• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mengetahui Urutan Bintang di Euro NCAP, Seberapa Amankah Mobilmu Mampu Melindungi?

iskrim
TS
iskrim
Mengetahui Urutan Bintang di Euro NCAP, Seberapa Amankah Mobilmu Mampu Melindungi?
Mencari mobil idaman tentunya kita mempertimbangkan berbagai hal, salah satu faktor penentu adalah seberapa kuat mobil mampu melindungi seisi penumpang jika terjadi benturan keras tapi juga tetap nyaman saat berkendara.

[ HT# 627 ]



Mungkin belum banyak yang mengetahui jika Euro NCAP (organisasi independen yang didanai oleh pemerintah dan tujuh negara) ini menjadi salah satu standar keamanan otomotif dunia yakni 'sertifikat' melalui serangkaian test uji coba benturan mobil berbagai sisi dengan teknologi canggih, ketat, dan terperinci yang kemudian hasil test menunjukan peringkat keamanan mobil dengan tanda bintang 5 untuk hasil terbaiknya.



Ternyata bukan itu saja, Euro NCAP juga memperhatikan betul detail data yang mencakup skor seberapa baik mobil tersebut mampu melindungi orang dewasa, anak-anak, dan pejalan kaki. Seberapa baik sistem keselamatan berteknologi tinggi mampu bekerja, sistem pengereman darurat otomatis bisa bekerja dan bagaimana teknologi yang disematkan mampu bekerja maksimal di berbagai situasi dan kondisi.

Mobil yang di coba dalam test Euro NCAP biasanya mobil yang paling populer dan paling menarik di masyarakat, jadi mobil harga selangit saja belum tentu langsung masuk daftar uji tabrak di NCAP, kecuali secara komersil dan ketertarikan dua syarat diatas maka Euro NCAP akan mengujinya kemudian hari.

Yang perlu di ketahui juga adalah peringkat bintang tidak berlaku selamanya, karena produsen mobil di seri berikutnya bisa saja meningkatkan kualitas produknya atau karena beberapa hal justru kualitasnya menurun. Seperti kasus mobil Fiat Panda yang pada tahun 2011 mendapat bintang empat, namun di 2018 malah tidak mendapat bintang samasekali.



Nah, guna mengetahui lebih jauh tentang arti bintang yang disematkan dari hasil uji coba tabrak mobil tersebut yuk, deh Gan kita ketahui disini;



BINTANG 0



Ini cukup menyedihkan jika mobil idamanmu ternyata mendapat skor '0' Nol bintang samasekali. Menurut Euro NCAP mobil ini layak di produksi. Memenuhi standar persetujuan untuk penggunaan umum, dapat dijual secara legal tetapi tidak memiliki teknologi keselamatan modern yang kritis.


BINTANG 1



Meskipun bintang 1 ada namun dalam prakteknya amat sangat jarang bintang 1 ini diberikan. Bintang 1 menurut Euro NCAP adalah "Sangat minim melindungi isi penumpangnya", jadi tentu saja hampir semua produsen mobil menghindari istilah 'produk gagal' dan menanggung kerugian besar karena Euro NCAP hanya memberinya skor Bintang 1.


BINTANG 2



Mobil yang mendapat skor bintang 2 hanya memiliki perlindungan paling standar dan hampir tidak memiliki teknologi keselamatan dan penghindaraan dari kecelakaan.


BINTANG 3



Mobil yang mendapat skor bintang 3 adalah mobil yang tingkat safety-nya diatas rata-rata juga sudah mengadopsi teknologi menghidar serta faktor keselamatan.


BINTANG 4



Untuk mendapatkan skor bintang 4 dari Euro NCAP maka mobil ini harus memenuhi syarat safety yang secara utuh mampu melindungi secara keseluruhan dan telah memiliki perlindungan kecelakaan yang telah di tingkatkan sesuai dengan teknologi terbaru.


BINTANG 5




Mendapat skor bintang 5 adalah impian semua produsen dan kebanggaan konsumen ketika memiliki mobil idamannya. Ya, untuk mendapat skor bintang 5 dari Euro NCAP maka mobil tersebut harus memenuhi syarat; Secara keseluruhan safetynya bekerja amat baik hingga maksimal dalam perlindungan kecelakaan. Plus mobil ini sudah melengkapi teknologi canggih yang bisa melakukan penghindaraan dari kecelakaan yang ekstrem dan sangat cepat.



All of the Worst EuroNcap Crash Tests (1997-2018) 


Nah, sekarang kita sekarang sudah tahu kan makna bintang yang di sematkan Euro NCAP pada beberapa mobil yang beredar di pasaran.  Bai de wei, apakah mobilmu masuk dalam uji tabrak Euro NCAP dan mendapat bintang berapa, Gan?




Sebuah opini
Sumur. euroncap
Img.euroncap



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS




Diubah oleh iskrim 23-07-2020 11:01
jangkrikgirl32dhinyzfrntien212700
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.3K
86
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.