others
Batal
link has been copied
151
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f186c0aaf7e935fe45427a5/coc-reg-tangerang-minuman-enak-segar-dan-bermanfaat-khas-tangerang-cobain-yuk
Terkenal dengan sebutan “Penyangga Ibu Kota”, Tangerang memang menjadi salah satu kota teramai di Indonesia. Keramaian Tangerang pun bukan tanpa alasan, mengingat wilayahnya yang berdekatan dengan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, jadi terkena imbas ramainya.
Lapor Hansip
22-07-2020 23:40

[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!

Past Hot Thread
Segarnya minuman khas Tangerang yang menyehatkan!


[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!

Terkenal dengan sebutan “Penyangga Ibu Kota”, Tangerang memang menjadi salah satu kota teramai di Indonesia. Keramaian Tangerang pun bukan tanpa alasan, mengingat wilayahnya yang berdekatan dengan Jakarta sebagai ibu kota Indonesia, jadi terkena imbas ramainya.

Melihat Tangerang ini ane jadi teringat satu sinetronnya yang bagus, Si Doel Anak Sekolahan, yang kental sekali budaya Betawinya. Meski nonton berkali-kali tak ada bosan.

Satu hal yang teringat lagi di benak ane adalah cuaca daerah pinggiran Jakarta yang full polusi dan panas. Apalagi cuaca panas seperti sekarang ya. Kira-kira enaknya ngapain ya di cuaca panas? Yup minum es!

Ane akan menampilkan minuman es khas Tangerang yang enak banget dan bermanfaat baik bagi tubuh, Tak lupa ane menyertakan juga resepnya yang bisa agan sista praktekkan di rumah. Cekidot.


1. Es Kuwut :

[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!

Es kuwut adalah es buah yang dikombinasi dengan es buah jenis lain. Berbahan utama kelapa muda atau degan kemudian dicampur dengan melon dan juga biji selasih serta yang paling bikin ane ngeces adalah kesegarannya karena adanya tambahan jeruk nipis, so pasti membuat minuman ini mempunyai rasa yang manis, sedikit asam dan segar.

Satu porsi es kuwut kabarnya hanya dibanderol dengan harga 8 ribu rupiah saja loh GanSist. Enak dan segar juga ramah di kantong ya.

Es kuwut, mengapa disebut kuwut? Kuwut ternyata adalah kelapa. Kalau di jawa populer sebagai kambil ya, kalau muda disebut degan. Dan meski es kuwut ini diklaim asalnya dari Bali, rupanya ngetop di Tangerang juga. Yah gapapa deh.

Mau tau cara membuat es yang segernya merasuk ke dalam sukma ini? Kuy ikutin resepnya, cekidot :

Quote:Es Kuwut

Bahan:
1. 1 buah melon ukuran kecil
2. 1 buah kelapa muda
3. Jeruk nipis atau jeruk peras secukupnya
4. Biji selasih secukupnya, rendam air panas terlebih dahulu
5. Sirup melon secukupnya
6. Air es secukupnya
7. Es batu secukupnya

Cara membuat:

1. Serut melon dan kelapa muda.
2. Tuangkan air jeruk nipis atau jeruk peras dan selasih.
3. Masukkan air es secukupnya.
4. Masukkan sirup melon dan aduk rata.
5. Sajikan dingin dengan tambahan es batu.
6. Es kuwut pun siap dihidangkan.

Mudah sekali bukan? Selamat mencoba!


2. Bir Pletok

[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!

Sejarah adanya bir pletok bagi masyarakat Tangerang atau suku Betawi adalah sebagai penangkal adanya miras yang dikonsumsi penjajah Belanda. Seperti kita tahu bagai pemeluk agama islam, miras dilarang jadi untuk membuat tandingan, dan halal juga malah menyehatkan, dibuatlah bir pletok ini.

Pletok, unik bin lucu ya namanya GanSist. Begini sejarahnya kenapa disebut bir pletok. orang-orang Betawi dahulu membuat minuman bir ini ditaruh di bumbung (selongsong bambu) yang diisi es dan bumbung yang terkocok-kocok tersebut mengeluarkan bunyi pletak pletok. Menirukan bartender ya, tapi memakai bumbung. Dari situlah asal usul nama bir pletok berasal. Wealah gitu toh!.

Bir pletok yang tidak mengandung alkohol sama sekali ini, terbuat dari campuran berbagai jenis rempah rempah dan ditambah dengan kayu secang agar warnanya lebih menarik. Jika di seduh, bir pletok akan berwarna kemerahan. Bir pletok ini bukan minuman yang memabukkan, malahan, bir pletok ini merupakan minuman yang berkhasiat untuk kesehatan. Di Tangerang Selatan ada bir plethok dengan merk Bang Plethok yang sangat terkenal.

Bagaimana cara membuatnya? Simak resepnya kuy!

Link youtubenya :


Simak juga manualnya :

Quote:Resep bir pletok :

Bahan-bahan yang dibutuhkan ialah jahe 250 gram, kemudian cengkeh, biji pala, lada, sereh, dan kapulaga masing-masing tiga gram. Lalu kayu manis 30 gram, daun pandan tujuh lembar, daun jeruk enam lembar, serta gula manis satu kilogram. Semuanya untuk membuat bir pletok sebanyak enam liter, sehingga sediakan air enam liter.

Untuk warnanya sediakan kayu secang secukupnya. Selanjutnya jahe, biji pala, lada, kapulaga, dan sereh digeprek hingga pecah atau hancur. Masukkan ke panci yang sudah berisikan air dan dipanaskan menggunakan api sedang.

Selanjutnya masukkan rempah lainnya mulai dari daun pandan, daun jeruk, cengkeh, dan kayu manis. Sambil diaduk, masukkan juga gula sesuai selera manisnya. Satu rempah yang belum dimasukan ialah kayu secang. Kayu secang sendiri berfungsi untuk pewarnaan. Semakin banyak semakin merah, tentu dengan kualitas secang yang bagus.

"Kayu secang harus dimasukkan sendiri di akhir, dan dia sangat bergantung sama panasnya air supaya keluar warnanya. Jadi usahakan air sudah panas sekali, hampir mendidih," 

Setelah mendidih, tutup panci dan diamkan selama 20-25 menit dalam keadaan kompor menyala. Taufiq menjelaskan ini berfungsi menyempurnakan warna dan rasa, mengeluarkan sari-sari rempahnya ketika suhu air mendidih. Setelah itu tiriskan dan siap dihidangkan.


Apabila anda gak mau repot membuat, banyak bir pletok botolan 500 ml seharga 20 ribu saja, maupun dalam bentuk sachet, dijual sekarang. Sip.


3. Sirup Rosella

[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!


Sirup rosella adalah produk minuman khas olahan IKM Kabupaten Tangerang yang tengah dikembangkan dan diproduksi secara massal. Sirup ini enak dicampur dengan air dan tambahan es batu kecil. Ciri khas sirup rosella fresh ini adalah segar, nikmat, asam sedikit dan tidak mengandung pemanis, pewarna, dan juga pengawet buatan berbahan kimia. Selain menyegarkan, sirup ini juga bisa membantu mengurangi kekentalan darah, mencegah peradangan saluran ginjal, dan juga detox tubuh. Top banget ya.

[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!

Simak pembuatannya dalam video youtube berikut ini :



Simak manualnya :
Quote:
Sirup Rosella :

Bahan:

100 gram bunga rosella
800 gram gula pasir
1 liter air
Vanili, kayu manis, mint (bisa disesuaikan selera)

Alat :

Panci
Kompor
Sendok
Botol kemasan
Baskom/wadah
Saringan

Cara Membuat :

-Bersihkan atau cuci bunga rosella hingga tidak ada kotoran yang menempel.

-Siapkan air lalu rebus bunga rosella hingga air mendidih dan warna merah berasal dari bunga sudah terlihat pekat.

-Pisahkan bunga rosella dengan air rebusan, masukkan gula dan vanila atau perasa lainnya dan diaduk hingga mengental.

-Dinginkan sirup rosella, jika sudah dingin maka sirup rosella sudah siap untuk dimasukkan dalam botol kemasan.



Demikian GanSist, minuman khas Tangerang lengkap dengan resepnya. Semoga dapat membuat kesegaran baru dalam hidup kita. Aamiin. Jumpa lagi di thread mendatang, salam santun dan stay save!


[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!


🍷🍷🍷



Ngawi, 22072020








Sumber narasi opri by @riwidy

Referensi dan gambar :

satu , dua, tiga , empat , lima, enam, tujuh
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 58 lainnya memberi reputasi
57
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 4
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 08:08
wiih mantap dan segar segar niih minumannya.. huhu jadi pengen banget buat niih gan
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 08:20
bir pletok mirip ama yg di jakarta
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 08:23
liat es kuwuut seger banget
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 08:39
seger katanya tuh gan emoticon-Big Grin
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 09:05
Es kuwut sepertinya seger banget ya,pingin nyobain emoticon-Big Grin
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 09:41
Wah mantulll dulu pernah punya tanaman rosella
profile-picture
b4perman memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 10:37
WAHHH
rekomendasi banget soih minuman minuman ini
membuat dahaga hilang seger bangtet
0 0
0
Post ini telah dihapus
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 12:47
ES kuwut segerr waduh jadi pingin minum yang segar2
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 16:33
yang sering ane minum itu es kuwut. wah itu nyegerin parah, apalagi pas buka puasaemoticon-Cendol Gan
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 17:00
baru denger gan haha di tempat lain jarang dijual ya kaya es kuwutini, pdhl kayaknya segerr
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 17:27
Paporit ane tetep eskuwut

2 tahun tinggal di purwakarta, jadi minuman wajib ane kalo pas malming disana, di pinggir Jl. Taman Pahlawan
Behhh
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 19:00
Jadi pengen buat es kuwut keliatannya seger gitu es nya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 20:47
siapa disini yg blm pernah nyoba bir pletok?
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 21:39
Begitu segarnya dan sangat menggoda warna kehijauannya..bikin lidah ini menggeliat dan tenggorokan ini juga sudahh ingin merasakan kesegarannya..
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 22:21
Wahh keliatannya enak² ntuh minumannya gan 😁, ada juga minuman dengan bahan tradisional pasti rasanya juga tradisional bgt ntu 👌
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 23:02
es kuwud sih seger benerrr, lgsg berasa ngecap melonnya ane wkwkw
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
24-07-2020 23:27
enak gan...
nice nih, seger emoticon-Big Grin
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
25-07-2020 10:50
Wahhhh segerrrr nihhh hmmmm
0 0
0
[Coc Reg. Tangerang] Minuman Enak, Segar, dan Bermanfaat Khas Tangerang, Cobain Yuk!
25-07-2020 15:48
wah daerah ane nih hehe..tp jujur klo es kuwut malah ane ga tau tp klo sirup rosella enak dulu nyokap ane sering bikin,,enak dan bermanfaat buat badan..emoticon-Toast
0 0
0
Halaman 3 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia