Automotive
Batal
KATEGORI
link has been copied
211
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f16e0032525c30c9a6cffaf/jangan-cuma-jadi-wacana-mantengin-lampu-jauh-kendaraan-bakalan-kena-tilang
Entah ini sudah menjadi trend yang salah atau ketidaktahuan masyarakat kebiasaan baru menggunakan kendaraan lampu utamanya menghadap ke atas terus menerus. Kita amat tahu dampak negatif sorotan lampu ini tentu menyilaukan dan sangat mengganggu pandangan dari arah berlawanan.
Lapor Hansip
21-07-2020 19:30

Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Entah ini sudah menjadi trend yang salah atau ketidaktahuan masyarakat kebiasaan baru menggunakan kendaraan lampu utamanya menghadap ke atas terus menerus. Kita amat tahu dampak negatif sorotan lampu ini tentu menyilaukan dan sangat mengganggu pandangan dari arah berlawanan.

[ HT# 630 ]

Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!

Sebenarnya tidak ada yang salah memposisikan lampu utama menghadap ke atas namun banyak masyarakat belum tepat menggunakannya. Lampu utama menghadap ke atas seharusnya hanya digunakan ketika cuaca buruk, tanda meminta jalan, akan berbelok di simpangan atau belokan yang blind spot-nya tinggi atau ingin menyalip, penerangan di sekitar tidak mendukung atau pandangan pengendara jadi terbatas, dan situasi demikian sifatnya hanya di gunakan sesaat saja, bukan di 'panteng'.

Penggunaan lampu kendaraan ini diatur oleh undang-undang yang kurang lebih diatur oleh pemerintah dalam pasal 48 ayat 3 huruf G Undang-Undang Republik Indonesia No. 22/2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Kemudian di pasal 58 pada undang-undang tersebut juga menegaskan dengan bunyi “Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan dilarang memasang “perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.”Ketentuan pada UU 22/2009 kemudian lebih diperjelas lagi dalam Peraturan Pemerintah No. 55/2012. Selanjutnya, pemerintah juga mengatur sorotan lampu dari sepeda motor melalui PP 55 tahun 2012 Pasal 24 ayat 2 yang berbunyi sebagai berikut ” Untuk Sepeda Motor harus dilengkapi dengan lampu utama dekat dan lampu utama jauh paling banyak dua buah dan dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 (empat puluh) meter ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 (seratus) meter ke arah depan untuk lampu utama jauh”.

Pentingnya menyadarkan masyarakat mengetahui bahaya menggunakan lampu jauh menghadap ke atas terus menerus saya rasa sudah harus digiatkan lagi sosialisasinya. Dalam pengamatan saya sekarang ini semakin banyak kendaraan seolah olah ikutan latah dan semakin mengganggu terlebih lampu yang mereka gunakan berwarna putih. Sungguh amat mengganggu.

Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
Jika melihat tanda ini di kendaraanmu sebaiknya segera ubah ke lampu dekat. Carmudi

Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
kupasmotor

Kesadaran dan kurangnya pengetahuan akan hal ini karena bisa saja memiliki SIM lewat 'jalan pintas' mengakibatkan trend lampu menghadap ke atas masih terus ada. Dalam dalam uji coba, saya coba dim kendaraan yang datang dari arah berlawanan dengan maksud menyuruhnya menurunkan lampu jauhnya tapi sayangnya dia tetap tidak bergeming, padahal sedang melewati jalan perkampungan yang ramai.

Latahnya trend salah kaprah ini bukan saja dilakukan oleh anak-anak berusia tanggung tapi juga orang tua yang seharusnya mereka lebih tahu bagaimana menggunakan lampu jauh dengan tepat.

Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
dgcisumbar

Kalau dilihat dari beberapa berita daerah maupun luar negeri insiden akibat lampu jauh menghadap ke atas ini sudah beberapa kali menimbulkan jatuhnya korban. Jadi dalam hal ini ketegasan pemerintah khususnya jajaran Kepolisian dan Perhubungan SEBAIKNYA mulai mengatur lebih tegas tentang hal ini, jika perlu dilakukan penilangan di jalan apabila ditemukan kasus seperti ini.

Ya, mungkin awalnya diperlukan sosialisasi dengan peringatan terlebih dahulu agar masyarakat sadar. Tapi jika dalam catatan kepolisian pengendara melanggar lebih dari tiga kali bisa saja dikenakan tilang atau denda agar membuat jera dan menjadi perhatian masyarakat.

Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
Seorang driver di China sedang mendapat hukuman.
South China Morning Post


Pemerintah kita mungkin bisa mencontoh pemerintah Cina yang sudah menerapkan denda tilang sebesar Rp 500,000 hingga kurungan dua bulan penjara tentang pelanggaran ini.

Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!

Bukan hanya di Cina, di India pun selangkah lebih maju, pihak kepolisian disana berani menindak tegas pengendara yang kedapatan pengemudi 'memanteng' lampu jauhnya. Tidak pandang bulu, lampu jauh bawaan pabrikan pun kena tilang karena warna cahaya lampunya dianggap tidak sesuai dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku.


Tujuannya baik, mencegah insiden di jalan dan membuat nyaman sesama pengguna jalan. Jadi, bagaimana menurut teman disini apakah kamu setuju? Kalau saya SETUJU.




Sebuah opini
Ref. carmudi, kupasmotor
Img.header. aftermarketplus

Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS


Diubah oleh iskrim
profile-picture
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 3 dari 6
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 01:10
Gw klo siang pake lampu jauh (krna ga silau jg) klo malam pake lampu dekat, tujuannya biar lebih awet aja lampu motornya emoticon-Malu
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 01:17
temen ane kemaren sampe nabrak gara2 papasan sama alay yg lampu mobil nya kayak gini waktu mau nyalip. keren sih keren tapi ya perhatiin keselamatan pengguna jalan laen dong.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 01:21
pampu warna putih itu bikin silau jg itu
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 01:23
Gimana nilangnya..
0 0
0
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 01:28
wah gw liat gambarnya aja langsung auto kesel.. emang pd ga ada otak atau gimana ga ngerti gw yang pantengin high beam..
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 01:44
apa yg bisa membuktikan si pelanggar, toh lampu dekatnya sudah tinggi (setting tdk sesuai standar) apalagi lampu jauh...emoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 01:53
Nah ini yang bikin kesel. Pengen geplakin dah yang pake lampu begini.
Entah emang lampu jauh selalu aktif atau emang motor keluaran terbaru lampu nya kayak lebih silau gitu, mana warna nya putih benderang.

Tapi terkadang saya ketemu sama orang yang baik, waktu itu lagi diturunan pas2an sama truk. Jalannya agak sempit, karena emang di desa. Mungkin kasian sama saya takut silau lampu nya dia malah dimatiin dulu. Salut lah sama orang kayak gitu.
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 01:58
ga perlu sosialisasi, lgsg hukuman tilang aja bagi pengendara yg pake lampu jauh
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 02:00
Apakabar motor gua njynk lampu jauh sm deket sm sm redup aaaah qntl
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 02:19
Ini kan...modif orang kere. Cuma sanggup beli bohlam nya aja...

Led atau hid itu pas nya pake rumah lampu projector. Reflektor bohlam di pasang led ya agak dongo jg yg masang...
profile-picture
profile-picture
iskrim dan jlamp memberi reputasi
2 0
2
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 02:21
setuju, apalagi lampu NM*X dan sejenisnya.
emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
iskrim dan Ariwanas memberi reputasi
2 0
2
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 02:41
Knalpot bising juga tuh bantai... Banyak monyet tegak tak beradab punya motor dgn knalpot bising yg bikin ribut, polusi suara, apalagi yg lebih parah kalo monyet yg pny knalpot bising itu tinggalnya di gang, suara knalpot bising membahana... Monyet2 tegak biadab spt itu disikat aja lah
Diubah oleh algojo.cinta
profile-picture
profile-picture
profile-picture
iskrim dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 03:23
sebenernya, kadang ada orang2 yg sebenernya udah ada rabun jauh ato udah tua, tapi karena alasan tertentu mereka harus nyetir sendiri
dan akibatnya mereka harus nyalain lampu jauh biar aman

ada juga yg emang orang dungu yg selalu nyalain lampu jauh
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 04:04
Emang pada bangke indon yg pake lampu jauh...pada gk sadar diri lg klo dikasih tanda...udh mata kotok kali yaa , pake lampu putih lg emoticon-Nohope
Banyak lg yg kek gini di jalanan...emoticon-Nohope
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 04:31
Kunyuk emang yg terus2an nyalain lampu high beam emoticon-Blue Guy Bata (L)
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 04:39
Saya sering tu pake lampu jauh, bawaan standart pabrik sih..

Itu krn jalan gelap jarak pandang terbatas, takut tiba2 nongol lubang di jalan
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 04:53
temen ane nemu orang kaya gini di jalan pasti langsung bales nyalain lampu tembaknya wkwk
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 05:38
Bener krim, bikin silau, kebanyakan mereka menggunakan fitur itu tidak tepat pada fungsi & situasi yg tepat. Lha wong masih banyak yg salah menggunakan lampu sein, tidak paham marka garis jalan, nyalip lewat kiri jalan, ngerokok sambil nyetir,dll.

Intinya kalau dijalan mesti hati-hati dan banyak bersabar
profile-picture
profile-picture
iskrim dan antonov07 memberi reputasi
2 0
2
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 05:41
aturan lampu stay on sedikit banyak pengaruh gan pada kebiasaan berkendara. apalagi sekarang rata rata lampu motor pake warna putih untuk penghemat daya.
lampu nyala terus menerus secara gak langsung bikin lampu motor cepet koit. entah kualiatasnya skrng lebih rendah atau gimana yang jelas dulu gak sesering sekarang ganti lampu apalagi yang sering mobile pasti kerasa. sedangkan aturan gak mau tau itu lampu utama harus hidup. klo siang rata rata yang di nyala ane liat lampu jauh. mungkin mereka mikirnya siang gak bikin silau. dan akibatnya mungkin ke kebiasaan lampu jauh dinyalakan pada malam hari. bisa juga karena lampu utamanya mati. semuanya masih kemungkinan ya gan hehe harus diteliti lebih lanjut. dan msnurut ane lampu standart dealer skrng terang banget. paling gedek tapi motor yg pake lampu belakng super terang sama yang kedip kedip silau itu. bawaan pengen tendang saja
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Jangan Cuma Jadi Wacana, Mantengin Lampu Jauh Kendaraan Bakalan Kena Tilang!
23-07-2020 05:57
Sumpah ane setuju banget buat ditindak, mereka gak mikirin pengguna jalan lain kalo terjadi laka lantas akibat cahaya yang silau dari kendaraan, apalagi bwat orang yang fotofobia kek ane emoticon-Mad
profile-picture
iskrim memberi reputasi
1 0
1
Halaman 3 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2021, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia