vumloAvatar border
TS
vumlo
Diserbu Barang Impor, APD Lokal Hanya Numpuk di Gudang


JAKARTA, HALUAN.CO -Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen (APSyFI) mengungkapkan, alat pelindung diri (APD) produksi dalam negeri kini sudah mencukupi kebutuhan, bahkan ada ratusan stok yang belum terserap.

Mengapa ini penting: Para pelaku usaha di bidang tekstil mengeluhkan besarnya stok APD yang tidak terjual akibat besarnya produk impor yang masuk ke dalam negeri.

Konteks: Setidaknya hingga Mei 2020, arus impor APD masih marak di tengah produksi dalam negeri sudah bergelimpangan.

Apa katanya: “Prakiraan yang terdata kita kemarin hampir sampai 500 ribu pcs. Mungkin sekarang 300 ribu pcs. Itu level 2, 3 dan 4. Level 1 kita nggak tahu karena kebanyakan bikin IKM (Industri Kecil Menengah). Itu data API (Asosiasi Pertekstilan Indonesia) dan APSyFi. Karena saya rasa banyak juga yang tidak terdata,” beber Redma Wirawasta Sekretaris Jenderal APSyFI dikutip CNBC, Senin (27/7/2020).

Stok bisa lebih besar: 500 ratus ribu pcs itu hanyalah bagian dari produk yang sudah jadi, sebagian lainnya masih dalam bentuk kain atau bahan baku. Jika jadi diproduksi, maka angkanya bisa lebih besar lagi.

Langkah penjualan: Pelaku usaha perlu mencari cara agar produknya bisa tetap terserap. Sayangnya, saat ini permintaan APD cenderung sudah menurun. Para rumah sakit saat ini dinilai sudah memiliki banyak stok persediaan. Namun, perlu cara lain agar produk dalam negeri bisa tetap terjual.

“Kita door to door ke dokter, juga rumah sakit jika memang kekurangan. Namun, angkanya tidak terlalu besar karena kebutuhan pun nggak terlalu banyak. Paling sekitar 500 pcs,” jelas Redma.

Harapan ke pemerintah: Membantu pelaku usaha lokal agar bisa melakukan ekspor APD melalui bentuk Government to Government (G2G).

Menurut Redma, sudah ada payung hukum yang memperbolehkan ekspor APD ke luar negeri setelah beberapa waktu ditahan demi menjaga kesediaan produk dalam negeri melalui Permendag Nomor 57 Tahun 2020 tentang Ketentuan Ekspor Bahan Baku Masker, Masker, dan APD.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Anies Klaim Tes PCR di Jakarta Telah Lampaui Standar WHO
2. Warga Miskin Dianiaya Anggota DPRD, Kuku Dicabut Pakai Tang
3. Geger! Jenazah Reaktif Korona Dikubur Masih Pakai Daster
4. Kim Jong Un Hukum Rakyatnya yang Suka Nonton Drakor
5. Lulusan Sarjana di Malang Jadi Kurir Narkoba Tanpa Tarif
anu.ku.l
ariebetadine
van Duke
van Duke dan 24 lainnya memberi reputasi
25
6.6K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.