• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Bukan Membasmi, Negara Ini Justru Bangun Pabrik Nyamuk. Buat Apaan Ya?

powerpunk
TS
powerpunk
Bukan Membasmi, Negara Ini Justru Bangun Pabrik Nyamuk. Buat Apaan Ya?

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Nyamuk, hewan kecil menyebalkan yang kerap jadi musuh manusia. Segala cara dilakukan agar binatang imut yang satu ini enyah dari muka bumi. Mulai dari gerakan 3M (menutup, membersihkan, dan mengubur) yang di galakkan pemerintah untuk mencegah jentik nyamuk berkembang, penggunaan berbagai jenis obat nyamuk, hingga pengasapan (fogging)untuk membasmi nyamuk dewasa.

Kenapa nyamuk ini begitu dibenci? Karena kehadirannya tak membawa manfaat sedikit pun. Sebaliknya, berbagai jenis penyakit bisa menyebar melalui nyamuk. Beberapa diantaranya bahkan bisa merenggut nyawa manusia. Sebut saja nyamuk Aides Aygepti yang membawa virus penyebab penyakit demam berdarah, salah satu penyakit musiman yang selalu membawa banyak korban setiap tahunnya. Belum lagi penyakit malaria dan kaki gajah yang juga meresahkan masyarakat. Dalam skala kecil, gigitan nyamuk juga membuat bentol dan gatal - gatal.

Jadi, bisa disimpulkan nyamuk memang tak membawa manfaat sedikitpun. Tapi kenapa justru ada negara yang membudidayakan nyamuk, bahkan membuat pabrik? Ternyata eh ternyata, hal ini dilakukan bukan tanpa sebab. Bukan buat mencari sensasi juga. China, salah satu dari beberapa negara yang sengaja membuat pabrik nyamuk punya tujuan yang jelas. Membuat pabrik nyamuk untuk membasmi nyamuk. Lha kok bisa?



Perkembangan teknologi membuat hal yang awalnya mustahil menjadi terwujud kan? Contohnya ya pabrik nyamuk ini. Selama ini, kita mengenal nyamuk sebagai hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Telur nyamuk sering kita jumpai di air. Beda nyamuk, beda juga habitatnya. Ada yang bertelur di air bersih, ada pula yang berkembangbiak di air kotor. Namun, intinya sama. Nyamuk berkembang biak dengan bertelur.

Telur - telur nyamuk ini kemudian menetas dan akhirnya menjadi dewasa. Nyamuk dewasa bereproduksi menghasilkan telur dan begitu seterusnya. Sebelum menjadi telur, sama dengan makhluk hidup lainnya, sel telur yang ada pada nyamuk betina juga harus dibuahi oleh nyamuk jantan. Nah, disinilah fungsi pabrik nyamuk tadi. Nyamuk - nyamuk yang dikembangbiakkan pada pabrik ini dikhususkan pada nyamuk jantan. Para pejantan disini akan dilakukan treatment berupa pen-steril-an, agar meski para nyamuk ini tetap bisa kimpoi namun nyamuk betinanya tidak akan bisa bertelur.



Setelah melalui proses steril, lalu para pejantan ini akan dilepasliarkan. Selain membuat perkembangbiakan nyamuk terhenti karena tak bisa bertelur, ternyata hal ini juga cuku ampuh membuat nyamuk - nyamuk ini menjadi lebih selow. Hasrat untuk menghisap darah juga ikut menurun.

Cara pen-steril-an nyamuk ini menggunakan bakteri bernama Walcobachia. Bakteri - bakteri tersebut ditanamkan dalam diri nyamuk pejantan yang membuatnya tak bisa membuahi betina. Lalu, apakah ada efek sampingnya jika nyamuk yang sudah di steril menggigit manusia? Sejauh ini menurut penelitian masih aman. Bahkan kabar baiknya, cara ini terbukti mampu menekan populasi nyamuk hingga lebih dari 90 persen. Selain China, cara pengendalian nyamuk seperti ini ternyata juga dikembangkan di Amerika.

Jika cara ini bisa digunakan, akankan ada kemungkinan vaksin Covid nantinya juga bisa disebarkan melalui nyamuk? Kita tunggu saja..





Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google
Referensi : Ini dan Ini




indramamothalifrian.adelianzw
adelianzw dan 31 lainnya memberi reputasi
32
7.4K
138
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.