Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
168
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f2565a5337f9340c627b621/lucunya-ulah-ibu-ini-nekat-bawa-kresek-ke-kondangan
Ngomongin jaman dulu, ada enaknya dan ada nggak enaknya GanSist. Salah satu enaknya adalah saat orang tua kita pergi kenduri atau kondangan, pasti pulangnya bawa besek atau kalau sekarang ya nasi kotak berserta jajan.
Lapor Hansip
01-08-2020 19:52

Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan

Ngomongin jaman dulu, ada enaknya dan ada nggak enaknya GanSist. Salah satu enaknya adalah saat orang tua kita pergi kenduri atau kondangan, pasti pulangnya bawa besek atau kalau sekarang ya nasi kotak berserta jajan.

Pada pesta pernikahan, misalnya, jaman dulu di desa-desa, sering nggak pakai undangan tertulis. Undangan hanya diucapkan dari mulut ke mulut. Biasanya orang-orang yang mengenal keluarga mempelai akan datang membawa baskom besar berisi beras, gula, atau bahan makanan lainnya sebagai bentuk bantuan untuk terselenggarakannya pesta. Lalu si empunya gawe mengganti isi baskom dengan nasi, lauk dan jajanan. Jadi, selain dijamu makanan dan minuman di tempat pesta, para tamu yang datang di tempat pesta pernikahan membawa makanan dan kue-kue yang dibagikan saat pulang.

Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan

Pada acara tahlilan, biasanya selain dijamu makanan di tempat acara, sewaktu pulang, para tamu dibawakan besek berisi nasi, lauk-pauk, buah dan jajanan. Namun seiring dengan perkembangan jaman--di mana orang-orang merasa terlalu sibuk untuk memasak makanan--di beberapa tempat, besek yang biasanya diisi nasi dan lauk-pauk diganti dengan bahan makanan mentah, seperti mie instan, gula, teh, kopi, telur, dan lain-lain, sesuai kreatifitas tuan rumah.

Waktu ane masih kecil, biasanya kalau ayah, ibu, kakek, atau nenek pulang dari suatu acara pasti membawa buah tangan saat pulang.

Saat arisan atau acara-acara syukuran terkadang banyak makanan yang tersisa. Seringkali para tamu yang merupakan tetangga sendiri mengambil makanan sisa sajian untuk ditambahkah ke kresek makanan yang telah dibagikan.

Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
Tapi cerita-cerita itu ane rasa hanya terjadi di jaman dulu. Sekarang, pulang dari pesta pernikahan biasanya kita hanya membawa souvenir, entah itu dompet kecil, gunting kuku, kipas, kaca rias kecil, dan lain-lain. Tak ada buah tangan berupa kue-kue lagi.

Namun ternyata kisah membawa kresek ini juga terjadi di masa sekarang. Izinkan saya ketawa sebentar. Bukannya apa-apa, gimana ceritanya emak-emak milenial ini ke kondangan nekat bawa kresek? Kuy, kepoin videonya. Tapi emak-emak ini percaya diri dan terlihat humoris.

Emak-emak ngebungkus makanan pesta


Ghibah dikit ya? Pernah nggak sih datang ke kondangan agak telat trus kita nyumbang nominal yang lumayan besar, eh sampai tempat kondangan cuma sisa-sisa makanan yang ada?

Atau pernah nggak sih datang di sebuah acara yang undangan banyak tetapi stand makanannya 2 biji, sehingga tamu yang mau mengambil makanan harus mengantri panjang seperti ular?

Pernah nggak sih dalam sebuah acara pesta pernikahan kita minum seteguk/ segelas saja gak dapat dan gak ada petugas ketering satu pun yang terlihat untuk dimintai minum?

Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan

Kalau jawabannya pernah, mungkin para emak-emak ini ogah rugi saat menghadiri sebuah pesta ya. Mungkinkah enak-emak ini pernah mengalami hal yang tidak mengenakkan saat datang ke pesta pernikahan?

Apa sih esensi dari sebuah pesta pernikahan?
Kalau menurut ane adalah minta doa restu dari para tamu agar pernikahan mereka langgeng, bahagia, murah rezeki, dan dikaruniai putra dan putri yang sholeh dan sholihah.

Tamu, seyogyanya mendapat penghormatan yang baik. Jangan sampai mau makan dan minum saja susah dan kekurangan. Mengadakan pesta walimahan itu bukan untuk mencari untung, tetapi mencari berkah dari doa-doa yang dipanjatkan para tamu.

Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan

Karena itu, bagi yang mau mengadakan pesta pernikahan hendaknya memperhatikan:

1. Wedding organizer yang dipilih.
Jika tidak bisa membayar sebuah Wedding Organizer yang baik, bisa menunjuk anggota keluarga yang dipercaya untuk mengatur jalannya pesta.

2. Sesuaikan tempat acara dengan banyaknya tamu.

3. Sesuaikan budget dengan kemasan acara dan banyaknya undangan.

4. Sesuaikan tempat mengambil makanan dan minuman dengan banyaknya tamu.

5. Sesuaikan jumlah makanan dan minuman dengan banyaknya tamu.

6. Layani tamu dengan baik, karena mereka itu datang karena diundang. Jika mereka memberi amplop sumbangan itu sebagai bentuk dukungan lepada keluarga yang baru saja terbentuk, bukan sebagai laba atas acara yang diselenggarakan.

Bagaimana pengalaman Agan dan sista dalam hal ini? Boleh dong diceritakan di kolom komentar.

Ditulis oleh @cattleyaonly 

Referensi
Opini pribadi
Sumber
Diubah oleh cattleyaonly
profile-picture
profile-picture
profile-picture
indramamoth dan 38 lainnya memberi reputasi
39
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 5
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
03-08-2020 15:22
kalo banyak sisa ya wajar lah
ga ada yang aneh emoticon-Hammer2
kecuali maruq sejak awal
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
03-08-2020 15:55
kebiasaan urat malu orang indonesia udah pada putus smua sih wkwkwk ane mah kalo ke kondangan pasti ane sengajain perut kosong biar nanti bisa nikmatin smua makanannya.. tp gk sampe kepikiran buat bawa pulang juga
0 0
0
Post ini telah dihapus oleh KS06
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
03-08-2020 22:25
Biasa aja!!

Malah kalo di acara adat batak disediakan kantong kresek oleh yg punya hajat buat inang2 bawa pulang daging!
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
03-08-2020 23:27
Savage sih ini ibu2 hahahah
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
04-08-2020 02:30
beberapa adat jawa yg disumatra & batak udah biasa hal yg ginian bre..
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
04-08-2020 08:08
wkwkwk urat malunya udah putus tuh kalau sampai bawa-bawa gitu wkwkw emoticon-Ngakak
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
04-08-2020 11:15
Didaerah ane juga ada yang demikian, mungkin urat malu mereka udah putus dan hanya untuk mendapatkan keuntungan saja. Tapi melihat emak-emak dalam video tersbut dengan menggunakan seragam yang sama, sepertinya mereka masih saudara dekat dengan mempelainya, dan hal itu tentu juga sepengetahuan sama mereka.
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
04-08-2020 23:06
Dah gaada urat malu si ibu hhahahah
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
05-08-2020 10:19
itu mah pihak keluarga pengantin kali gan, wong tamunya jg dah sepi, biasa itu mah drpd sisa makanan
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
05-08-2020 11:36
bawa kresek sudah...

nunggu yg bawa food container....
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
19-08-2020 10:58
Auto bungkus kayak di warteg ya mak wkwkwkwkwkkkkk emoticon-Ngakak
0 0
0
Lucunya Ulah Ibu Ini, Nekat Bawa Kresek ke Kondangan
18-09-2020 19:27
itu seragam keluarga ?
0 0
0
Halaman 5 dari 5
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia