• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Stephenson 2-18, Bintang Raksasa Di Alam Semesta Yang Menggeser Kebesaran UY-SCUTI!

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Stephenson 2-18, Bintang Raksasa Di Alam Semesta Yang Menggeser Kebesaran UY-SCUTI!


Sebelumnya bintang terbesar di alam semesta dinobatkan kepada UY-SCUTI dimana ukuran bintang tersebut 21 miliar kali lebih berat daripada matahari. Namun saat ini UY-SCUTI harus merelakan posisi bintang terbesar di alam semesta karena ada bintang lain yang ukurannya lebih besar dari UY-SCUTI. Hal tentang UY-SCUTI juga sempat ane bahas di dalam Thread ane sebelumnya, yaitu UY-SCUTI, Bintang Raksasa di Alam Semesta Membuat Matahari Tidak Ada Apa-Apanya!


Dunia astronomi kembali dikejutkan dengan sebuah penemuan bintang yang ukurannya lebih besar daripada UY-SCUTI, bintang tersebut dinamai Stephenson 2-18. Penamaan bintang tersebut tentu diberikan oleh penemunya yaitu seorang astronom Amerika bernama Stephenson.




Jika UY-SCUTI memiliki diameter 1.708 kali lebih besar dari matahari, maka Stephenson 2-18 memiliki diameter 2.150 kali lebih besar dari matahari yang mengorbit bumi.


Stephenson 2-18 terletak sejauh 19.800 tahun cahaya dari rasi bintang scutum. Jika kalian penasaran seperti apa perbedaan ukuran dari Stephenson 2-18 dengan UY-SCUTI, silahkan lihat perbandingannya di bawah ini.



Sumber Gambar

Meskipun saat ini Stephenson 2-18 adalah bintang paling besar yang diketahui di alam semesta, bukan berarti Stephenson 2-18 adalah yang paling terang. Sesuai namanya, Stephenson adalah bintang paling terang nomor 18 sejauh yang diketahui saat ini.


Selain itu, ukuran yang besar juga tidak menjadikan Stephenson 2-18 sebagai bintang terpanas. Bahkan suhu dari Stephenson sendiri hampir sama dengan UY-SCUTI. UY-SCUTI memiliki suhu panas 3.000 kelvin sedangkan Stephenson 2-18 memiliki suhu sekitar 3.200 kelvin. Lagi-lagi matahari masih tetap lebih panas dari 2 bintang terbesar saat ini, yaitu dengan suhu 5.778 kelvin loh.




Meskipun dikenal sebagai bintang yang paling besar, Stephenson 2-18 bukan yang terpanas. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan bintang besar memiliki panas yang tidak lebih dari matahari di tata surya kita? Apakah agan sista ada yang memiliki pendapat tentang ini?


Sumber referensi : Tulisan Pribadi, dari sinidan ini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
galigulagalu
jangkrikgirl32
newterminalspa
newterminalspa dan 18 lainnya memberi reputasi
17
11.7K
110
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.