• Beranda
  • ...
  • Education
  • Indonesia Tertinggal 128 Tahun Dalam Pendidikan, Bagaimana Tanggapan Agan Sista?

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Indonesia Tertinggal 128 Tahun Dalam Pendidikan, Bagaimana Tanggapan Agan Sista?


Sebagai negara berkembang, Indonesia memang tertinggal dari segi SDM (Sumber Daya Manusia) jika dibandingkan dengan negara-negara maju. Memang negara kita ini kaya akan SDA (Sumber Daya Alam), namun jika manusianya tidak kompeten maka tetap saja negara kita ini tidak akan maju.


Banyak faktor yang menyebabkan rendahnya kualitas SDM di Indonesia ini, dimana salah satunya adalah pendidikan. Mengapa pendidikan? Ya tentu jelas, karena pendidikan itu adalah investasi paling penting bagi setiap diri manusia.




Pemerintah Indonesia sudah menetapkan program wajib belajar bagi seluruh anak di Indonesia selama 9 tahun, yaitu 6 tahun di SD (Sekolah Dasar) dan 3 Tahun di SMP (Sekolah Menengah Pertama) yang tertuang di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Meskipun sudah memiliki program wajib belajar selama 9 tahun, tetap saja kualitas SDM di Indonesia ini masih sangat rendah. Mengapa? Karena program wajib belajar ini hanya mempelajari hal-hal umum saja, bukannya minat bakat yang mana penjurusan minat bakat berada diluar dari program wajib belajar ini, yaitu di SMK dan dunia Kuliah.




Hal itulah yang membedakan negara berkembang seperti Indonesia ini dengan negara-negara maju dari segi pendidikan. Apakah Indonesia akan terus menerapkan sistem pendidikan seperti ini? Jika terus seperti ini dan tidak ada perkembangan, bisa saja kualitas dari SDM Indonesia akan terus menurun loh.


Menurut PISA (Programmer for International Student Assesment), negara Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara dalam hal tingkat pendidikan. Bayangkan, kita berada di 8 terbawah loh.




Seorang Profesor dari Harvard University bernama Lant Pritchett pernah melakukan penelitian soal pendidikan anak-anak di Jakarta. Dan berdasarkan hasil penelitiannya, anak-anak di Jakarta itu ketinggalan 128 tahun loh perihal pendidikan jika dibandingkan dengan kualitas pendidikan di negara maju. Padahal itu di Jakarta loh, bagaimana kabar desa-desa terpencil di Indonesia kalau begitu? Apakah mereka tertinggal 200 tahun? Atau lebih?


Ya, tentu hal tersebut disebabkan oleh bobroknya sistem pendidikan di Indonesia ini. Seperti yang ane katakan tadi, negara kita terlalu memfokuskan program wajib belajar untuk mempelajari hal umum saja, bukannya minat dan bakat seperti di negara lain.




Jika saja negara kita menerapkan sistem wajib belajar tentang bakat dan minat sejak kecil (Bukan saat SMK atau kuliah saja), maka kemungkinan SDM di negara kita kualiasnya akan lebih baik daripada saat ini atau beberapa tahun kebelakang.


Bagaimana tanggapan agan sista tentang ketertinggalan Indonesia dalam pendidikan sehingga SDM Indonesia kualitasnya rendah? Kira-kira apa yang salah dari negara ini? Apakah muridnya? Gurunya? Atau siapa?
Dan kira-kira apa yang seharusnya dilakukan negara ini menurut agan sista?


Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan sini
Sumber gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
ariebetadine
trac0ne
wisudajuni
wisudajuni dan 44 lainnya memberi reputasi
45
8.5K
381
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.