c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Tips Usaha Kios Makanan Burung




Hayo siapa diantara kamu yang ingin jadi tukang dagang, mungkin di kantor sudah waktunya untuk pensiun. Atau tahu-tahu dipecat gara-gara covid melanda, memang susah sih kalau tidak punya keahlian. Kita mau kerja apa?

Mengharapkan pekerjan dari orang lain, mengharapkan bantuan dari orang lain sungguh sebuah waktu yang sia-sia. Terlebih bila kamu masih muda, langkah masih panjang tapi pikiran pendek, ya jalan keluarnya kalau ga nyopet, begal, nyolong, maling, nipu dan ga jauh-jauh dari hal itu.

Untuk itu perlunya kita memikirkan kehidupan yang kita jalani ini mau dibawa kemana? Oke, di thread ini saya hanya ingin sedikit memberikan tips sederhana bila kamu ingin membuka sebuah usaha kios makanan burung.



Biasanya nih, kalau kamu buka tempat usaha seperti ini tak hanya makanan burung sih yang bisa kamu jual, tapi makanan unggas, makanan ikan, makanan kucing atau anjing, dan acessories serta perlengkapan berbagai macam burung.

Nah ini saya hanya memberikan sebuah tips sederhana, agar usaha agan dapat berjalan tanpa banyak mengeluh.





Pertama, berhubung usaha ini perlu pendekatan emosi terhadap hewan maka kita harus belajar dulu dan mengenal hewan yang kita akan jual. Perlu juga ikut sebuah perlombaan, dan cara menangani burung kicau. Aktif di berbagai forum burung untuk mencari ilmu, usahakan punya jagoan minimal satu saja yang sudah punya nama di berbagai lomba burung kicau. Intinya ente hobi dengan burung kicau, akan menambah nilai plus untuk usaha ini. Suatu saat gagal, tidak ada rasa sakit hati karena dijalani dengan bahagia.





Kedua, cari tempat yang strategis usahakan di pinggir jalan. Agar dilihat banyak orang yang lewat, mungkin harga sewanya akan lebih mahal jadi kalau tak sanggup dengan modal pribadi. Bisa ajak join ke rekan-rekan sesama penghobi, tapi ingat kalau joinan harus saling terbuka. Banyak usaha gulung tikar karena usaha joinan, maklumlah namanya uang akan bisa merubah kawan jadi lawan.





Ketiga, Persiapkan modal yang cukup. Bukan apa-apa bisnis di burung kicau ini kalau kita membeli secara ombyokan harganya juga cukup lumayan. Dan kita fokus ombyokan disatu jenis burung dulu, kecuali modal kuat ya ndak masalah. Karena pembelian burung ombyokan ini minimal biasanya 100 ekor, kalau sudah kenal 50 ekor pun bisa.

Contoh :

Burung Love Bird, perekor 40rb dikalikan 100 ekor sudah memakan biaya 4 juta.

Burung kenari, per ekor 90rb dikalikan 100 ekor sudah memakan biaya 9 juta.

Bagaimana dengan burung lain yang harganya stabil? Murai batu, cukcak ijo, Jalak dan lainnya waduh siapkan dana yang tak sedikit ya gan.

Perlu di fikirkan juga kematian si burung adalah kerugian, jadi untuk ombyokan jangan menjual terlalu mahal agar putaran uangnya lebih cepat. Semakin cepat berputar, maka untung kamu juga semakin banyak.

Saran ane aja nih, untuk pemula burung ombyokan fokus di satu jenis saja dahulu agar modal yang keluar bisa ditekan. Maka dengan modal kira-kira 10 juta pun usaha bisa berjalan.





Keempat, yang harus dilakukan adalah membeli pakan burung dan acessories burung untuk dijual, seperti kandang, tempat makan, usahakan jangan terlalu banyak yang penting ada dahulu.

Untuk menekan harga, beli grosir di Pasar Pramuka kalau kamu dekat dengan Jakarta. Duh, kok kios masih sepi? Padahal modal sudah keluar banyak?

Nikmati prosesnya om gan, seminggu di awal pembeli belum tentu banyak 1-2 orang saja kita sudah bersyukur. Bahkan ada yang bertanya sesuatu yang tidak kita jual pada saat itu.

Contoh :

Pembeli datang menanyakan makanan ayam jago pur 594, kita belum menyediakan. Kita jangan bilang ga jual, tapi barang belum datang nanti tunggu kira-kira seminggu barangnya baru siap. Dan apa yang pembeli tanyakan namun kita belum menjual wajib dicatat, lihat dalam waktu seminggu barang apa saja yang sering ditanyakan oleh pembeli harus cepat kita sediakan.





Kelima, jangan pantang untuk putus asa sebulan di awal pasti akan banyak bengong, godain cewek-cewek lewat di pinggir jalan. Tapi kalau barang kita sudah mulai lengkap, jangankan istirahat pembeli akan datang bertubi-tubi.

Apalagi kalau kita share juga dagangan kita di medsos, sabtu dan minggu biasanya kios pasti rame. Ingat, jualan barang untuk hobi ini perlu pendekatan yang berbeda. Kamu juga perlu sesekali main di lomba dan jagoanmu masuk menjadi jawara.





Apakah jagoan kita dijual? Kalau harga cocok ya dijual saja, namanya pedagang harus ada misi tertentu yaitu cuan. Asal harganya masuk di dalam kantong, sebab di ranah hobi untuk burung juara harga tidak bisa diatur tergantung berapa tawaran dan menawar. Satu burung tukar mobil atau motor pun bisa, anggap saja itu rezeki sampean.

{thread_title}


video diatas BB 17

Keenam, banyak-banyak berdo'a kita sebagai manusia harus tahu akan nikmat yang diberikan Tuhan. Usaha dengan diiringi do'a semoga menjadi berkah.

emoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Aganemoticon-Maaf Agan

Nah itu saja sih tips usaha kios burung ala-ala c4punk, semakin kamu konsisten, semakin kamu rajin mengelola usahamu, pasti akan mendapatkan hasil yang lumayan. Kata orang usaha tidak akan memgkhianati hasil. Salam, saya c4punk see u next thread.

emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
Pic : Dikumentasi Pribadi

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh c4punk1950... 02-08-2020 13:09
fias17
iskrim
tien212700
tien212700 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.4K
49
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.