fanya06Avatar border
TS
fanya06
Siap-Siap Kaya! Kalau Agan Punya Tanaman Ini Di Rumah






Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ....

Apakah Agan dan Sista pernah mendengar kembang Wijaya Kusuma, atau Sri Rezeki? Mungkin sebagian orang akan mengernyitkan dahi untuk sekedar mengingat atau mencari tahu tentang tanaman ini.

Nah, di thread ane kali ini, nih Gansist ane akan memberikan sedikit ulasan mengenai mitos atau fakta tentang bunga Wijaya Kusuma ini.

Bunga Wijaya Kusuma, meski tidak sepopuler bunga mawar atau anggrek yang langsung kita tahu dan kita ingat bila mendengar namanya. Epiphyllum anguliger ini merupakan nama latin dari bunga Wijaya Kusuma atau Sri Rezeki atau yang populer juga disebut Bunga Ratu Malam.



Dijuluki bunga ratu malam, karena bunga ini terlihat keindahannya hanya pada malam hari saja. Bunga Wijaya Kusuma ini, adalah salah satu bunga unik dan langka, karena hanya akan mekar bunganya pada malam hari saja. Dan ketika pagi tiba, bersamaan dengan terbitnya matahari maka bunga ini pun akan layu, selain itu kelopak bunganya yang berjajar rapi pun akan berguguran satu persatu.

Selain memiliki bentuk yang indah, bunga Wijaya Kusuma juga selalu dikelilingi misteri dan mitos yang berkaitan dengan hal hal ghaib yang cukup membuat bulu kuduk berdiri.



Bagi sebagian masyarakat Jawa, bunga Wijaya Kusuma dipercayai sebagai bunga yang memiliki kekuatan mistis ada banyak sekali mitos yang beredar. Mulai dari yang terdengar biasa sampai yang terdengar serius. Ada juga yang percaya kalau halaman rumahnya ditumbuhi bunga ini, maka akan dimudahkan rezekinya atau dengan kata lain, bisa membuat pemilik bunga ini menjadi kaya raya.

Mitos bunga wijaya kusuma ini berasal dari makna bunganya sendiri. Yaitu,
Wijaya kusuma terdiri dari dua suku kata, Wijaya yang memiliki makna kemenangan. Sementara Kusuma diartikan dalam bahasa Jawa yang berati 'tegak'.

Sehingga apabila diartikan secara menyeluruh, maknanya adalah kemenangan mutlak yang dimiliki seorang raja.

Dari sinilah tersebar mitos bahwa, konon barang siapa yang menyaksikan bunga Wijaya Kusuma ini mekar di malam hari dan melihatnya secara langsung bagi yang punya keinginan atau cita cita akan lebih mudah terkabul atau terwujud.

Ada juga legenda lain, yang berkaitan dengan bunga Wijaya Kusuma ini. Yakni, di beberapa daerah di kalangan keraton dipercaya bahwa salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh seorang Raja bila ingin naik tahta yakni harus memiliki sekuntum bunga Wijaya Kusuma tersebut.

sumber gambar

Nah, benar atau tidaknya perihal Bunga Wijaya Kusuma tersebut semuanya kembali pada keyakinan dan kepercayaan diri kita masing-masing. Yang jelas, tidak ada apa pun yang mampu memberikan sesuatu selain dari pada Tuhan Sang Pencipta alam.

Bagaimana pendapat Agan dan Sista perihal bunga Wijaya Kusuma yang konon katanya mampu mendatangkan kekayaan,keberuntungan, tahta, dan bisa mengabulkan permintaan ini?

Oh ya, mungkin Agan atau Sista ada yang memiliki pengalaman atau yang sudah punya bunga ini silahkan Agan dan Sista berkomentar di bawah ini ya!

Baca juga:
Mitos Atau Fakta, Penjual Online Yang Banyak Nyinyir Dijauhi Konsumen?

Penulis: Fanya06
Referensi dan sumber gambar: di sini
Diubah oleh fanya06 29-07-2020 13:35
DeYudi69
febrifzn
jajakaapes
jajakaapes dan 61 lainnya memberi reputasi
60
11.4K
322
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.