Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Yuk Gan / Sis, Saatnya Ikutan Survey di Forum Stories Form The Heart
89
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f1a645d0577a947037f4af1/gw-selalu-bantu-tapi
Gan, minta pendapatnya nih.. Ane cewek, punya partner kerja cowok.. Dia sering curhaaatt masalah ekonomi dia.. Yaa memang keadaannya dia anak cowok sendiri, punya adek cewek 2 + ibu.. Bapaknya udah meninggal.. Ibunya punya usaha.. Kita seumuran, ane lulus 2017, dia baru lulus tahun kemaren.. Kita masih Guru honorer, jadi bisa dimaklumi sih kalo dia curhat masalah ekonomi.. Tapi suatu ketika dia cu
Lapor Hansip
24-07-2020 11:32

Gw selalu bantu, tapi (?)

Gan, minta pendapatnya nih..
Ane cewek, punya partner kerja cowok..
Dia sering curhaaatt masalah ekonomi dia.. Yaa memang keadaannya dia anak cowok sendiri, punya adek cewek 2 + ibu.. Bapaknya udah meninggal.. Ibunya punya usaha..

Kita seumuran, ane lulus 2017, dia baru lulus tahun kemaren.. Kita masih Guru honorer, jadi bisa dimaklumi sih kalo dia curhat masalah ekonomi..

Tapi suatu ketika dia curhat masalah temen2nya, dia bilang, "gw selalu bantu mereka, giliran gw minjem duit, mereka ga bisa bantu.."

Maksudnya dia bilang begitu gimana sih gan?

Soalnya ane bantu temen dalam hal lain bukan masalah duit, dulu pernah ngutangin orang sejuta tapi ga dibayar, jadi trauma..

Dia sempet beberapa kali mau minjem duit ke ane tapi akhirnya ga jadi 😅, ane juga ga tau dia ngutang dibalikin/engga..

Diubah oleh Lifes725
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rama.alansyah dan 3 lainnya memberi reputasi
4
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 1 dari 2
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 11:40
Ngutang bikin persahabatan rusak
Emang betul gan
Ane udah ngerasain
Kalau gak ngasi, hmm
Kalau ngasi tapi bayar nya lama banget apalagi gak dibayar sama sekali
Akhirnya rusak lah pertemanan

Ya kalau ngutang harus bayar
Apalagi ngutang ke teman

😥😥😥😥😥😥😥
profile-picture
profile-picture
profile-picture
prayformysky dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 11:42
ga usah kasi klo ga ada jaminannya
blg aja bkn masalah ga mau kehilangan uang tp masalah ga mau kehilangan teman
profile-picture
profile-picture
onta890 dan Lifes725 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 11:48
jgn trlalu memaksakan diri jg sist, bantu dalam bentuk lain aja sist
profile-picture
profile-picture
onta890 dan Lifes725 memberi reputasi
2 0
2
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 11:57
Cari temen yg gak suka utang aja sis, macam sohib gw @kucingkampung97 😃
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 12:51
Teman itu orang nya, bukan duit nya.. emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
Lifes725 dan lonelylontong memberi reputasi
2 0
2
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 12:53
jangan lah duit dan rekanan itu beda dunia pokoknya jangan emoticon-Angkat Beer
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 13:07
heran gua sama org yg suka ngutang trs sante2 ae gk ngebayar utangny
lebih heran lagi sama orang yg milih 2x untuk penghasil ekonomi merudal oleh rejim handal
yg milih ini jauh lebih kprt bgst dibanding org yg suka ngutang
org suka ngutang yg dirugikan si yg memberikan hutang
nah pemilih kunyuk ini ngerugiin 1 negara, sat
profile-picture
profile-picture
yb.yb. dan sugar.dessert memberi reputasi
1 1
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 13:25
mending bantuin tapi jngan harap balik.
misal dia ngomong mau pinjem 1 juta. ente kasih aja 500ribu, sekaligus kasi ultimatum kalo selanjutnya ga akan bantu lagi.
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 13:50
klo cuma 10-50rb gua kasih klo di atas itu mo ngutangin juga gimanaemoticon-Ngakak
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 13:59
Ga usah dikasih. Lagipula temenan berapa lama? Kalau baru dan berani pinjem uang, kemungkinan ga bakal balik itu duit.
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 14:25
dari cerita ente di atas, kalo menurut ane sih doi emang punya masalah perekonomian trus ada niatan mau minjem duit ke ente, tapi masih sungkan..
ane ga tau ente dah berapa lama bertemen sama doi, biasanya sih sinyal2 begitu adanya saat baru2 akrab aja, laen halnya kalo ente dah bertemen lama trus blakangan ni doi ngomong soalan perekonomiannya..

