News
Batal
KATEGORI
link has been copied
292
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f277053b840880938071f8f/geger-masjid-ditutup-karena-beda-aliran-ketahui-penjelasannya
Status masjid tersebut merupakan milik pribadi, bukan masjid wakaf. Akibat perbedaan aliran itu, pemilik masjid berencana mengambil alih kepengurusan, namun langkah tersebut mendapat protes dari warga.
Lapor Hansip
03-08-2020 09:02

Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya

Past Hot Thread
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya


JAKARTA, HALUAN.CO - Masjid ditutup membuat geger warga di Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), tepatnya di Jalan Kampak Kelurahan Jerambah Gantung Kecamatan Gabek.

Mengapa ini penting: Masjid yang bernama Masjid Al Amanah itu ditutup karena perbedaan aliran pengurus dan pemilik masjid. Penutupan terjadi pada Sabtu (1/8/2020).

Konteks: Status masjid tersebut merupakan milik pribadi, bukan masjid wakaf. Akibat perbedaan aliran itu, pemilik masjid berencana mengambil alih kepengurusan, namun langkah tersebut mendapat protes dari warga.

Apa katanya:

• “Itu karena masalah aliran, ada aliran seperti biasa seperti kita di kampung (pengurus) dan ada aliran yang salafi (pemilik masjid),” ujar Abdul Rohim Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang seperti dikutip dari Suara, Minggu (2/8/2020).

• “Jadi pemilik masjid ini kebetulan orang salah pilih pengurus, jadi diambil alih lah masjid itu. Masyarakat protes dan tidak mengasih, jika masjid digunakan untuk aliran Salafiyah,” lanjut Rohim.

Penyebab warga tak terima: Tidak ada aliran yang menyimpang dalam masalah ini, akan tetapi masyarakat belum bisa menerima jika masjid yang menjadi tempat mereka menjalankan salat lima waktu diambil oleh aliran salafiyah yang mereka anggap aliran keras.

Kedua belah pihak dimediasi: Polres Pangkalpinang memanggil kedua belah pihak yaitu dari pengurus dan pemilik masjid. Mediasi juga dihadiri dari pemerintah setempat, tokoh agama dan tokoh masyarakat Kelurahan Jerambah Gantung.

Kesepakatan:

• Membongkar spanduk yang dirasakan kurang pantas.

• Akan mempertemukan kembali kedua belah pihak yang bermasalah dengan pihak terkait dalam hal ini Kementerian Agama Kota Pangkalpinang dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).

• Kepengurusan masjid Al Amanah di vakumkan dan sementara diurus oleh ketua RT. Masjid tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Imbauan polisi: Kabag Ops Polres Pangkalpinang Kompol Jadiman Sihotang dalam kesempatan itu juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak terpancing atau melakukan tindakan anarkis. Dia juga meminta kepada masyarakat agar persoalan tersebut dapat diselesaikan oleh tokoh agama dan pemerintah kota Pangkalpinang.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Warga Miskin Dianiaya Anggota DPRD, Kuku Dicabut Pakai Tang
2. Kasus Korona di DKI Kembali Tinggi adalah Strategi Pemprov
3. Nomor Punggung yang Dipensiunkan Klub Sepak Bola Indonesia
4. Lulusan Sarjana di Malang Jadi Kurir Narkoba Tanpa Tarif
5. Korporasi Bisa Pinjam Modal Rp1 Triliun, Ketahui Syaratnya
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Daniswara92 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 4 dari 7
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:03
Sing penting sembayang bre emoticon-Traveller
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:08
Mksdnya beda genre??
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:08
katanya rumah Allah? emoticon-Ngakak kok malah diaku2 milik si A, milik si B? kocak sekali kaum satu ini
profile-picture
dalamuka memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:11
Pliss jangan di tutup tuh masjid. Tar da'jal keluar lohh 😒
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:11
Pemilik berhak penuh donk.. ini yg numpang solat ribet amat emoticon-Ngakak
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:12
ya untung penduduknya waras, yang bikin kisruh si wahabong sih, mesti diusir sebelum terlambat
profile-picture
reid2 memberi reputasi
1 0
1
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:13
Aliran sorgaa yg sok sok di panggil ulama kuk gini niee yg perlu di kasih pelajaraaan... Bikin rusaak.. ilmu basic agama wae gk dapat..
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:14
Bisa kasih tau apa iti salafi ?
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:16
Di tempat ane malah lebih sadis nih. Kalo beda aliran sholat di masjid aliran yg ini bekas dia sholat itu langsung dibersihi sbersih2nya. Heran juga ane satu pihak teriak islam itu satu tapu alirannya ada yg kek gini kelakuannya
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:18
Sudah biasa yang begini begini hahaha
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:19
Jahat amat
profile-picture
comrade.frias memberi reputasi
1 0
1
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:27
Beda salafi sama yg biasa ini apaan sih gan emoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:28
diskusi baik2 ya, cari jalan damainya, jangan ribut2, soal beginian pula 🥱🥱🥱
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:29
Baru tau masjid bisa gulung tikar😭
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:34
Jangan biarkan masjid2 dikuasai oleh mereka para pengikut ijtihad akhir jaman yg ngajunya pengikut ijtihad salaf. Bisa2 negara kacau kayak timur tengah saling syirik syirikan
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:42
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:46
Ada kejadian driver kantor ane...disuatu hari jumat doi nganter ane prospek klien..berhubung sdh jam shalat jumat ane parkir di sebuah mall si jaktim...driver ane segera menuju masjid (ane kagak shalat) ... pas kelar dan otw balik kantor ane ngobrol ternyata doi gak shalat di masjid dekat mall ...karena sampai sana doi diinterogasi ttg aliran islam apa? ketika doi gak bisa jawab...dan bilang cuman numpang jumatan....doi diusir dari sono kagak boleh shalat...terpaksa doi cari tempat lain yg agak jauh (naik angkot) ....hehhee segitunya para pemilim kavling surga
profile-picture
profile-picture
estilo.com dan yurikaede memberi reputasi
2 0
2
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:52
Biasanya kadrun bilang gini

Ini pasti gara-gara jokowi emoticon-Mad

emoticon-Traveller
0 0
0
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 18:58
Ama pemiliknya ditutup dijadiin kelab malem, kejang2 dah lu
profile-picture
LaSeixas memberi reputasi
1 0
1
Geger! Masjid Ditutup Karena Beda Aliran, Ketahui Penjelasannya
03-08-2020 19:08
Ustadz Abdul Somad silahkan dicerahkan supaya otaknya gak pada goblok!
0 0
0
Halaman 4 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia