• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Miris! 3 Orang Ini Jual Ginjal Pribadi Hanya Demi Tampak Keren & Kaya?

mbak.farAvatar border
TS
mbak.far
Miris! 3 Orang Ini Jual Ginjal Pribadi Hanya Demi Tampak Keren & Kaya?

republika.co.id

Sudahkah Anda bersyukur hari ini, Gan?

Begitu banyak nikmat yang telah Tuhan anugerahkan kepada kita, sampai-sampai kita tidak akan sanggup menghitungnya.

Kita diberi anggota badan lengkap dengan organ tubuh beserta segala fungsinya secara cuma-cuma. Mulai dari jantung, hati, paru-paru, ginjal, dan ... ah, masih banyak lagi.

Semua itu sudah sepatutnya kita syukuri serta kita jaga dengan baik.


Karena Tuhan memberi kita segalanya sudah pasti memiliki fungsi dan tujuan, serta tiada kesiaan.


merdeka.com

Ginjal, misalnya.

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat vital sebab ragam fungsinya dibekalkan Tuhan untuk keberlangsungan hidup.

Di antara ragam fungsi ginjaladalah; menyaring darah, membuang cairan dari tubuh, membentuk urin, menjaga jumlah air dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang, menyaring dan membersihkan darah, merangsang pembentukan sel darah merah, serta masih banyak lagi.


merdeka.com

Dengan fungsinya yang sangat beragam tersebut, bisa dibayangkan apa yang terjadi pada tubuh jika organ yang bernama ginjal ini mengalami masalah?

Tentu akibatnya sangat buruk, dan bahkan bisa berakhir dengan kematian.

Namun anehnya, justru ada orang yang berani mempertaruhkan ginjalnya demi sebuah hasrat duniawi serta kemewahan sesaat.

3 orang berikut contohnya;


1. Xiao Wang, jual ginjal demi iPhone 4

Konten Sensitif

kompas.com

Secara umum setiap orang memang memiliki 2 ginjal, di mana ketika salah satu ginjal diangkat, maka kemungkinan seseorang masih bisa hidup dengan normal.

Berbekal pengetahuan tersebut, pada tahun 2011 lalu seorang pria asal China bernama Xiao Wangmemperdagangkan salah satu ginjalnya kepada sebuah rumah sakit 'abal-abal'.

Untuk apa Wang nekat menjual satu ginjalnya?

Rupanya pria yang kala itu masih berusia 17 tahun sangat menginginkan iPhone 4, sementara orangtua Wang menolak membelikan lantaran keterbatasan ekonomi.

Kala itu, memiliki iPhone 4 memang dianggap sangat keren. Seseorang yang memiliki iPhone keluaran Apple memang selalu tampak berkelas, apalagi harganya yang mentereng.

Namun sayangnya, Wang memaksakan kemampuan untuk membeli ambisinya itu.

Wang berhasil menjual satu ginjalnya dengan harga 22.000 yuan atau 3.200 dollar AS kala itu.

Jumlah yang lebih dari cukup untuk 1 unit iPhone 4 yang kala itu dijual mulai dari 399 dollar AS untuk model 16GB dan 499 dollar AS untuk versi 32GB.

Wang memang telah mendapatkan hasratnya, yakni iPhone 4, tetapi sayangnya ia pun harus menghabiskan hidupnya di atas kasur akibat infeksi pada luka operasi pengangkatan ginjal. Ia tidak dapat beraktivitas sebab kondisi ginjal tunggalnya memburuk.

Bukan hanya Wang yang akhirnya menderita, tetapi juga keluarganya terpaksa mengalami krisis keuangan akibat menutup biaya perawatan cuci darah yang tinggi.

Miris!



2. Phillip Hill, jual ginjal demi Toyota Land Cruiser


suara.com

Hal sejenis juga terjadi pada pria yang diduga berasal dari Australia, Phillip Hill.