tujuan dari ucapan "gw selalu bantu mereka, giliran gw minjem duit, mereka ga bisa bantu.." itu semacam 'pukul samping', secara ga langsung mempengaruhi psikis agar ente bersedia kalo suatu saat doi minjem duit, tapi tergantung emosi saat mengucapkannya, karena bisa aja doi emang lagi kesel ga da donatur 😅

poin yg didapat adalah, doi bantu2 temen bisa dibilang hanya untuk kepentingan finansialnya aja 🤔

nah masalah minjemin atau engga, itu kembali ke ente sis..
ane cuman ngasih saran, sebaiknya cari info soalan doi dari temen2 laen, terutama temen yg pernah piutangan sama doi, buat apa dia minjem duit, gimana bayarnya lancar atau engga dsb..
profile-picture
profile-picture
mang.tap dan Lifes725 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 16:18
Emang kalo masalah utang berhutang ribet gan 😪, kita ada niat mau bantu tapi yang dibantu malah seenaknya sendiri kan jadi ilfil juga 😁
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 16:39
Gw selalu bantu, tapi bla bla bla.
tanda nya gak ikhlas ato kecewa karena ada yg diharapkan dari manusia.
makanya hidup itu jangan berharap ke manusia.
berharap aja ama tuhan.
apalagi menyangkut masalah duit.
tetep aja di kemudian hari lu berharap temen lu balikin duit nya pas lagi butuh.
beda kalo ikhlas.
bakalan gw bantu titik.
gak bakalan ada embel2 lain yg mengikuti.
ah, gw tiap hari nolong elu, tapi elu tetep aja songong.
gw nolong elu tapi lu gak ada ngucapin terima kasih.
beda klo lu bantuin tapi udah mencapai ikhlas.
ini gw bantuin beliin hape, gak usah diganti.

nolong orang menyangkut duit itu mesti hati2.
beneran perlu, ato dia gak mampu or liat untuk keperluan apa lalu liat rekam jejak nya.
rekam jejaknya keliatan dari telat or tepat waktu buat kembaliin.
lagian sebenarnya pinjem uang ke kenalan itu sebenarnya secara bisnis jelek.
dalam artian, lu gak dapat seleisih (riba), dan dicicil.
mendingan gw pinjamin duit gw ke bank lewat tabungan or deposito or etc.

sebenarnya dibikin simpel aja.
gak usah minjemin dan gak usah minjem duit.
klo kamu emang baik hati.
saran saya kasih limit pinjaman ke temen.
misalnya limit pinjaman mu 200k.
ada temen yg mau ngutang ke elu sebesar 500k ya kamu tolak aja.
alasannya, karang aja alasannya.

profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 17:15
dr 10 org mungkin hny 1 yg beneran bayar hutang sesuai janji tanpa harus ditagih...... emoticon-Ngacir
profile-picture
profile-picture
Lifes725 dan jamban.bocor memberi reputasi
2 0
2
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 17:50
Gw selalu bantu, tapi (?)...
Tapi pas waktu gw butuh bantuan....
Yg ada jungkir balik sendiri....
Bukaaaan, bukan gw gak ikhlas membantu orang, tapi yaa gitu deh, I'm just all alone to fixed all the matters...all by my self....
0 0
0
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 18:38
Mnurut ane ya gan.. Utang itu ikhlaskan... Krn ngebantu itu harusnya ikhlas klo gl ikhlas namanya perhitungan.. Klo ente ikhlas trus gl d bayar.. Ente gk nyesel kn sr awal niatnya ngebantu.. Ya ud resiko toh.. Klo takut gk d bayar mnding dr awal gk usa d pinjemin.. Temenan dan silahturahim lbh berharga dr skedar recehan gan
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 29 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 29 balasan
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 19:20
Hutang bukan solusi, minjem duit itu bagi dia solusi, padahal bukan, ya tetep hutang yang nanti harus dibayar. Kalau kesulitan, kasih yang lain seperti kebutuhan, beras, telur, makanan sehari", biar tahu dan sadar diri. Kalau menghindar ya kalau bukan malu ya tuh duit dipake hal yang lain, bukan kebutuhan.
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 19:44
Tiati ajah tp selama orangnya gk begajulan, tengil dan hidup wah (gengsi) mungkin bisa dipercaya
Gue ada temen gitu ujungnya minjem duit katanya emaknya sakit mana makan gue yg bayar
Ekhhhh akhir bulan tamasya cuyyyy lupa sm utang
Malah gue pny temen yg idup ya sederhana sering nolong gk pernah mau gue amplopin
Rokok sebatang pun gk pernah minta
Pernah tau dia butuh duit pun dia segen mau Ngutang malah gue yg nawarin butuh duit apa kagak
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 20:23
heleh tukang ngeluh...bikin males emoticon-Nohope
emang dengan sering ngeluh perokonomiannya akan membaik??
emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
Lifes725 memberi reputasi
1 0
1
Gw selalu bantu, tapi (?)
24-07-2020 20:46
Emang TS pernah minjem duit ke doi? Klo nggak pernah ya nggak usah peduli sama omongan cowo itu... Kan ente bukan termasuk orang yg tersindir...
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
forum-kutukan
Stories from the Heart
ruqyah-kisahku-mengenal-gaib
Stories from the Heart
wayah-surup
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Stories from the Heart
rumahku-rumah-hantu
Heart to Heart
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia