News
Batal
KATEGORI
link has been copied
188
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1ab8dba727684b8a700fe1/erick-thohir-digugat-serikat-pekerja-pertamina-begini-perkaranya
Erick dianggap mengeluarkan keputusan sepihak yang merugikan karyawan serta telah melakukan peralihan aset serta keuangan negara yang dikelola perusahaan minyak negara.
Lapor Hansip
24-07-2020 17:32

Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya

Past Hot Thread
Erick Thohir digugat serikat pekerja pertamina atas dugaan melawan hukum. Semua berawal dari perombakan susunan direksi.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!
  
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) PT Pertamina (Persero) menggugat Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir atas dugaan melawan hukum.

Erick dianggap mengeluarkan keputusan sepihak yang merugikan karyawan serta telah melakukan peralihan aset serta keuangan negara yang dikelola perusahaan minyak negara.

Lewat nomor perkara: 386/Pdt.G/2020/PNJkt.Pst, FSPPB mendaftarkan gugatan tersebut pada tanggal 20 Juli lalu ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Adapun poin gugatan FSPPB ada dua:

Pertama, Menteri Erick dan Direksi Pertamina dianggap telah mengambil keputusan sepihak tanpa melibatkan serikat pekerja Pertamina.

Kedua, dalam gugatannya, FSPPB juga menyoal keputusan tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Direksi Pertamina.

Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya

 
Kontan mewartakan, perkara ini berawal pada tanggal 12 Juni 2020. Saat itu, Erick mengubah susunan direksi perusahaan BUMN ini lewat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS). Erick mencopot enam dari 11 anggota direksi perseroan.

Ke-enam direktur yang diberhentikan, antara lain Direktur Hulu Dharmawan H. Samsu, Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarif, dan Direktur Pemasaran Korporat Basuki Trikora Putra.

Selain itu, Erick juga mencopot: Direktur Pemasaran ritel Mas'ud Khamid, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia Ignatius Tallulembang, serta Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Heru Setiawan.

Pada saat yang sama, Erick juga menghapus jabatan mereka dari struktur dewan direksi Pertamina.

Alhasil, struktur direksi perusahaan pelat merah itu hanya ada enam jabatan dengan penambahan Direktur Strategi Portofolio and New Ventures yang diemban Iman Rachman.
 
Begini Kata Pengurus Hukum FSPPB

Pengurus Bidang Hubungan Industrial dan Hukum FSPPB Dedi Ismanto mengatakan, keputusan Menteri BUMN dan Direktur Utama Pertamina itu tidak hanya merugikan pekerja karena jabatan, hak, kewajiban dan status kepegawaian yang berubah.

Keputusan itu juga dianggap mengakibatkan peralihan keuangan dan aset-aset negara, yang sebelumnya dikuasai perusahaan pelat merah ini berubah kedudukannya menjadi dikuasai anak-anak perusahaan Pertamina (Subholding).

"Dan yang sangat mengkhawatirkan adalah, anak-anak perusahaan Pertamina itu akan diprivatisasi atau denasionalisasi dalam waktu dekat ini," Ujar Dedi sebagaimana mengutip dari Detikcom, Jumat (24/07).

Lebih lanjut dirinya menerangkan jika semua skenario Menteri BUMN dan Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati itu berjalan, maka negara akan berbagi kekuasaan dengan swasta, termasuk investor asing, dalam seluruh rantai usaha Pertamina.

Mulai dari hulu, pengolahan, distribusi dan pemasaran, hingga pasar keuangan. Dalam hal ini, kedaulatan energi nasional dipertaruhkan” Lanjutnya.

Sedangkan Erick berpandangan bahwa enam direksi di Pertamina cukup lantaran perusahaan negara (BUMN) ini kelak akan menjadi perusahaan holding.
 
Tanggapan dari Staf Khusus BUMN

Sementara itu, Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga mengatakan  gugatan tersebut sangat aneh sebab FSPPB mempermasalahkan IPO yang masih dalam perencanaan.

"Apa yang mau digugat? Masa yang mau digugat itu yang akan, kan aneh, akan kok yang digugat, barangnya aja belum ada, kok udah digugat," Ujarnya mengutip dari wartaekonomi.

Menurut Arya, anak usaha Partamina memang asetnya masih dimiliki oleh Pertamina, bukan milik anak usaha itu sendiri.

