si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Ketika Mobil Ford F 550 Dirubah Menjadi Kendaraan Militer, Seperti Inilah Hasilnya
Kambali lagi dipembahasan soal alutsista militer gan sist, kali ini TS akan mengenalkan salah satu rantis yang dibuat dari chasis Ford F 550. Di industri militer sendiri, Ford F 550 memang populer untuk dijadikan kendaraan militer. Pada 2016 kemarin karoseri Tugas Anda tak mau ketinggalan dengan membuat kendaraan dari basis Ford juga. Seperti apa wujud kendaraan tersebut ?, langsung saja kita mulai pembahasannya.



TURANGGA



Turangga.

Sumber



Tugas Anda lebih dikenal sebagai karoseri pembuat body bus di Indonesia, selain membuat body bus. Mereka juga berkreasi dengan membuat kendaraan militer. Pada Indo Defence tahun 2016, karoseri dari Kota Pasuruan ini menyumbangkan karya mereka dibidang industri pertahanan dengan membuat kendaraan lapis baja jenis APC (Armoured Personnel Carrier) 4×4. 


Kendaraan ini diberi nama Turangga, yang menarik gan sist. Turangga dibuat dari basis mobil Ford F 550. Seluruh komponen mulai dari setir, chasis, rem, suspensi dan gearbox adalah milik Ford. Mereka hanya mengganti roda serta bodynya saja. Kalau dilihat kendaraan berjenis rantis (kandaraan taktis) memiliki tampilan wajah yang garang, bak tampilan sebuah robot kalau menurut TS.




Turangga dibuat dari basis mobil Ford F 550 ini.

Sumber



Eksterior bagian moncong depannya dibuat sangat lebar gan sist, dengan grill yang cukup banyak. Bumper depannya juga dibuat besar dan lebar dengan ditambahi beberapa lubang. Yang menarik, lampu utamanya sudah menggunakan LED dengan warna biru terang, sesuai dengan perpaduan warna hitam pada bodynya.







Dari Depan.

Sumber



Lanjut ke belakang, ada sebuah pintu untuk keluar masuknya pasukan. Dimana Turangga sendiri memang dibuat khusus untuk mengangkut pasukan, total ada 3 pintu. Dua pintu disamping depan dan satu pintu dibelakang, bagian body samping juga dibekali sekitar 4 kaca berukuran persegi.


Sebagai kendaraan rantis seluruh body Turangga dilapisi proteksi CEN Level B6 (standar kendaraan rantis Eropa), yang sanggup menahan terjangan proyektil peluru kaliber 5,56 mm dan 7,62 mm. Turangga juga dilengkapi proteksi penahan efek ledakan ranjau dan bom rakitan, dengan konstruksi V hull pada bagian kolongnya.


Keempat rodanya juga sudah menggunakan jenis run flat, tipe 20-750 ATR Rubber dengan merek Michelin dengan ukuran 333/80R20. Dimana roda Turangga juga kebal akan tembakan peluru. Selain itu Turangga jiga bisa ditambahkan add-on armor dan kawat kasa yang bisa dipakai untuk pencegahan kerusakan, akibat aksi huru-hara massa.







Foto dari belakang dan samping.

Sumber



Turangga mampu membawa 12 pasukan (termasuk driver) untuk misi penyerbuan, untuk mendukung misi tersebut Turangga dilengkapi dengan upper gun mounting yang dilengkapi kubah semi tertutup pada atapnya. Persenjataan yang dipasang mencakup SMB (Senapan Mesin Berat) 12,7 mm dan pelontar granat otomatis 40 mm.


Turangga juga sudah dilengkapi wall-gun port, universal roof gun mount ring, roof turret untuk senjata mesin kaliber 50, rifle racks dan Customer-Spesific Weapon Systems. Semua itu digunakan sebagai pelengkap Turangga untuk menjalankan misinya.




Sumber


TS gak menemukan foto interiornya gan sist, mungkin yang sudah pernah lihat interiornya bisa menambahkan fotonya nanti. Tapi dibagian interior Turangga sudah dilengkapi peralatan modern seperti interkom, radio dan GPS dengan antena, AC, P3K, serta sistem pemadam kebakaran. Di bagian luar juga dipasang Kamera eksternal, dan juga spionnya sudah elektrik, hal ini menjadi standar Turangga.



Dapur Pacu


Seperti TS tulis diatas, mesin Turangga menggunakan mesin milik Ford F 550. Mesinnya adalah turbo diesel V8 Euro 3 dengan kapasitas 6.700 cc V8, tenaga maksimal mencapai 400 hp dan torsi 1.085 Nm yang diteruskan melalui transmisi otomatis 6 kecepatan. Dengan bobot Taurangga yang mencapai 8 ton, torsi badaknya memang terasa pas untuk digunakan pada rantis dengan penggerak roda 4x4 ini.


Mesin Ford dapat digeber pada kecepatan maksimum hingga 110 km/jam dan jarak tempuhnya mencapai 800 km bila kondisi bahan bakar penuh, tangki bahan bangkarnya mencapai 160 liter. Untuk memperpanjang jarak tempuh, Turangga diberikan ekstra dua tangki bahan bakar dengan masing-masing tangki berkapasitas 20 liter.


Turangga sendiri memiliki panjang 6,47 meter, tinggi 2,48 meter, serta lebar 2,4 meter. Memiliki wheelbase 4,185 meter, serta ground clearance yang cukup tinggi, yakni 650 mm. TS kurang tahu berapa harga untuk rantis ini, mungkin gan sist yang tahu bisa berkomentar dibawah.
Saat ini Turangga bertugas di pasukan Paskhas TNI AU tepatnya di Lanud Sulaeman, Bandung. Seingat TS hanya TNI AU yang memiliki rantis dengan wajah yang seram ini, dimana wajah Turangga lebih seram daripada mobil penculik Indonesia yang legendaris, yakni Toyota FJ40 emoticon-Big Grin




Bertugas di Paskhas AU.

Sumber



Sekian dulu ulasan kendaraan militernya, bagi yang mau mengkoreksi atau menambahkan. TS tunggu kehadirannya dikolom komentar, sampai ketemu dipembahasan alutsista selanjutnya. Enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Tetap sehat, tetap semagat, dan tetap hidup.


Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image
vampiiregaligulagaluorgbekasi67
orgbekasi67 dan 45 lainnya memberi reputasi
44
8.7K
186
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.