bahkan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan yang pernah menjadi Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto, angkat bicara soal klaim obat Covid-19 Hadi Pranoto tersebut.

Achmad Yurianto, yang biasa disapa Yuri, menganggap hal tersebut sebagai pembodohan.

sumber
profile-picture
profile-picture
areszzjay dan nomorelies memberi reputasi
2
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
03-08-2020 22:09
Lulusan universitas sunda empire doi

Jgn2 yg di maksud s3 itu SD, SMP, SMA emoticon-Ngakak
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
03-08-2020 22:39
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh

emoticon-Traveller
0 0
0
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
03-08-2020 22:43
Dicoba aja dulu sapa tau manjur..emoticon-Malu
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
03-08-2020 22:58
kang obat keliling dijadiin narsum sama si bapak2 berciput
emoticon-Ngakak
Diubah oleh hantupuskom
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
03-08-2020 23:40
Obatnya ada virusnya ga ada hebat emoticon-Ultah
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
03-08-2020 23:59
gimana gak dicemooh, orang kelakuannya gitu (sejauh ini terbukti ngibul kalo profesor) emoticon-Bingung

soal temuan Hadi yang diklaim bisa nyembuhin corona, ya harusnya dia yang lebih inisiatif dong.. kalo bener buat kebaikan bersama ya dia harusnya gak gengsi mendatangi IDI/BPOM/Kemenkes..

caranya gimana? kalo profesor beneran di bidang itu, dia atau timnya pasti udah punya channel laah.. minimal di daerah asal dulu, kalo udah kebukti baru dibawa ke nasional bahkan internasional emoticon-Shakehand2
profile-picture
steven.thereds memberi reputasi
1 0
1
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 00:35
Udah mulai terkuak ngibulnya emoticon-Big Grin
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 01:33
kalo aja dia bilang dia ahli herbal gw yakin bnyk yg maklum..
dan tu obat laris2 aje

ane percaya kok jamu empon2 bisa bikin tambah imun..
cuma massalah bahasa aja.. kesannya empon2 is the cure..
untung ketangkep...

0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 02:10
Gimana gak dicemooh kalo klaimnya gak bener gitu. Harusnya kalo emang beneran nemuin obat bisa langsung sampein ke publik hasil uji klinisnya. Atau cuma mau jualan produk aja.
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 04:23
Ketika gue baca berita ini mirip kaya arya subur loh konteks viralnya emoticon-Leh Uga

Bedanya permasalahannya aja, jangan sampe ini orang masuk ke layar tipi nanti banyak yang contoh jadi makin gobs emoticon-Cape d... (S)
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 05:49
Ijazah ngeprint sendiri tuh. Gelar orang lain di aku². Inilah kelebihan media massa. Mengecek keaslian gelar pendidikan seseorang, cek ke sumber aslinya, tanya sana-sini. Minta maaf jika klarifikasi ternyata salah. Bukanya lepas tangan gitu aja kalo ternyata konten yg ditampilkan ternyata palsu.
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 07:47
Hmmmm yang mulai opini nggak jelas kan bapak... Mohon bapak jelaskan dulu secara terperinci dan sistematis. Jadi kita paham. Bukan klaim ini itu tanpa dasar...
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 08:17
Dr dulu yg ngaku bisa ngobatin penyakit ganas2 cuma org Indonesia aja kalo sy perhatiin. Dr yg di pelosok2 sampe tukang obat pinggir jalan
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 09:02
gelar profesor di indonesia itu keluar dari presiden lho, nggak macam di LN. jadi kalau ada yang ngaku2, cek ke setneg atau ditjen dikti.
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 12:01
Jangan dicemooh woy, dibeli aja
0 0
0
Mengaku Temukan Obat Covid-19, Hadi Pranoto Minta Jangan Dicemooh
04-08-2020 12:56
biarngk jadi polemik ..mending ganti nama aja .depanya kasih profesor belakang nya tambahin semua gelar yg ada .kayak si novel ..bukan habib biar dipanggil habib novel ya nama nya yg diganti . 🤣
0 0
0
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia