extreme78Avatar border
TS
extreme78
Ceramahnya Dipersoalkan, Tengku Zulkarnain Bikin Kicauan Begini


AKURAT.CO, Ceramah Wakil Sekretaris Jenderal MUI Ustaz Tengku Zulkarnain tentang perbedaan gaya bahasa dakwah ustaz asal Jawa dan Sumatera menjadi perbincangan di media sosial. Beberapa pihak menilai ceramah Tengku berpotensi menyulut persatuan antar etnis.

Di tengah perbincangan itu, Tengku membuat sebuah kicauan lewat akun Twitternya @ustadtengkuzul yang seolah-olah menepis tudingan tersebut. Begini kicauannya.

"Bhinneka Tunggal Ika itu artinya berbeda-beda tapi tetap satu (dalam wadah NKRI). Kalau semua mesti SAMA namanya Ika Tunggal Ika bukan Bhinneka Tunggal Ika," katanya, Sabtu (25/7/2020).

Sebelumnya, Pengacara Muannas Alaidid menilai ceramah Wakil Sekretaris Jenderal MUI, Ustaz Tengku Zulkarnain berpotensi membangun kebencian antar etnis.

Dalam ceramahnya, Uztaz Tengku mengatakan bahwa gaya ceramah ustaz asal Jawa dan Sumatera berbeda. Kata dia, ustaz asal Jawa cenderung menyampaikan dakwah secara halus dan sopan, sedangkan ustaz asal Sumatera menggunakan gaya bahasa yang keras.
"Saya yakin tak ada yang minta @ustadtengkuzul. untuk ceramah dengan gaya suku tertentu, jangan karena tidak suka dengan presiden, Anda pidato & melontarkan kata-kata di umum yang membangun kebencian & rasa benci pada orang dengan sentimen etnis, Anda bisa dituntut dengan UU 40/2008 tentang Penghapusan Diskriminasi Ras/etnis," kicau Muannas menggunakan akun Twitter @muannas_alaidid dilihat AKURAT.CO, Sabtu (25/7/2020).

Selain itu, Muannas menuturkan bahwa Tengku terindikasi melanggar Pasal 156 KUHP yang berbunyi; barang siapa di muka umum menyatakan permusuhan, kebencian atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia, diancam dengan pidana penjara paling lama empat tahun atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah.

"Indikasi pidana oleh @ustadtengkuzul tergambar dalam ceramah itu membangun rasa permusuhan antar etnis Jawa & Sumatra sebagaimana UU No. 40/2008 & Pasal 156 KUHP, ini bukan delik aduan bisa diproses tanpa laporan. Kita lihat perkembangan kalau tidak, terpaksa harus ada pihak yang inisiatif buat laporan," kata Muannas.


[url]https://m.akuraS E N S O Rid-1176631-read-ceramahnya-dipersoalkan-tengku-zulkarnain-bikin-kicauan-begini[/url]

Bicara perbedaan tapi satu jua bukan berarti perbedaan itu jadi ajang bullian ente.
Ente itu penceramah agama dan harusnya bicarakan inti pengajaran agama bukan bicara menghina sesamamu.
Gimmick ente saat ceramah itu terlihat bahwa ente memperolok gaya ulama jawa dan juga memperolok tata krama orang jawa.
Saat gerakan ente seolah2 mencabut keris secara slow motion dan saat ente berbicara dengan pelan di depan publik terlihat gimmick ente mengolok dan ane rasa orang normal yg melihatnya pasti tau ente sedang memperolok kebiasaan suku lain.
Bukti konkritnya audience disana tertawa terbahak2 dan ente seperti menikmati bukan menegur mereka
Kemudian ente bercerita bahwa seseorang yg mengikuti takbligh akbar di sumatera dengan ulama jawa sebagai penceramahnya ketika pulang dan di tanya apa isi ceramah tadi,seseorang itu hanya menjawab salam pembuka setiap ceramah dan tidak tau kelanjutannya karna sangking pelannya dan dia tertidur.
Ane sempat visit twitter ente dan ente menanyakan dimana menghinanya ketika gus sahal bertanya.
Prilaku ente sudah kelewat batas dan harusnya aparat sudah turun tangan.
emoticon-Cool
Diubah oleh extreme78 26-07-2020 11:57
SoupAyam
Kagemane4869
akubebe
akubebe dan 58 lainnya memberi reputasi
53
14.8K
283
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.