• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Plymouth Superbird: Mobil Legendaris Nascar, Wujud Asli 'The King' Dari Film Cars

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Plymouth Superbird: Mobil Legendaris Nascar, Wujud Asli 'The King' Dari Film Cars
Adakah disini yang suka film animasi Cars ? Pasti sudah gak asing dengan beberapa mobil yang berperan dalam film tersebut, walau cuma film animasi, tapi beberapa tokoh dalam film tersebut menggunakan mobil asli. Salah satunya sosok "The King", mobil Nascar dengan warna biru langit yang membela tim Dinoco dengan nomor 43, King sendiri menjadi rival Mc Queen dalam balapan. Ada yang unik dari sosok King gan sist, ada sayap yang tinggi dibagian belakangnya. Masih ingat kan ciri khas ini ? Ternyata sayap ini memang ada dalam wujud asli mobil tersebut, penasaran seperti apa mobilnya ? Langsung saja kita mulai ceritanya.



Plymouth Superbird




Plymouth Superbird pada ajang balap Nascar Musim 1970.

Sumber



Buat kalian yang sampai saat ini belum bisa tidur nyenyak karena penasaran dengan wujud asli The King, TS akan hilangkan rasa penasaran tersebut untuk selamanya. Sosok asli The King dari tim Dinoco di film Cars ternyata terinspirasi dari mobil asli gan sist. Nama mobilnya adalah Plymouth Superbird, mobil ini termasuk jenis Muscle Car alias "Mobil Berotot". Mobil ini biasanya memiliki dua pintu dan cenderung
menggunakan mesin V8.


Mobil ini termasuk edisi terbatas gan sist, karena hanya diproduksi sekali seumur hidup. Mobil ini diproduksi pada tahun 1970 saja, pada awalnya dibuat khusus untuk ajang balapan Nascar. Meski dibuat untuk balapan, mobil ini juga diproduksi massal, walau bukan pebalap. Orang-orang tetap bisa membelinya.


Mobil ini diproduksi oleh Chrysler Corporation, perusahaan otomotif asal Amerika Serikat. Markas utama mereka berada di kotanya otomotif, yaitu Detroit, Michigan. Disana pula mobil ini dilahirkan, FYI gan sist mobil buatan Chrysler sendiri juga pernah dipakai Presiden Soekarno, mobil milik Bung Karno tersebut adalah Chrysler Imperial. Kita akan bongkar satu-satu, mulai dari ekstriornya.




Plymouth Superbird

Sumber




Eksterior Dan Interior




Sumber


Dari tampilan luar dulu kita bongkar gan sist, mobil Muscle Car memiliki body yang cenderung kotak. Dan memiliki sedikit lekukan, ini yang ane suka dari Muscle Car. Sedangkan mobil Super Car alias mobil non Amerika, biasanya memiliki desain body yang memiliki banyak lekukan. Dibuat sangat detail setiap lekuknya, kalau Muscle Car tidak memiliki lekukan yang detail pada bodynya.


Moncong depan milik Superbird bentuknya cenderung besar dan gede, menjadi ciri khas Muscle Car era 70-an. Overhang (jarak sumbu roda dengan bumper) depan dan belakangnya juga cukup lebar gan sist, untuk wheelbasenya sendiri mencapai 2,9 meter, serta total oanjang mobil mencapai 5 meter. Beralih ke lampu utamanya, memiliki desain unik, mirip seperti milik Toyota AE 86. Lampunya ini bisa dibuka dan ditutup, dan ketika lampu dibuka bentunya bulat, seperti mata orang melotot.


Untuk pagi atau siang hari, lampu tersebut akan menutup seperti gambar dibawah ini untuk jelasnya.




Lampu utama yang menutup.

Sumber



Kalau sudah malam hari, pengemudi bisa membuka lampunya untuk penerangan. Pengaturan lampu ini terdapat pada dashboard mobilnya. Seperti ini fotonya kalau lampu sudah dibuka.




Ketika sudah dibuka lampunya.

Sumber



Masih dari eksterior, bagian depannya ini memiliki desain yang cukup menarik gan sist. Dimana lampu kabutnya ini dibuat menghadap ke bawah, dimana lampu kabut mobil biasanya dibuat menghadap lurus ke depan. Diantara lampu kabutnya ada desain kotak yang diblok warna hutam juga nih, gak tahu apa fungsinya, mungkin sebagai aksesoris saja. Dan hampir tidak memiliki grill depan pada mobil ini.


Bumper bawahnya juga memiliki lekukan yang berbentuk melengkung. Bagian apa ini ya nyebutnya ? TS malah bingung. Semacam aksesoris juga sepertinya emoticon-Hammer (S), bentuk lekukan ini tepat berada dibawah lampu kabutnya. Kalau lewat komplek perumahan di Indonesia pasti bakal gasruk ini ya body depannya, akibat lekukan itu membentur polisi tidur emoticon-Big Grin Lihat foto dibawah biar jelasnya.




Titik berjumlah satu adalah lampu kabut. Titik berjumlah dua aksesoris kotaknya, sementara yang ane lingkari adalah lekukan aksesorisnya.

Sumber



Untuk lampu sein depan berada disamping body dekat dengan roda depan, dan lampu sein belakang berada diujung overhangnya (dekat bumper belakang). gan sist seperti kita lihat pada gambar dibawah ini.




Kotak kecil warna kuning disamping body dekat dengan roda adalah lampu seinnya.

Sumber



Kita beralih ke belakang yang paling ikonik adalah sayapnya gan sist, sama seperti di film Cars, sayap asli mobil ini juga dibuat tinggi dari pabrikannya. Sayap ini memiliki tinggi mencapai 2 kaki atau hampir mencapai setengah meter. Mohon koreksinya kalau salah, tujuan dibuatnya sayap ini oleh pabrikan adalah untuk tujuan aerodinamika mobil ini saat dilintasan.


Dilahirkan untuk ajang balapan, fungsi sayap ini bisa membuat stabil mobil pada kecepatan tinggi dan melaju cukup kencang saat dilintasan. Mobil ini dikendarai oleh Richard Petty dan berhasil memenangkan piala Nascar pada dekade 1970-an. Total Pety dan Superbird memenangkan 10 balapan pada musim pertama, dan 18 balapan pada musim keduanya.


Sayap ini juga sering dibully sebagai gantungan handuk atau gantungan pakaian pada masanya, karena bentuknya yang cukup tinggi. Meski pun dibully, dibawah tangan dingin Petty. Plymouth Superbird berhasil menjadi mobil yang disegani dan mendominasi ajang balap Nascar.


Sayap unik ini hanya ada pada versi Superbird, untuk versi Plymouth yang lain tidak dilengkapi sayap ini gan sist. Dibagian bawah sayapnya juga diberikan tulisan Plymouth yang cukup besar. Lanjut ke ekseterior lagi, ada dilampu belakang yang cukup unik, karena ada semacam sekat pemisah berupa garis memanjang yang membuat lampu belakang terpisah menjadi dua. Bentuk sekat lampu belakangnya sekilas mengingatkan TS dengan kendaraan rantis militer.




Sumber



Lampu belakang dan sayapanya yang ikonik gan sist.

Sumber



Kita beralih dibagian interior nih gan sist, mobil ini tipe cuope dengan 2 pintu. Interiornya menurut TS sudah bagus, panel instrumennya juga masih konvensional. Sudah dilengkapi radio dan AC juga tentunya. Mobil ini sudah power steering pada masanya, tapi belum memiliki sistem 4 WD (penggerak empat roda), bagasi mobil ini juga dibuat sangat lega gan sist. TS gak akan bahas banyak soal interiornya, karena hanya sedikit informasi yang bisa TS dapatkan dari interiornya. Mungkin gan sist mau menambahkan nanti, bisa komen dibawah.


TS sempat mengira mobil ini hanya memiliki dua kursi saja didepan, tapi ternyata versi yang diproduksi massal, pada bagian belakang juga terdapat kursinya. Jadi total mobil ini punya empat kursi, tapi kalau dilihat dari ulasan diblog orang AS. Kursi dibelakang ini tidak pernah digunakan, fungsinya kemungkinan sebagai hiasan saja. Hal ini mengingatkan ane dengan Porsche 911 yang memiliki kursi serupa dibagian belakangnya. Berikut ini sekilas interiornya.
















Kursi belakang yang TS maksud.




Bagasi Super lega.

Sumber




Dapur Pacu


Bagi penggemar kecepatan pasti penasaran sama mesin The King ini, mesin mobil ini menggunakan tipe Hemi V8 yang legendaris dengan kapasitas mesin mencapai 7000 cc. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga puncak mencapai 425 HP pada 4600 rpm, dengan torsi mencapai 480 Nm pada 3200 rpm. Tenaga ini disalurkan pada transmisi manual 4 kecepatan.


Mesin ini adalah generasi kedua yang diproduksi Chrysler mulai tahun 1964-1971. Ada dua jenis mesin yang dipakai Plymouth saat ini gan sist, versi original memakai V8 Hemi. Sementara versi restorasinya tidak menggunakan tipe Hemi, masih tetap menggunakan V8 tapi dengan tenaga yang berbeda, dimana versi restorasi memiliki tenaga puncak mencapai 375 HP. Versi Hemi V8 hanya butuh waktu 5,5 detik untuk menembus kecepatan 60 km/jam.




Versi original dengan V8 Hemi.


Sumber





Mesin V8 versi restorasi.

Sumber




Superbird Dipasangi Stiket Road Runner ?


Gan sist kalau kita perhatikan lebih detail, mobil ini dipasangi stiker tokoh kartun Road Runner pada bagian samping sayap dan lampu depannya. Hal ini memang sengaja diberikan oleh pihak Chrysler sendiri, masih ingat Road Runner ? Burung biru yang bisa berlari dengan sangat kencang, salah satu tokoh kartun di Looney Tunes. Kartun ini pernah tayang di Indonesia juga, masih ingat ?


Musuh Road Runner adalah E.Coyote yang berusaah menangkapnya, tapi dia gak pernah berhasil menangkap Si Road Runner. Stiker pada mobilnya berupa gambar tokoh Road Runner dengan tulisan Road Runner dan Superbird, dimana tulisan ini melingkar dibagian atas dan bawah dari si tokoh kartun ini.


Dari beberapa sumber mengatakan, penambahan sriker Road Runner sendiri terinspirasi dari sayap tinggi milik Superbird sendiri. Kalau kita lihat dari depan, sayap milik mobil ini terlihat seperti ekor panjang milik Road Runner. Selain itu mobil ini juga terbilang cukup kencang pada masanya, sama seperti kencangnya lari Si Road Runner. Maka tak berlebihan jika Superbird dipasangi stiker Road Runner, di AS mobil ini dikenal juga sebagai Road Runner Superbird.




Stiker pada lampu.




Stiker pada sayap.

Sumber





Kira-kira begini wujud stikernya emoticon-Big Grin

Sumber





Fakta Menarik Soal Plymouth Superbird


1.Dibuat Khusus Untuk Richard Petty.



Richard Petty.

Sumber



Mobil ini khusus dibuat untuk pebalap Nascar bernama Richard Petty gan sist, Chrysler menghadirkan Plymouth Superbird untuk menghadapi Ford yang jor-joran di Nascar, dimana Ford mengeluarakan Torino Talladega pada musim 1969. Chrysler membuat Superbird agar Petty tetap bersama tim balap Plymouth untuk musim selanjutnya, karena sebelumnya Petty bersikeras ingin mengendarai Dodge Daytona.


Musim 1970 dengan Superbird yang punya sayap aneh, Petty mampu memenangi 10 balapan dan berhasil menempati posisi kedua. Musim 1971 Petty pun mengamuk dengan Superbirdnya, musim itu ia mengalahkan Buddy Baker dengan memborong 18 kemenangan. Dan sukses mengukir sejarah sebagai pebalap yang sukses memenangi balapan Nascar sebanyak tiga kali.


