Julie.AnnAvatar border
TS
Julie.Ann
[DIY Life Hacks] Cara Mudah Memanfaatkan Celana Jeans Bekas


[DIY Life Hacks] Cara Mudah Memanfaatkan Celana Jeans Bekas

Holla Agan Sista tersayang, apa kabarnya hari ini. Julie Ann kembali lagi menyajikan thread bermanfaat untuk Gan-Sis semuanya.

Kali ini Julie Ann akan memberikan DIY alias Do It Yourself Life Hacks cara mudah memanfaatkan celana jeans lama atau bekas yang sudah tidak terpakai lagi. Sayang 'kan jika hanya dijadikan sebagai kain pel. Material jeans ini termasuk kuat dan tahan lama. Lebih baik kita manfaatkan menjadi sesuatu yang berguna. Jika bisa bikin sendiri, kenapa harus beli, ya 'kan? Siapa tahu bisa mengurangi bujet belanja kebutuhan sekunder. Jadi lebih hemat.

Apalagi di musim pandemi ini, kita lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Sehingga Gan-Sis tentu memiliki waktu luang untuk berkreasi.

Jeans bekas bisa dikreasikan menjadi berbagai barang berguna. Salah satunya adalah aprons atau celemek. Celemek bukan hanya digunakan oleh emak-emak loh, Gan. Dapat juga digunakan untuk bekerja berkebun atau di bengkel untuk melindungi pakaian dari noda.

Lansung saja, ini nih cara pembuatan celemek yang mantul dan mudah.

Bahan yang diperlukan adalah celana jeans, baju bekas, dan benang jahit. Sedangkan peralatannya adalah gunting dan jarum jahit.


Pic by Julie Ann

Nah, cara pembuatannya adalah gunting celana jeans secara horizontal dari atas paha, di bagian resletingnya, lalu belah secara vertikal dari bawah ke atas, sehingga menghasilkan sebidang kain persegi panjang.


Pic by Julie Ann

Gunting juga bagian saku celananya. Akan digunakan sebagai saku depan celemek.


Pic by Julie Ann

Setelah itu, bentuk kain celana jeans itu seperti pola yang ada di gambar. Berbentuk aprons ya, Gan-Sis. Bisa juga dikreasikan sesuai keinginan.


Pic by Julie Ann

Jahit pinggiran kain dengan menggunakan baju bekas. Lebihkan di bagian ujung atas untuk digunakan sebagai tali pengikat celemek. Kemudian jahit kembali saku celana jeans, lalu dihias dengan pernah pernik atau gunakan sisa potongan kain celana jeans untuk membuat hiasan bunga sederhana. Dapat juga menggunakan kain flanel, kemudian dibentuk sesuai keinginan.


Pic by Julie Ann

Jahit hingga selesai. Jadi, deh.


Pic by Julie Ann

Jika tidak memiliki mesin jahit, dapat dijahit sendiri dengan tangan kok. Hasil kreasi di dalam gambar semuanya tanpa menggunakan mesin jahit. Handmade.


Bagaimana? Cukup mudah 'kan cara membuatnya. Mari kita lihat sekeliling kita, manfaatkan bahan bekas menjadi sesuatu yang berguna.

Semoga DIY ini dapat bermanfaat. Jika ada kesempatan, Julie Ann akan kembali dengan thread menarik lainnya. Sampai jumpa. Have a nice day!

Sumber tulisan: Opini pribadi by Julie Ann/Yuliaresi Anjelina
Sumber gambar: Koleksi pribadi by Julie Ann/Yuliaresi Anjelina
Diubah oleh Julie.Ann 22-07-2020 05:30
kecombranggg
jajakaapes
tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
3.4K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It Yourself
icon
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.