others
Batal
link has been copied
657
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5e6bbbfbf4d695288d72c004/coc-regional--budaya-dongeng-tentang-bukit-kelam-batu-terbesar-di-dunia
Jika mas brader dan mbak sistah ingin tau dongeng tentang Bukit Kelam yang merupakan batu terbesar di dunia, dengan kerendahan hati saya persilahkan disimak terlebih dahulu video yang saya dapat di IGTV-nya @sahabatgrab.kalbar https://www.instagram.com/p/B9DdmPlhU1c/ Karena pendongeng menggunakan bahasa yang campur aduk, saya coba untuk menterjemahkannya. Tentang Bukit Kelam ya? Bukit Kelam itu be
Lapor Hansip
13-03-2020 23:59

[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)

icon-verified-thread
Jika mas brader dan mbak sistah ingin tau dongeng tentang Bukit Kelam yang merupakan batu terbesar di dunia, dengan kerendahan hati saya persilahkan disimak terlebih dahulu video yang saya dapat di IGTV-nya @sahabatgrab.kalbar




terjemahan


Selanjutnya silahkan mas brader dan mbak sistah simak kembali kelanjutan ceritanya berikut ini 



terjemahan


Quote:Mungkin hanya segitu yang bisa saya utarakan jika saya ditanya tentang cerita asal mula Bukit Kelam yang saya tau. Saya rasa cuma segitu kemampuan saya, jauuuh dari kesempurnaan. Namun harapan saya kita bisa mengambil hikmahnya, paling tidak kita jaga cerita ini jangan sampai anak cucu kita tidak pernah mendengar cerita ini lagi karena saya juga lupa-lupa ingat cerita ini. Dibalik itu, hikmah lain yang dapat kita ambil yaitu janganlah kita seperti Bujang Beji, cukuplah Bujang Beji saja yang memiliki sifat yang kurang baik. Kalaupun suatu saat kita menjadi pemimpin, jadilah pemimpin yang bijak. Utamakan musyawarah mufakat dalam mengambil keputusan seperti yang dilakukan oleh rayap dan beruang.

Seperti petuah Melayu, kalau ada mufakat, kalau ada beban ringan sama dijinjing berat sama dipikul. Tidak seperti Bujang Beji tadi. Dan seperti itulah jika saya ditanya sama abang nich, sama ente nich bro, hanya ini saja yang saya bisa. Kurang lebihnya saya mohon maaf ya, mungkin tidak sesuai ekspektasi cerita saya ini. Namun secara garis besar sudah saya utarakan. Besar harapan saya kawan-kawan main-mainlah ke Bukit Kelam, seperti apa sich batu terbesar di dunia itu? Harapan lain jagalah Taman Wisata yang kita punya kebanggaan kita bersama. Saya rasa masih banyak tempat-tempat wisata atau tempat tempat yang juga memiliki cerita. Lain waktulah kita cerita lagi, karena hari sudah siang, cuaca semakin panas, jam istirahat siangpun sudah injury time. Bila ketemu saya di jalan tegur saja jika ingin mendengar cerita lainnya. Kalau bisa saya cerita, saya akan menceritakannya. Terimakasih :terimakasih


sumber
Diubah oleh lamberianto.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nona212 dan 7 lainnya memberi reputasi
4
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 13 dari 17
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
30-07-2020 11:31
Quote:Original Posted By masadz

fffffuuuuuuu emoticon-Mad
aku kan cari simpati kau wak emoticon-Hammer (S)

bulan depan ke jogja emoticon-Genit

ape buat kau sini?? emoticon-EEK!
aku sesatkan dan tinggalkan kau di tengah jalan ye..
sebelumnye dompet dan HP kamek amankan lok emoticon-siul
asli jual diri lah kau emoticon-Ngakak (S)
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
30-07-2020 11:32
Quote:Original Posted By lamberianto.
atur jak emoticon-Bookmark (S):

udah dari dulu emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By TS69
malam bang emoticon-Hai


saye yg walik emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
30-07-2020 11:33
sepi disini, cobe ke sebelah emoticon-Ngacir
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
30-07-2020 11:49
Quote:Original Posted By bremmakibo
misi man teman emoticon-Embarrassment

nitip lapak ya,,,

silahkan dipilih2 emoticon-Ngakak

dipilih emoticon-Nohope
kalo makanan udah kuambil...
lah ini.. emoticon-Nohope
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
30-07-2020 12:00
Quote:Original Posted By adrian.s.rasnie

ilmu gaib ato ilmu itam??
ato ilmu melobangi vantad?? emoticon-Thinking

berempat ama cewek tuh emoticon-Embarrassment

halo yenyenyen,, emoticon-Kiss (S)


alo jg om
da makan lom? emoticon-Malu
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
30-07-2020 12:02
mendadak kerongcongannn, maksi dulu ah emoticon-Ngacir
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
30-07-2020 13:41
Quote:Original Posted By nailahuci
saye yg walik emoticon-Ngakak


selamat emoticon-Selamat

Quote:Original Posted By nailahuci
sepi disini, cobe ke sebelah emoticon-Ngacir


markijut emoticon-Kaskus Lovers
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 09:20
Quote:Original Posted By lamberianto.
ini juga lagi ngopi emoticon-coffee

okelah kalau begitu emoticon-Kaskus Radio


Ngopi dulu lah .....