2. Diprotes Karena Terlalu Mendominasi Nascar.

Mobil ini diproduksi tahun 1970 gan sist, dan setelah itu tak pernah diproduksi. Ketika masuk ajang balap Nascar mobil ini selalu mendominasi, dan sukses memenangi 18 seri balapan pada musim keduanya. Selain itu bentuk sayap yang aneh juga dikeluhkan banyak tim dan sponsor rival di Nascar, sebenarnya mereka melakuakan ini karena iri hati dan tak bisa menyaingi Superbird dan Petty.


Akibat protes ini, kemudian Nascar mengeluarkan aturan untuk larangan pemakaian sayap ini. Karena protes tersebut Chrysler hanya memproduksi mobilnya pada tahun 1970 saja, Richard Petty yang menggunakan Superbird pun tak lagi menggunakan mobil ini pada akhir musim balap tahun 1972, karena terkendala masalah dana sponsor, Petty pun meninggalkan tim Chrysler.


3.Karakter The King Terinspirasi dari Petty dan Plymouth Superbird.



The King dibuat seperti versi asli mobil Petty di Nascar.

Sumber


Masih Ingat sosok The King di film Cars ? Sosok King itu terinspirasi dari Petty gan sist, dimana 7 kali juara Piston Cup itu juga terinspirasi dari 7 kali juara Nascar yang diraih Petty. Nama The King sendiri juga diambil dari julukan Richard Petty yang dijuluki The King diajang balap Nascar. Richard Petty bersama istrinya juga mengisi suara dalam film tersebut, dimana Petty mengisi suara King dan istrinya Lynda Weathers mengisi suara Mrs. King.


Mobil dalam film tersebut juga dibuat sama seperti mobil yang dipakai Petty pada musim 1970, dengan livery warna biru langit dan nomor 43 sama seperti yang pernah dipakai Petty dalam balapan Nascar. Mobil dalam film ini memang dibuat khusus untuk sang legenda balap Nascar emoticon-Belo




Sumber




Ini buktinya, sama persis kan ? emoticon-Big Grin Foto Mbah Petty dan mobilnya, FYI beliau kelahiran 2 Juli 1937 emoticon-Big Grin

Sumber



4.Semua Pengisi Suara The King Adalah Pebalap Terkenal.

FYI gan sist pengisi suara The King sendiri semuanya adalah pebalap terkenal. Versi Amerika disuarakan oleh Richard Petty (pebalap Nascar, juara 7 kali). Pada versi Denmark, The King disuarakan Tom Kristensen (pebalap 24 Hours of Le Mans, juara sembilan kali). Versi Finlandia, The King disuarakan Mika Häkkinen (juara dunia F1 dua kali). Sedangkan, di Jerman The King disuarakan oleh Niki Lauda (juara dunia F1 tiga kali). Semuanya adalah pebalap dan semuanya adalah legenda, pengisi suara The King memang selalu istimewa gan sist emoticon-Big Grin


5.Semakin Terkenal Setelah Film Cars Dirilis

Setelah rilis film animasi Cars, semakin banyak yang mencari mobil ini gan sist. Termasuk para kolektor mobil, sayap yang dulu dibully kini malah dicari-cari. Karena produksi yang hanya setahun membuat harga mobil ini melambung tinggi, jika mobil masih memiliki V8 Hemi original. Mobil ini bisa dihargai mencapai Rp 1 Miliar gan sist. Bahkan versi diecastnya tak ketinggalan dicari oleh para kolektor juga.


Gimana sudah gak penasaran bukan dengan sosok tokoh kartun satu ini ? Sekian dulu tulisan dari TS, semoga bisa menambah wawasan buat kita semua. Bagi yang ingin menambahkan atau mengkoreksi tulisan ini, TS tunggu kehadiran kalian dikolom komentar, enjoy kaskus emoticon-Angkat Beer



Plymouth Superbird The Legend of Muscle Car, Long Live Legend.




Petty dan Superbird, sama-sama legend emoticon-Big Grin

Sumber



Referensi: 1.2.3.4.5.6
Ilutrasi: blog otomotif dan google image
Diubah oleh si.matamalaikat 30-07-2020 10:32
B217AN4646ANtien212700feraldi2001
feraldi2001 dan 59 lainnya memberi reputasi
60
13K
125
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.