News
Batal
KATEGORI
link has been copied
34
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1ccb40facb9523df1eb0f0/menko-luhut-kedatangan-500-pekerja-asing-akan-ciptakan-5000-tenaga-ahli-baru
Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, meminta masyarakat tidak mempersoalkan kembali kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) dari China. Sebab, kehadiran TKA itu justru akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. "Kemarin ada datang 500 TKA. Anda tahu 500 ini ciptakan 5.000 ahli. Bukan lapangan kerja tukang pacul, tidak lapang
Lapor Hansip
26-07-2020 07:16

Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru

Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru


Merdeka.com - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, meminta masyarakat tidak mempersoalkan kembali kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) dari China. Sebab, kehadiran TKA itu justru akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

"Kemarin ada datang 500 TKA. Anda tahu 500 ini ciptakan 5.000 ahli. Bukan lapangan kerja tukang pacul, tidak lapangan kerja operator," kata Menko Luhut dalam webinar di Jakarta, Sabtu (25/7).


Dia mengatakan dengan keberadaan TKA di Indonesia, secara otomatis membantu masyarakat di Tanah Air. Sebab, masyarakat Indonesia akan diberikan bekal pelatihan baik secara teknologi maupun keahlian.

"Jadi kalau ada yang ribut-ribut itu Anda merusak masa depan republik dan masa depan generasimu," tegas dia.


Sebelumnya, Juru Bicara Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi membeberkan alasan pemerintah yang berencana mendatangkan 500 tenaga kerja asing (TKA) China ke Morosi, Konawe, Sulawesi Tenggara beberapa waktu lalu. Menurutnya, kehadiran TKA tersebut diperlukan untuk mempercepat pembangunan smelter dengan teknologi RKEF dari China.

Dia menyadari teknologi RKEF China, bisa bangun secara ekonomis, cepat, dan memiliki standar lingkungan yang baik. Teknologi ini juga menghasilkan produk hilirisasi nikel yang bisa bersaing di pasar internasional.

"Kenapa butuh TKA dimaksud? Karena mereka bagian dari tim konstruksi yang akan mempercepat pembangunan smelter dimaksud. Setelah smelter tersebut jadi, maka TKA tersebut akan kembali ke negara masing-masing," kata dia.

Dia menekankan, kehadiran TKA asal China tersebut juga tidak akan menggerus tenaga kerja dari dalam negeri. Sebagai contoh, seperti di IMIP yang ada di Morowali, saat ini mayoritas sudah beroperasi secara penuh, walaupun masih ada sedikit progress pembangunan fasilitas hilirisasi nikel yang sedang dikembangkan.

Pihaknya mencatat, tenaga kerja lokal di sana saat ini adalah 39.500 sementara yang TKA ada 5.500. Jadi jumlah TKA kira-kira hanya 12 persen dari total pekerja. "Saya yakin jika proses pembangunan smelter yang baru sudah selesai jumlahnya pun akan turun," kata dia.

https://m.merdeka.com/uang/menko-luh...ahli-baru.html

Mencitrakan Naker Tiongkok dengan SKILL dan Naker Indonesia UNSKILL adalah sebuah kebodohan dan menyiratkan ketidak percayaan diri sebagai sebuah bangsa

Apalagi ini dilontarkan oleh seorang menko yang bisa dibilang Public Figure atau Bapak Bangsa

Apalagi setelah ditelusuri Tenaga ber SKILL yang ditinggikan dengan PROFESSIONAL, ENGINEER dan TEHNISI disini terlacak hanya dipekerjakan untuk posisi SOPIR DUMB TRUCK yang mengakibatkan kecelakaan hingga meninggal

Jadi ini SANDIWARA APALAGI YANG DIMAINKAN, apalagi dengan pengkotakan itu Naker Tiongkok dapat Gaji 10X lipat dari Naker Lokal

Sebegitu Tidak Percayannya kepada bangsa sendiri emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh 121131
profile-picture
nomorelies memberi reputasi
1
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 07:16
Ahli ngibul apa ahli surga
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 07:37
Kalau sopir truk tambang ngga usah impor di kita banyak bahkan ada yang perempuan juga
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 07:51
Bilang aja indonesia punya hutang dan memasukkan TKA adalah cara untuk berterima kasih emoticon-Angkat Beer
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 07:56
mentri perwakilan tka menlen udah ngomongemoticon-Ultah
profile-picture
profile-picture
Sinkhole dan adamyvon memberi reputasi
2 0
2
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 07:58
Hmm..mantan TNI ..ngaku nasionalis..
Tapi selalu membodoh2in bangsa sendiri..

Toh tambang freeport yg jauh lebih besar itu tenaga kerjanya indonesia.direkturnya bahkan juga indonesia..
profile-picture
adamyvon memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 07:58
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
profile-picture
profile-picture
Gurabessi dan adamyvon memberi reputasi
2 0
2
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 08:02
Dari cina
Bersama cina
Untuk cina

emoticon-Selamat
profile-picture
Sinkhole memberi reputasi
1 0
1
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 08:57
di sisi lain kadrunal akan semakin sulit merekrut kadrun kadrun baru
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 09:59
Pemerintah harus berani menjalankan program investasi...toh cuma ada oposisi lemah macam PKS & PAN yg kalo digabung cuma 16% suara di DPR...
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 10:15
hahahaha ada tka yang nyupir alat berat ngelindes orng indo. kyke ada berita nya deh.
skill mantap
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 10:33
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru

Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru

Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru

https://lintassultra.com/2020/07/06/...lima-ribu-tkl/


Pemkab Konawe sudah tanda tangani MoU dengan PT VDNI dan PT OSS dan sebanyak 5.000 karyawan lokal akan direkrut kemudian nantinya akan ditempatkan di PT VDNI dan juga PT Obsidian Stainless Steel (OSS) yang sama-sama berada di Kawasan Industri Morosi, Kabupaten Konawe.

Lucu kalian yang nolak² padahal malah menyerap ribuan tenaga kerja loh...duh.


https://suaraindonesianews.com/news/...a-kerja-lokal/

https://beritakotakendari.com/2020/0...utan-karyawan/

https://detiksultra.com/dpp-lat-sult...a-kesepahaman/

https://m.antaranews.com/berita/1597...ga-kerja-lokal

Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
https://m.detik.com/finance/berita-e...-pekerja-lokal
profile-picture
121131 memberi reputasi
1 0
1
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 11:36
Apapun pembelaan akan dilakukan luhut jika sudah menyinggung tenaga kerja china emoticon-Ngakak
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 11:49


Dari Berita jawa pos ini terlihat bahwa 500 tenaga kerja itu Fake

Karena menurut pekerja disana perbandinganya Lokal 1:3 Cina

Data Perangkat Desa vs Disnaker vs Imigrasi sangat Jauh Berbeda



Quote:Miris! Ini Perbandingan Gaji Pekerja Lokal dan TKA Tiongkok di Konawe, Sultra

JawaPos.com – Desa Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) kebanjiran tenaga kerja asing (TKA). Mayoritas bekerja di proyek smelter nikel PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). Seorang pekerja lokal, M. Fajrian mengatakan, TKA yang bekerja di kawasan tersebut lebih banyak daripada pekerja Indonesia.

Perbandingan pekerja Indonesia dengan Tiongkok 1:3. Pekerja asing yang tidak tercatat itu dipastikan sebagai tenaga kerja kasar. Mereka menduduki posisi di level bawah, buruh. Mereka biasanya kabur saat ada operasi imigrasi dan ketenagakerjaan. Karena itu, penertiban terhadap mereka sulit untuk dilakukan.

Imbalan mereka pun lebih besar daripada penduduk lokal yang bekerja di posisi yang sama. "Kalau kami (pekerja lokal, Red) Rp 90 ribu per hari, mereka (pekerja kasar Tiongkok, Red) bisa Rp 400 ribu sehari," beber Fajrian, yang juga buruh kasar.


Seperti diberitakan, secara kasatmata, begitu banyak TKA yang menjadi buruh di Konawe. Area di sekitar Kawasan Industri Konawe saat sore, ketika jam pulang kerja, serasa satu perkampungan yang berada di Tiongkok. Di warung-warung orang bercakap Mandarin.

Pun demikian halnya di pasar, orang tawar-menawar dalam bahasa Mandarin.

Data yang disebutkan perangkat Desa Morosi, tercatat 1.913 warga negara asing (WNA) yang bekerja di kawasan industri itu. Mayoritas bekerja di proyek smelter nikel PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI). Mereka tinggal di barak penampungan dalam kawasan proyek penanaman modal asing asal Tiongkok tersebut. Sebagai catatan, pembangunan smelter itu menelan dana lebih dari Rp 62 triliun.

"Kalau imigrasi dan ketenagakerjaan mau bekerja sama dengan pihak desa, mereka pasti panen,"
kata salah seorang tokoh agama Desa Morosi kepada Jawa Pos (30/12).

Memang, bila dikroscek dengan data imigrasi Sulawesi Tenggara, jumlah TKA yang terdaftar sangat sedikit. Catatan pihak imigrasi menunjukkan, hanya 609 WNA yang bekerja di perusahaan tersebut. Sementara itu, pihak dinas ketenagakerjaan dan transmigrasi (disnakertrans) setempat mengatakan, ada 739 TKA yang bekerja di seluruh Sultra. Artinya, ada begitu banyak TKA yang belum terdaftar. Mereka hampir pasti menjadi TKA ilegal. (tyo/jun/ang)

https://www.jawapos.com/jpg-today/02...konawe-sultra/



Diubah oleh 121131
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 12:33
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
Orang luar konawe emang paling suka ribut
Apalagi kadrun kadrun asu
Ga bikin pabrik malah ngerusuh tokemoticon-Marah
Diubah oleh albetbengal
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 12:53
perdana mentri meremehkan skill anak negeri sendiri.
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 13:18
sekarang banyak proyek investasi itu sifatnya turnkey, jadi minta dana pinjaman, pembangunan dibuat oleh kontraktor & peralatan dari negara asal. ini untuk bantu ekonomi negara asal & kurangi pengangguran di sana, selain memang selesainya lebih cepat, tau beres. apa yang dikatakan LBP sudah tepat, yang nggak paham sih cuma bisnisnya level warung berarti.
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 13:34
alhamdulillah akhirnya orang cina bisa bekerja disini tanpa takut di ganggu kadloen karena lord luhut siap buldozer siapa aja yang berani macam-macam.
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 14:56
opung setronkemoticon-Matabelo
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
26-07-2020 18:49
nanti kalau meresahkan balikin aja ke cina
0 0
0
Menko Luhut: Kedatangan 500 Pekerja Asing Akan Ciptakan 5.000 Tenaga Ahli Baru
27-07-2020 22:29
Kadrun memang sulit memahami ini... nggak heran lihat komentar kadrun aneh2 dan nggak nyambung, lebih kepada kesempatan utk pelampiasan kedengkian
0 0
0
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia