quaeAvatar border
TS
quae
Katak Dalam Sumur, Idiom Ideal Untuk Masyarakat Kita Sekarang!
井底之蛙
jǐng dǐ zhī wā
Katak Dalam Sumur

source image kebajikan dalam kehidupan

Selamat Malam Gan/Sist

Kali ini kita akan mengulik salah satu pribahasa terkenal dari tanah Tiongkok. Ada yang sudah tahu? Atau setidaknya pernah mendengarnya? Atau malah sering mengucapkannya sebagai kata penghibur diri. emoticon-Big Grin

Idiom katak dalam sumur sebenarnya bisa digunakan sebagai kalimat penghibur diri, untuk mengingat dan berintrospeksi tentang betapa kecilnya kita jadi selama kita mengingat kata-kata itu kita akan tetap ada pada relnya.

Di Indonesia sendiri ada peribahasa katak dalam tempurung, yang mengisahkan tentang seekor katak sombong. Peribahasa ini menggambarkan orang yang tidak tahu apa-apa namun orang tersebut mengira dirinya mengetahui segalanya. Bahaya nih kalau sampai mengaku-ngaku dirinya adalah Tuhan. emoticon-Big Grin

Dari daratan Tiongkok ada sebuah kisah peribahasa yang tidak jauh berbeda dengan peribahasa katak dalam tempurung. Kisah peribahasa ini memiliki judul katak dalam sumur (jing di zhi wa). Kisah yang menceritakan mengenai seekor katak yang tidak pernah melihat lautan namun dia mencoba untuk membandingkan lautan dengan sumur tempat tinggalnya. Tentu saja keduanya sangat berbeda. Sumur dan laut memiliki perbedaan yang sangat besar.

Membanding-bandingkan sesuatu memang tidak baik, selain dapat menimbulkan sifat sombong membandingkan juga menunjukkan betapa bodohnya tindakan apa yang telah mereka lakukan.

Berikut cerita selengkapnya, jangan lupa siapkan minuman dan cemilan. Tips membacanya biar tidak terbawa ilusi, bernapaslah secara konstan, jangan sambil berlari nanti capek emoticon-Stick Out Tongue becanda. Oke Gan/Sist Selamat membaca!

Spoiler for :

Setelah membaca kisah di atas, apa yang bisa Gan/Sist petik? Adakah nilai sosial dan moral yang bisa Gan/Sist dapatkan? Siapapun yang membacanya pasti akan memahaminya.

Alasan saya mengulik cerita di atas adalah karena Anime “Sora no Aosa wo Shiru Hito yo” atau yang dalam bahasa Indonesia berarti “Seseorang Yang Mengetahui Birunya Langit” saya sendiri baru menontonnya sekitar pertengahan Juni lalu, saya rekomendasikan untuk di tonton. Garis besarnya bisa browsing sendiri, saya tidak mau spoiler lebih jauh. emoticon-Big Grin


source image animekompi

Salah satu protagonis utama suka sekali mengucapkan kalimat berikut, “Bagai katak dalam sumur, dia tak tahu betapa luasnya lautan, yang dia tahu hanyalah birunya langit” kurang lebih kalimatnya seperti itu.

Pesan moral dari kisah pribahasa di atas adalah bahwa hidup itu harus belajar sehingga wawasan dan nalarmu bertambah luas. Belajar bagaimana menjalani kehidupan dalam masyarakat, belajar bagaimana menghormati seseorang dan jangan sesekali memandang rendah seseorang.

Lantas apa korelasinya dengan masyarakat Indonesia? Kalian sadar tidak sih kalau akhir-akhir ini banyak orang yang sok keminter, sok baik, dsb yang muncul ke permukaan satu demi satu. Keminter dalam bahasa jawa memiliki arti kurang lebih sok pintar, orang yang seperti ini gampang banget merendahkan orang lain dan suka sekali memuji-muji dirinya sendiri. Mereka mengklaim lebih luhur daripada orang yang mereka rendahkan.

Mungkin lebih tepatnya orang-orang seperti mereka dipanggil dengan sebutan besar kepala, dalam bahasa Indonesia sendiri padanan katanya sangat banyak, ada angkuh dan juga sombong.

Saya sendiri juga pernah bertemu dan bahkan mengenal orang-orang tersebut, saya rasa Gan/Sist juga pasti pernah menemukan orang-orang tersebut.

Bukankah orang seperti itu ada di antara kita?


TERIMA KASIH!
buat yang sudah mampir ke thread ini..

REFERENSI
Happy Learning Mandarin Centre
Otak Penulis


Thread ini disponsori oleh :

turkusuma
fachri15
tien212700
tien212700 dan 60 lainnya memberi reputasi
59
14.9K
492
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.