Ia menjual 1 ginjal di Thailand demi mobil idamannya, yakni Toyota Land Cruiser.

Satu ginjalnya laku terjual Rp 1 miliar.

Hanya demi hasrat akan sesuatu, kenekatan yang sungguh tidak baik untuk ditiru.

Miris!


3. Ifan, jual ginjal demi pamer kaya

Konten Sensitif

news.detik.com

Bukan cuma di luar negeri, praktik perdagangan ginjal ilegal juga banyak di negeri sendiri.

Ifan, salah satu contohnya. Pria beristri asal Majalaya, Jawa Barat, yang nekad jual satu ginjal demi agar tampak kaya raya.

Ginjalnya berhasil dijual seharga Rp 75 juta, meski sebagian kecil ia gunakan untuk membayar hutang, selebihnya ia pakai untuk membeli PlayStation, pesawat TV, Hand Phone, dan sejumlah emas, tetapi sayangnya usai 3 hari benda-benda berharga yang sudah ia beli dari hasil menjual ginjal, raib sebab digondol oleh pencuri.

Luka bekas operasinya memang sudah sembuh, tetapi kondisi kesehatan Ifan kian memburuk. Kondisi perekonomiannya pun kian susah. Ia yang awalnya bekerja sebagai buruh bangunan, kini lebih sering sakit atau sakit-sakitan.


Itulah 3 contoh orang yang demi kesenangan sesaat rela menjual organ vital anugerah Tuhan yang seharusnya disyukuri dan dijaga.

Orang yang hidup dengan satu ginjal memang masih bisa layaknya orang normal, tetapi secara tidak langsung membutuhkan pemeriksaan dan perawatan khusus.

Pun harus melakukan diet khusus serta tidak boleh sembarangan konsumsi makanan atau minuman yang dapat memperberat kerja ginjal.

Dengan 1 ginjal, masalah jangka panjang mungkin saja juga terjadi, di antaranya seperti hipertensi, proteinuria (kelebihan protein dalam urin), juga menurunkan laju filtrasi glomerulus (GFR). (referensi)


Jumlah penderita gangguan ginjal kronik yang membutuhkan transplantasi, Penyakit Ginjal Kronik (PGK) maupun penderita Gangguan Ginjal Tahap Akhir (GGTA), memang tergolong tinggi, termasuk di Indonesia.

Karenanya, bisa dikatakan jika ginjal termasuk organ yang paling banyak dicari.

Sementara di satu sisi terdapat tidak sedikit orang dalam kesenjangan perekonomian memiliki ginjal sehat yang siap dikorbankan demi memaksakan kemampuan agar tampak mewah dan 'wah' melalui praktik jual beli ginjal secara gelap, tanpa memikirkan resiko jangka panjang yang rentan menghantui kesehatannya sendiri.

Miris, Ya Akhi emoticon-Takut (S)


Cintai ginjalmu, minum air putih tiap hari emoticon-Blue Guy Cendol (S)


sehatq.com

Jangan lupa rutin olahraga, tidur yang cukup, kontrol gula darah, pantau tekanan darah, periksakan kondisi ginjal, jangan minum obat sembarangan, jangan menahan ketika ingin BAK (buang air kecil), dan jangan jual ginjalmu hanya demi ingin memiliki benda ini-itu, apalagi yang sejatinya tidak terlalu penting, yang hanya memenuhi dahaga duniawi sahaja.

Itulah di antara caramenjaga organ vital pembersih darah dari racun-racun hasil metabolisme tubuh melalui urine, yang disebut ginjal agar tetap sehat.

Mari bersyukur atas nikmat luar biasa bernama ginjal yang sehat dan lengkap.

emoticon-Angel :terimakasih emoticon-Angel
Diubah oleh mbak.far 18-07-2020 05:26
phinokk
wisudajuni
tien212700
tien212700 dan 43 lainnya memberi reputasi
42
13K
233
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.