• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Arsitektur Jepang Sebagai Simbol Keharmonisan Antara Budaya Tradisional dan Modern

quaeAvatar border
TS
quae
Arsitektur Jepang Sebagai Simbol Keharmonisan Antara Budaya Tradisional dan Modern

source image Live Japan

Selamat Pagi Gan/Sist!


Spoiler for Mukadimah, Boleh di Skip Kok!:

Gan/Sist, menurut kalian apa sih yang paling mencolok dari Jepang? Anime? Dorama? J-Pop? Atau skandal antara Jesslyn And Victor? Oops itu orang barat dink! emoticon-Peace

Ok Gan/Sist, kita langsung ke topik bahasannya. Silahkan disimak dan selamat membaca!

Berikut ini adalah beberapa bangunan yang mencerminkan Budaya Jepang baik tradisional maupun modern, menjadi satu irama. emoticon-Stick Out Tongue

Kastil/ Istana

source image Live Japan

Di Jepang Kastil umumnya dibangun pada periode Sengoku sebagai simbol interpretasi dari kekuasaan, dan juga sebagai kunci pertahanan para penguasa saat itu. Kastil selalu memberikan nuansa keindahan tersendiri bahkan ketika sedang menjalani renovasi. 

Gambar di atas merupakan penampakan dari Kastil Himeji, yang terletak di Himeji, Hyogo dan terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Quote:

Kuil Buddha

source image Wikipedia

Kuil Buddha adalah struktur yang dibangun sebagai tempat bagi mereka yang percaya pada agama Buddha untuk berkumpul dan menyembah Buddha. Karena dulu juga berfungsi sebagai tempat pertemuan komunitas di masa lalu, setiap kota dan desa dihiasi dengan kuil - kuil Buddha kecil.

Gambar di atas merupakan penampakan dari Kuil Buddha Kinkaku-ji yang terletak di Kyoto. Konon Kuil tersebut telah berusia lebih dari 600 tahun, karena bangunan tersebut di buat sebagai tempat istirahat Shogun Ashikaga Yoshimitsu, pada 1397 Masehi. Udah lama juga ya Gan/Sist, jadi ingat kembali dengan penginapan tertua di dunia yang ada di Jepang dan masih beroperasi sampe hari ini. emoticon-Stick Out Tongue
Quote:

Kuil Shinto

source image Live Japan

Struktur bangunan yang digunakan untuk mengabadikan dan berdoa kepada Dewa Dewa asli Jepang. Ada Torii (gerbang) di pintu masuk yang berperan untuk memisahkan dunia ini dari dunia Dewa. Di depan kuil utama , ada lonceng untuk memberi tahu kedatangan pengunjung/ peziarah kepada para Dewa, dan sebuah kotak untuk diletakkan di persembahan.

Quote:

Bukeyashiki

source image Live Japan

Bangunan tersebut dibangun sebagai tempat tinggal para samurai. Sebagian besar dari mereka memiliki pintu masuk yang dalam dan lumbung. Tempatnya bervariasi, mulai dari tempat tinggal besar di mana daimyo (penguasa pedesaan yang kuat) tinggal, hingga ke tempat tinggal yang kecil di mana bushi kelas bawah (seorang ahli seni bela diri) tinggal. Bahkan ada hunian dengan taman Jepang.

Quote:

Tokyo Tower

source image Live Japan

Pada awalnya Tokyo Tower dibangun untuk mengirimkan gelombang radio dan televisi. Karena dulu sebelum berdirinya Tokyo Tower banyak menara pemancar radio yang berdiri di daerah tersebut. Kini Tokyo Tower dan TOKYO SKYTREE (R) adalah ikon terkenal dari Tokyo sekaligus Jepang.

Quote:

Pencakar langit

source image Live Japan

Ada banyak gedung pencakar langit di kota-kota besar seperti Tokyo, Osaka dan Nagoya. Pemandangan malam di kota-kota ini sangat indah, mungkin karena efek dari pencahayaan serta desain kotanya.

Quote:

Viaducts

source image Live Japan

Ini adalah jembatan yang menjulang di atas jalan dan rel kereta api. Kadang-kadang toko-toko seperti bar dibuat di bawah jembatan yang disebut dengan struktur arsitektur kereta api yang ditinggikan. Karena berada persis di bawah jembatan, sebagian besar toko-toko kecil.

Quote:


Oke cukup sekian Gan/Sist, semoga terhibur!

TERIMA KASIH!

REFERENSI

Live Japan
Opini Penulis


Thread ini disponsori oleh :

KEMBALIKAN MORAL BUDAYA BANGSA!


Diubah oleh quae 29-07-2020 03:45
Shyesun.pucha
siapika
kudanil.la
kudanil.la dan 28 lainnya memberi reputasi
27
6.1K
423
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.