Quote:Original Posted By Kimbara
izin maling tas emoticon-Traveller
profile-picture
lamberianto. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 11:51
memantau situasi dan kondisi emoticon-cystg
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 12:06
Quote:Original Posted By masadz
wogh emoticon-Belo
rutin ke die minom bende tuh? emoticon-Ngakak
siape-siape jak yg jadi donatur cairan nye? emoticon-Ngakak

om-om yang membiayai hidupnye lah.. emoticon-Embarrassment
die kan suke main ame om-om emoticon-Embarrassment
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 12:07
Quote:Original Posted By adrian.s.rasnie 
cobe lah.. tapi jangan lupa pake jaket ye..
bahaye [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
---
pengen nyari sensasi jak [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
kalo pake sampo jadi licin die [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
pernah juak pake sabun sirih, keset [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)

emoticon-Ngakak
malu kalo maok beli jaket nye ke apotek emoticon-Ngakak
dolok pas SMA pernah disuruh beli bende itu emoticon-Nohope
asli ndak maok aku emoticon-Ngakak
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 12:08
Quote:Original Posted By bremmakibo

gombal banget sih emoticon-Ngakak

mang dimana beli las cinta emoticon-Ngakak

di hatimu... emoticon-Ngacir

biar pas jadi dua baris emoticon-Hammer
Diubah oleh kikilwulandari
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 12:09
Quote:Original Posted By masadz

emoticon-Ngakak
malu kalo maok beli jaket nye ke apotek emoticon-Ngakak
dolok pas SMA pernah disuruh beli bende itu emoticon-Nohope
asli ndak maok aku emoticon-Ngakak
---
pake sampo yang mengandung mint ndak? emoticon-Ngakak
pasti dingin emoticon-Ngakak
--
pake sabun sirih emoticon-Busa jadi bau sirih bende tuh emoticon-Busa

emoticon-Ngakak (S) ngape pula malu??
kite kan mendukung program pemerintah emoticon-Embarrassment
---
mint emoticon-Genit
dah lama dak pake sampo mint emoticon-Genit
---
wangi lah.. emoticon-Hammer
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 12:09
Quote:Original Posted By bremmakibo

knapa harus tanya senafal emoticon-Thinking

bah malah minta uang emoticon-Ngakak

wow kk wow :matakibo:

dia kan co-admin emoticon-Shutup
---
ayo.. minim cendol lah emoticon-Embarrassment
profile-picture
2573000 memberi reputasi
1 0
1
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 12:10
Quote:Original Posted By masadz
oh.. aku kire anak-anak RKB yang disana yang jadi donatur [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
kan lumayan rame [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)


iya.. [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
pengen ke on clinic dulu [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
biar ga ejakulasi dini lagi [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)


dihatimuuuuuuuuuuu [COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)

bah ngapain kesana emoticon-Ngakak

jawabannya sama ma adrianho emoticon-Ngakak
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 12:10
tiba tiba perut keroncongan, maksi dululah emoticon-Ngacir
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 13:18
Quote:Original Posted By is.fajar
Ngopi dulu lah .....



ini juga lagi ngopi saye bang emoticon-coffee
0 0
0
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
01-08-2020 22:32
lamak dah tak ke bukit kelam emoticon-Blue Guy Smile (S)
0 0
0
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
04-08-2020 10:07
Quote:Original Posted By lamberianto.
[aok istirahatlah lok emoticon-shakehand

QUOTE=bingung56;5ed5c7e94601cf552367f17d]tumenggung emoticon-2 Jempol


yg mane orangnye emoticon-Bingung[/quote]

Quote:Original Posted By adnan.tatum
semangat pagi tumenggung emoticon-Ngakak
profile-picture
lamberianto. memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[COC Regional : Budaya] Dongeng Tentang Bukit Kelam (Batu Terbesar di Dunia)
06-08-2020 15:34
Selamat sore kelam 🗻
profile-picture
is.fajar memberi reputasi
1 0
1
Halaman 13 dari 17
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia