Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Yuk Kita Kulik Baju Jirah Pembalap Moto GP




Crash! Atau terjatuh sering dialami pembalap motogp, setiap balapan di sirkuit pasti akan ada yang namanya pembalap mengalami yang namanya crash.

Untuk diperlukan perlengkapan baju yang sangat safety, baju jirah pembalap ini disebut juga racing gears. Perlengkapan baju balap memang bukanlah baranya yang murah, karena pada prinsipnya aman dan nyaman harus menjadi prioritas.

Perlengkapan baju balap yang wajib dipakai dimulai dari helm, sepatu, sarung tangan, wearpack, kita akan bahas satu persatu ya gan.

Helm



Bukan rahasia lagi kalau helm pembalap profesional harus memenuhi standarisasi tertentu, bila di Indonesia ada SNI dalam dunia balap semua helm yang digunakan harus lolos Homologasi FIM.

Federasi Balap Motor Dunia (FIM) menginginkan standarnya sesuai dengan FIM Race Helmet Approval Program (FRHAP), saat ini penggunaan helm ini masih di fokuskan pada kompetisi MotoGP, Moto2 ,Moto3, WSBK, dan WSSP serta WSSP300.



Perlu kamu ketahui Indonesia mempunyai produk helm yang berkelas yaitu NHK dan KYT namun apakah lolos verifikasi FRHAP?

Nah disini ane kutip helm apa saja yang sudah lolos standar FIM,

Quote:


Untuk harga dari helm AGV Pista GP R yang dipakai Valentino Rossi seharga seribu Euro bila dirupiahkan sekitar Rp 17,5 juta.


Sarung Tangan Kulit



Hal yang penting selanjutnya adalah sarung tangan, dan bentuk sarung tangan untuk pembalap ini sangat unik dimana jari kelingking dan manis menyatu. Karena rentan akan cedera bila harus dipisah, sarung tangan ini juga harus melindungi pergelangan pada tangan.

Serta ada beberapa pengaman untuk buku-buku jari, ada beberapa merk perlengkapan sarung tangan yaitu Dainese dan Alpinestar, keduanya memang brand ternama di perlengkapan balap.

Dengan material titanium dan serat karbon Dainese menjual replika glove Rossi harganya sekitar 430 Euro bila dirupiahkan sekitar Rp 7,5 juta.

Sepatu Balap



Sepatu Balap juga terbuat dari kulit, namun daya tahan yang harus digunakan lebih kuat dari sarung tangan. Maka tak heran, banyak titik-titik perlindungan yang dimiliki sepatu balap.

Bahan yang dibuat hampir sama dengan sarung tangan, namun lebih banyak penahan untuk safety bahkan harga yang ditawarkan untuk sepatu balap ini harganya cukup mahal sekitar 530 Euro bila dirupiahkan menjadi Rp 9,3 juta.


Racing Suit, Baju Balap



Baju balap ini harus tahan gesekan pada aspal, bahkan bahan kulit yang lembut, ringan dan juga kuat hanya terbuat dari kulit kangguru.

Banyak titik yang di berikan pengaman baik pundak, siku, lutut, dan juga wajib menggunakan air bag untuk memastikan keamanan pada pembalap.

Dipunggung juga terdapat punuk yang berfungsi untuk menyimpan air minum sebanyak 300 ml, dan juga melindungi bagian leher bila terjadi crash.

Dari semua perlengkapan balap racing suit paling mahal, harganya mencapai 4 ribu Euro sekitar Rp 70 juta.

######



Nah itu tadi pakaian balap yang harus dimiliki para pembalap moto gp, bagaimana sudah tidak penasaran lagikan gan.

emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik, klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star


Diubah oleh c4punk1950... 27-07-2020 03:39
isu152
suhartiafandi83
tien212700
tien212700 dan 49 lainnya memberi reputasi
48
7.4K
96
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.