betiatinaAvatar border
TS
betiatina
Panduan Mama Muda Saat Bayi Rewel Dimalam Hari, Salah Satunya Saat Bayi Sakit
Kenali penyebab bayi susah tidur



Bayi atau balita, kadang mengalami susah tidur karena beberapa faktor. Sebagai orang tua hendaknya mengenali tanda-tanda tersebut agar bisa mengambil langkah untuk mengatasi masalah ini. Sehingga anak tidak larut dalam kondisi rewel dan tidak nyaman.

Hallo agan dan sista, adakah yang sekarang ini sedang berbahagia karena telah menjadi orang tua? Jika ada, maka selamat ya, gansis sudah dipercaya oleh siempunya hidup untuk menjadi orang tua.

Menjadi orang tua ternyata tidak mudah ya? Apalagi jika ini adalah pengalaman pertama memiliki baby. Sudah pasti dag dig dug saat tiba-tiba sikecil rewel, sementara belum diketahui penyebabnya.

Nah, kali ini kita mau ngobrol sedikit tentang beberapa kondisi yang menyebabkan bayi rewel dimalam hari.
Ada apa saja ya? Yuk cek disini.

1. Bayi lelah



Kadang, orang tua tidak mengerti akan sinyal yang disampaikan oleh bayi. Ketika bayi menangis saat tidur bisa jadi karena lelah. Karena kurang istirahat disiang hari atau karena distimulasi secara berlebihan oleh orang dewasa disekitarnya.

Untuk mengatasi hal ini, orang tua atau pengasuh bisa memberi pijatan lembut setelah mandi atau sebelum tidur. Tentu saja harus dilakukan dengan hati-hati dan harus belajar dulu dengan orang yang paham tentang pijat bayi. Agar pemberian pijatan tidak salah dan bermanfaat secara optimal.

2. Bayi lapar



Hal ini bisa saja terjadi jika bayi belum mendapat asupan yang cukup sebelum tidur. Sehingga dia gelisah dan masih ingin makan atau minum susu.

Untuk menghindari bayi lapar tengah malam, maka orang tua atau pengasuh bisa memberikan asupan yang cukup sesuai kebutuhan bayi. Atau menyediakan makanan selingan atau snack jika si kecil sudah balita. Saat anak terbangun karena lapar, orang dewasa disekitarnya bisa segera mengatasi dan anak tidak berlarut-larut rewel.

3. Bayi sakit



Nah jika bayi sakit memang biasanya tidurnya kurang nyenyak. Jika anak sakit panas, orang tua bisa mengompres dengan air hangat atau air dingin biasa agar anak tidak menggigil. Atau memberikan obat sesuai anjuran dokter.

Jika anak sakit batuk pilek, biasanya dia susah bernafas sehingga rewel. Nah, orang tua bisa membantu mengeluarkan lendir yang ada disaluran pernafasan dengan memposisikan bayi telungkup di atas pangkuan. Atau membuat uap air panas yang dicampur minyak kayu putih.

4. Bayi merasa tidak nyaman



Beberapa hal bisa menyebabkan bayi tidak nyaman dalam tidurnya, diantaranya yaitu:

1. Pipis atau pup.

Jika sikecil rewel karena buang air, maka orang tua bisa mengganti popoknya atau pakaian yang basah. Jika sesaat setelah buang air, popoknya segera dipertemukan ganti biasanya anak mudah ditenangkan kembali

2. Dingin atau panas

Cuaca yang dingin atau panas bisa menyebabkan anak rewel. Saat udara panas, bayi bisa dipakaikan baju yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu tebal. Saat udara dingin, bayi bisa dipakaian selimut, baju tebal, atau dibalur minyak penghangat.

4. Kasur tidak nyaman

Kasur yang keras bisa menyebabkan bayi kurang leluasa dalam geraknya. Maka, kasur atau alas tidurnya bisa dijemur dibawah matahari agar kembali nyaman digunakan.

5. Berisik

Orang tua harus menjaga rumah tetal tenang dan tidak berisik saat bayi hendak tidur sampai terlelap.

6. Tempat kotor

Tempat kotor ini bisa karena debu, asap atau binatang kecil seperti semut. Maka sebelum menidurkan bayi, bersihkan dulu tempatnya agar lebih nyaman.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan agar sikecil tidak rewel dimalam hari

Semoga bermanfaat

Menerima kritik dan saran



Sumber gambar:
bayi lelah
bayi lapar
bayi sakit


Sumber tulisan:
disini
disini
disini
disini
Dan opini pribadi
UriNami
Shyesun.pucha
tien212700
tien212700 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
2K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.