"Mereka lupa kalau namanya saham itu kan kepemilikan, anak usaha pertamina kan kepemilikannya oleh Pertamina dan itu bukan hal yang baru, ya. Dari dulu udah namanya aset anak perusahaan kan dimiliki oleh Pertamina. apakah mereka lupa kalau anak perusahaan Pertamina sangat banyak, lalu anak usaha itu asetnya milik siapa, ya milik Pertamina," Pungkasnya.

Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Kalau tertarik, yuk baca artikel lainnya!
1. Pabrik China Pembuat Speaker Pindah ke Subang, Jawa Barat
2. BI Prediksi Ekonomi Indonesia Kuartal III 2020 Bakal Masuk Resesi
3. Kabar Baik, BEI Siap Implementasikan Sistem e-IPO pada Agustus 2020
4. Cek, 5 Jenis Bisnis Tanpa Modal! Mulai Sekarang Kuy!

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.
 
Sumber Referensi:
Finansialku.com - https://www.finansialku.com/erick-th...rja-pertamina/

referensi lain



profile-picture
profile-picture
profile-picture
pangsitsquad dan 32 lainnya memberi reputasi
33
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
24-07-2020 23:46
Lah, ini gimana perusahaan punya siapa yang harus ijin siapa. Mentalnya ketebak banget....
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
24-07-2020 23:50
Makanya bung.... jangan kasih ati lagi..... ngelunjakaaaan??? Beresi aja semuanya Sampe akar akarnya
profile-picture
Madthink memberi reputasi
1 0
1
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
24-07-2020 23:57
direktur dipecat yg protes union ??

profile-picture
profile-picture
nowbitool dan scorpiolama memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
24-07-2020 23:59
Semoga aja deh permasalahan nya bisa segera diselesaikan supaya situasi di pertamina bisa kembali kondusif
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:00
masalah periuk nasi, hal yang lumrah saja di BUMN emoticon-Traveller
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:01
menteri BUMN mewakili negara sebagai pemegang saham terbesar pertamina, mengganti direksi dan strategi manajemen melalui mekanisme Rapat Umum Pemegang Saham. Terus bagian mana yang harus konsultasi sama serikat pekerja? Kedudukan serikat pekerja di perusahaan emang apa?

kebaca ini mah, paling benalu takut kehilangan inang aja... UUD intinya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hardnoise666 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:02
FSPPB itu hampir mayoritas isinya kadrun,

makanya pada kebakaran djembottt

lagian lucu aja, mana ada jongos ngatur atasan

kalo jongos bisa seenak tytyd ngatur2 buat apa ada atasan/bos?? emoticon-Ngakak
Diubah oleh dee_benelli
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:07
Buruh gak usah sok sok mau gugat menteri lah
Diubah oleh ravidetan
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:08
Sudah terlalu nyaman, giliran mau ada yg brsih" pada shock. emoticon-Wakaka
profile-picture
nowbitool memberi reputasi
1 0
1
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:15
Masalah baru lagi
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:16
Subholding mendengarkan sambil h2c, besok apalagi yg mereka akan perbuat
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:44
Bukannya bersyukur msh bisa kerja.
Udh gitu sekelas pertamina yg gaji nya gede.
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:46
Mau perusahaan rapih bikin kebijakan disiplin SOP... n kurangi ruang gerak serikat pekerja... emoticon-Big Grin

Klo sdh terlambat ketua serikat bisa punya kuasa setara direksi loh emoticon-Big Grin
profile-picture
kaiharis memberi reputasi
1 0
1
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:46
Serikat pekerja berkuasa, mirip2 serikat pekerja di negara sosialis komunis emoticon-Leh Uga
Tpi mereka kan kadroon...
profile-picture
profile-picture
kaiharis dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 00:57
Kadrun ngelesnya bisa aja.
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 01:02
dimana ada ahok disitu ada masalah
profile-picture
albi00 memberi reputasi
0 1
-1
Post ini telah dihapus oleh KS06
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 01:14
oke nice thread min.
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 01:22
Ane numpang ketawa gan hehehehehhhhemoticon-Blue Guy Bata (L)
0 0
0
Erick Thohir Digugat Serikat Pekerja Pertamina, Begini Perkaranya
25-07-2020 01:41
Takut perusahaan dishare dengan swasta? BAGUS. Kalo perlu setengah dari BUMN yg ada dibuka publik aja, diswastakan semua. Perusahaan2 BUMN banyak yg cuma jadi ajang nyerap duit negara, tapi kerja pas2an. Kalo swasta kan semua susunan dari komisaris sampai satpam sekalipun bakal fight betulan, tarohannya bangkrut soalnya, ga ada lagi dana negara.
profile-picture
reid2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia