Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
4
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1d73a0facb955cb629621b/kisah-luqman-al-hakim-bersama-anak-dan-keledainya
Luqman bin Unaqa’ bin Sadun adalah salah satu nama orang yang disebutkan dalam al-Quran, tepatnya surah Luqman (31) ayat 12-19. Luqman Hakim namanya mendunia karena nasihat-nasihat kepada anaknya. Luqman Hakim sendiri bukan nabi bukan pula rasul ia memiliki keistimewaan yang mendapatkan anugerah dari Allah Swt, yakni berupa ilmu hikmah. Ilmu nya sangat berguna bagi kepribadian manusia yang gilir
Lapor Hansip
26-07-2020 19:14

Kisah Luqman Al-Hakim bersama anak dan keledainya

Kisah Luqman Al-Hakim bersama anak dan keledainya

Luqman bin Unaqa’ bin Sadun adalah salah satu nama orang yang disebutkan dalam al-Quran, tepatnyasurah Luqman (31) ayat 12-19. Luqman Hakim namanya mendunia karena nasihat-nasihat kepada anaknya.

Luqman Hakim sendiri bukan nabi bukan pula rasul ia memiliki keistimewaan yang mendapatkan anugerah dari Allah Swt, yakni berupa ilmu hikmah. Ilmu nya sangat berguna bagi kepribadian manusia yang gilirannya akan bermanfaat bagi orang disekitarnya, juga bagi alam semesta. 

Jadi, jika kalian di hina atau di caci maki karena melakukan sesuata hal benar menurut kamu dan merasa putus asah karena mendengar hinaannya. Na, kali ini saya akan membahas kisah Luqman Hakim beserta anak dan seekor keledainya.

Di suatu padang pasir yang sangat terik ia pun membawa anaknya menuju suatu kota ke Istambul dengan menggiring seekor keledai ikut berjalan bersamanya. Tjuan ke Istambul untuk menjual keledainya di pasar.

Ketika Lukman dan anaknya lewat di hadapan seorang lelaki, lelaki itu berkata ke pada keduanya.

Quote:Lelaki : mau kemana pak ?


Quote:Luqman : Mau ke pasar. Saya mau jual keledai saya ini kepasar, Cuma keledai satu-satunya ini harta yang bisa dijual untuk memenuhi kebutuhan hidup kami. Ya terpaksa ini kami lakukan karena belum ada cara lain.


Quote:
Lelaki  : Aku sunggu heran kepada kalian, mengapa keledai yang kalian bawa tidak kalian tunggangi? Kasihan kan anak bapak, berjalan kaki.


Quote:
Luqman :  Iya yah. Terima kasih atas sarannya.



Menuruti saran lelaki tersebut maka sang bapak menaikkan anaknya ke keledai.
Keledai dinaiki sang anak, sementara sang bapak menuntun saja. Mereka pun melanjutkan perjalanannya. Didalam perjalanan mereka berpapasan sama dua orang perempuan menatap heran kepada si Luqman.

Quote:
Perempuan : Dasar anak tidak tau diri. Masak bapaknya di bawah menuntun keledai. Anaknya enak-enakan naik keledai. Tidak sopan. Pantasnya bapaknya yang sudah tua yang naik dan anaknya yang menuntun. Itu baru namanya anak berbakti.



Quote:Luqman : Oh iya yah,


Mereka pun bertukar tempat lagi, Sang bapak naik keledai sedangkan anaknya yang menuntun. Mereka pun melanjutkan perjalanannya, didalam perjalanannya mereka berpapasan lagi sama seorang lelaki.

Quote:
Lelaki : Dasar bapak tidak sayang anak. Masak ia enak-enakan naik keledai, sementara anaknya yang menuntun. Orang tua macam apa itu yang tidak sayang sama anaknya.




Quote:
Luqman : oh iya yah,



Untuk menuruti saran lelaki itu Luqman dan anaknya naik bersamaan di keledai.  Dan mereka pun berharap ini adalah cara terbaik dan tidak adalah lagi cacian atau hinaaan dalam perjalanan berikutnya. Pas di perjalanan merekan pun bertemu sama seorang lelaki lagi.

Quote:
Lelaki :Dasar manusia tidak tau peri kehewanan. Tidak punya rasa belas kasihan apa. Masak keledai yang kurus kering itu  dinaiki dua orang ,benar-benar biadab kamu.



Jadi, apa hikma dari perjalanan bapak sama anaknya ini agan-agan:

Ya, begitulah dalam hidup ini, apapun yang kita lakukan tetap aja ada pro dan kontra. Tetap ada yang berpendapat berbedah-bedah. Punya sudut pandang yang  tidak sama dengan kita. Kita tidak mungkin dapat memenuhi semua saran orang.

Makanya yang penting bila kita mendapat kritik atau saran jangan langsung diterima tetapi dikaji terdahulu dan sebagai manusia kita harus punya prinsip atau pandangan tersendiri jika menurut kita itu merasa benar, ya agan.
 


Setelah sampai dipasar anaknya pun bertanya kepada bapaknya.


Quote:
Anaknya: Apakah yang dapat merusak diri manusia pada awalnya?




Quote:
Luqman: Lidah dan hati manusia dan keduaya juga yang menjerumuskan manusia kepada kehinaaan.



Al-hikmah sendiri memiliki beragam makna yang di antara: meletakkan segala sesuatu pada tempatnya, selalu benar dalam ucapan dan perbuatan, mengukuhkan sesuatu dengan ilmu dan amal, kepahaman dan kecerdasan, atau mengetahui apa yang terjadi dan melakukan kebaikan.

Kata al-hikma juga bisa diartikan rangkaian kata-kata yang menjadi bahan renungan dan telah mengalir dari satu generasi ke generasi yang lain. Untaian kata yang bisa membuat seseorang tidak lagi melulu cinta harta duniawi juga bisa disebut al-hikma.

Naa, itu tadi agan-agan kisah bapak bersama anak dan keledainya. Jadi, jika mendapat cacian atau hinaan jangan langsung dikasih masuk dalam hati. Kaji dulu kalau emang itu benar maka lakukanlah jika tidak maka tinggalkanlah karena manusia berbedah-bedah semua pendapatnya intinya harus punya prinsip dalam hidup ini.

Ok, sampai sampai jumpah lagi agan-agan......


profile-picture
flothermow memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Kisah Luqman Al-Hakim bersama anak dan keledainya
27-07-2020 23:15
Salah satu cerita yang pernah ane baca waktu SD tapi selalu ingat sampe sekarang. dan menurut ane relevan banget dengan kehidupan jaman sekarang ya
0 0
0
Kisah Luqman Al-Hakim bersama anak dan keledainya
28-07-2020 04:46
iya bro
0 0
0
Kisah Luqman Al-Hakim bersama anak dan keledainya
28-07-2020 05:48
Emang ribet urusan ama manusia emoticon-Mewek
Tapi ama yg maha tunggal tentu Baik2sajaemoticon-Cool
Kurang satu lg gan
Keledainya di gotong berduaemoticon-Ngakak
Diubah oleh flothermow
0 0
0
Kisah Luqman Al-Hakim bersama anak dan keledainya
28-07-2020 20:55
Ini jaman SD dan SMP adalah materi andalan kalo kita lagi ditunjuk kultum di sekolah nih wkwk
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia