neymevleviAvatar border
TS
neymevlevi
Siapa Dalang Pembuat Tahu Bulat Sebenarnya


Saat banyak judul tulisan mengusung nama kelepon, tapi saya nekat nulis soal tahu. Karena menurut saya dari dulu kelepon itu ya bulet, tekstur dan isinya pun begitu dari dulu. Tak ada yang ambigu dari makanan yang warna khas nya ijo ini, dan bagian luarnya pun masih taburan kelapa bukan berganti wijen kayak onde-onde.

Tapi berbeda dengan tahu bulat, Mengapa?, Karena jelaslah tahu kan bentuknya kotak dari dulu, entah siapa sebenarnya otak dibalik dalang metamorfosis tahu yang tadinya kotak tiba-tiba menjadi bulat ini.

Nama atau kata tahu bulat ini seakan mendobrak tatanan faham dan keyakinan masyarakat Indonesia terhadap makanan khas tradisionalnya. Bayangkan saja saat mendengar kata tahu, yang muncul di otak kita adalah bentuk kotak kan?. Tapi nama ini mengusung essensi bentuk lain dari normalnya tahu, yaitu 'TAHU BULAT".

Jadi tak heran jika di awal kemunculan jajanan atau makanan dengan genre bentuk baru ini sangat menyita perhatian dan laris manis di pasaran. Tahu yang semula dominan dengan kotak tiba saja menjadi bulet atau bulat, tak hanya itu bagian dalamnya pun berasa karena ada unsur bumbu. Kalau tahu original alias tahu kotak kan yang berasa bumbu hanya bagian luar saja. Tapi ini beda karena tahu bulat di buat dengan menghancurkan tahu yang tadinya kotak kemudian di tambahkan beberapa bahan baru dan bumbu lalu di bikinlah itu bentuk baru, yaitu bulat.

Malah di sebagian wilayah ada hal yang lebih mengejutkan lagi, karena saat tahu bulat ini digigit ternyata didalamnya ada telurnya. Sungguh tak seperti tahu goreng pada umumnya kan.

Menurut sampean, ataukah apakah anda tahu, dari mana muasal perkara ini di mulai?. Jujur saya ngertinya saat makanan ini (tahu bulat) sudah nangkring di top list 10 besar jajanan siap makan di pasar, warung atau pedagang asongan. Dan saya pun tak menepis kalau itu memang enak. Namun masalahnya disini bukan soal enaknya, melainkan soal perubahan bentuknya ini loh.

Jadi jika dari agan-agan sekalian ada yang tahu kronologi lengkap dari munculnya tahu bulat ini tolong infokan di kolom komentar, atau bahkan lebih baik lagi jika kaskuser disini ada yang tahu siapa dalang pemilik ide dari gerakan tahu kotak menjadi tahu bulat ini, segeralah komentar atau PM akun saya ya.

Jadi soal kelepon abaikan saja, karena saya kira masalah tahu bulat ini lebih layak di perbincangkan. Sebab tahu yang dirasa kodratnya adalah kotak, tiba-tiba saja memproklamirkan wujud barunya yaitu bulat. Dan saya yakin kalian mengakui kan kalau tahu adalah salah satu makanan khas ala indonesia.


Sumber : Opini pribadi
rirandara
trifatoyah
salilasa
salilasa dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.8K
73
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
Lifestyle
icon
10.4KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.