ThesyaaAvatar border
TS
Thesyaa
Siapa Bilang Kepunahan Terjadi 1 Kali Saja? Kepunahan Di Bumi Ini Ternyata 5 Kali Loh


Kepunahan merupakan bentuk dari hilangnya suatu peradaban dari muka bumi ini, seperti halnya kepunahan dinosaurus. Tentu manusia mengetahui kepunahan tersebut berdasarkan bukti yang tertinggal seperti fosil dan lainnya. Kali ini ane akan membahas tentang kepunahan-kepunahan massal yang pernah terjadi di bumi ini. Simak berikut ini ya.


1. Cretaceous - 65 Juta Tahun Lalu




Kepunahan ini merupakan kepunahan yang kejadiannya paling dekat dengan masa sekarang ini. Dimana kepunahan ini terjadi pada era dinosaurus. Kepunahan ini diakibatkan karena berbagai hal seperti menurunnya permukaan laut, letusan gunung berapi dan hantaman meteor di Mexico. Peristiwa kepunahan ini selain menyebabkan dinosaurus punah, juga menyebabkan 90% jenis hewan lautan punah loh.


2. Triassic - 201 Juta Tahun Lalu




Kepunahan ini terjadi karena disebabkan oleh perubahan besar pada atmosfer bumi. Karena hal tersebut, hampir separuh spesies yang hidup di bumi pada masa tersebut semuanya mati, kecuali tumbuh-tumbuhan yang tidak terlalu banyak punah akibat perubahan pada atmosfer bumi.


3. Permian - 252 Juta Tahun Lalu




Kepunahan ini dipicu oleh erupsi di Siberia yang menyemburkan karbondioksida, selain itu juga menimbulkan gas rumah kaca, naiknya metana suhu bumi dan penyebaran gas beracun. Dikatakan kepunahan Permian ini adalah kepunahan yang paling parah di bumi ini. Karena membuat 96% spesies laut di muka bumi punah dalam waktu sebentar, dan juga memunahkan 70% makhlul hidup bertulang belakang.


4. Devonian - 360 Juta Tahun Lalu




Kepunahan Devonian disebabkan oleh beberapa hal seperti hantaman asteroid, perubahan iklim dan naiknya permukaan laut. Dikatakan sekitar 70% makhluk hidup baim binatang maupun tumbuhan tidak bisa bertahan hidup di ekosistem yang berubah drastis.


5. Ordovician - 445 Juta Tahun Lalu




Kepunahan ini disebut sebagai kepunahan pertama yang terjadi di muka bumi, dimana disebabkan oleh pendinginan global dan penurunan permukaan air laut di bumi. Periode Ordovician ini dikenal sebagai periode yang makhluk hidupnya rata-rata adalah binatang dk air/laut. Dan pada kepunahan masa ini, hewan laut punah sekitaran 85% loh.


Bagaimana tanggapan agan sista? Apakah kepunahan akan terjadi kembali dalam waktu dekat ini? Kita-kira seperti apa kepunahan tersebut?


Sumher referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan sini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
indramamoth
cor7
imtheatrical
imtheatrical dan 65 lainnya memberi reputasi
60
11.6K
163
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.