kepala.kombedAvatar border
TS
kepala.kombed
Muallaf Center, Inovasi Kemenag Pangkalpinang Merangkul dan Perkuat Keyakinan Muallaf
hat foto
Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H. Abdul Rohim, S.Ag., M.H. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang kembali melakukan inovasi dengan membentuk Muallaf Center sebagai wadah Pembinaan bagi para Muallaf pasca memeluk agama Islam dalam upaya merangkul dan memperkuat keyakinan para mualaf.


Pembentukan Muallaf Center tersebut berawal dari ide Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, H. Abdul Rohim bersama dengan Kasubbag tata Usaha, Eyde Tusewijaya dan Ketua Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) Agama Islam, Ustadz H. Ahmad Fadli yang menginginkan adanya suatu wadah bagi para muallaf untuk mendapatkan pembinaan secara terkoordinir dan berkesinambungan.


Sehingga pada akhirnya dibentuklah formatur kepengurusan Muallaf Center Kota Pangkalpinang berdasarkan hasil rapat antara Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang, Kasubbag Tata Usaha beserta pihak terkait lainnya pada Rabu, 16 Juli 2020.


Formatur Kepengurusan tersebut nantinya akan dikoordinasikan dengan pihak Pemerintah Kota Pangkalpinang sebagai penanggung jawab untuk kemudian dikukuhkan dan dilegalisasi.

Kepala Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang memfasilitasi keberadaan Muallaf Center dengan memberikan izin pemakaian satu gedung milik Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang yang berlokasi di samping KUA Kecamatan Gabek untuk digunakan sebagai Sekretariat Muallaf Center.


Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang, H. Abdul Rohim.


“Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Muallaf adalah orang yang memiliki kecenderungan hati kepada Islam dan kecenderungan hati tersebut direalisasikan dengan ucapan syahadat, sehingga kemudian mereka memeluk Islam,” tutur Rohim dalam rilis kepada bangkapos.com, Jumat (24/7/2020).


Lebih lanjut ia mengatakan setelah beralih keyakinan, para muallaf akan mengalami banyak problem oleh karena itu diperlukan adanya pembinaan berkelanjutan agar mereka bisa mengerti dan memahami ajaran agama Islam, serta diharapkan dapat istiqomah didalamnya.


“Sebagai umat Islam, tentunya kita tidak bisa membiarkan para Muallaf tersebut untuk mencari sendiri tentang Islam, kita wajib memberikan pendampingan dan pembinaan kepada mereka untuk mengenal Islam. Dan rasa tanggung jawab dan kepedulian sebagai sesama muslim inilah yang kemudian menjadi latar belakang pendirian Muallaf Center ini,” jelas Rohim.


Di dalam Muallaf Center inilah para Muallaf nantinya akan diberikan pembinaan dan pendalaman tentang materi-materi ke-Islaman, seperti Tauhid, Fiqih, dan lain sebagainya. Sehingga keyakinan mereka terhadap Islam menjadi semakin kuat.
Diakuinya pembinaan terhadap para Muallaf khususnya di Kota Pangkalpinang, sebenarnya sudah berjalan sejak lama dengan memberdayakan para Penyuluh Agama Islam Kemenag Pangkalpinang.


Akan tetapi baru sekarang ini dibentuk wadah (Muallaf Center), sehingga pembinaan tersebut diharapkan dapat berjalan dengan lebih terkoordinir dan terorganisir dengan baik.


“Kami pun berharap dengan adanya Muallaf Center ini, para Muallaf dapat saling bertemu dan bersilaturahim sehingga dapat lebih mempererat ukhuwah Islamiyah di antara mereka,” harapnya.


Bahkan nantinya mereka juga akan kami rangkul dan libatkan dalam acara-acara Peringatan Hari-hari Besar Agama Islam sehingga mereka tidak merasa sendiri karena mereka juga merupakan bagian dari keluarga besar umat Islam.


Keberadaan Muallaf Center ini juga sudah disosialisasikan melalui para Penyuluh Agama Islam bahkan program-program kegiatan yang dijalankan pun telah sempat dipaparkan dan ditayangkan di Babel Kemenag TV pada acara Kasat (Kabar Satker), Selasa, 21 Juli 2020 yang lalu.


Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kepulauan Babel, Dr. H. M. Ridwan menyambut baik dan mengapresiasi inovasi Kemenag Pangkalpinang yang telah membentuk Muallaf Center ini.


source: https://bangka.tribunnews.com/2020/07/24/muallaf-center-inovasi-kemenag-pangkalpinang-guna-rangkul-dan-perkuat-keyakinan-para-muallaf?page=all.


luar biasa



Diubah oleh kepala.kombed 25-07-2020 04:26
nomorelies
nomorelies memberi reputasi
1
1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.