sinsin2806
TS
sinsin2806
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
Ane tertarik membahas ini, karena topik ini memang sedang hangat-hangatnya di bahas di Twitter, dan topik ini ane rasa relate banget dengan semua orang, entah kalian yang saat ini sudah menjadi orang tua, ataupun kalian yang saat ini sedang menjadi anak. Pertanyaann untuk kalian yang saat ini sudah menjadi orang tua. "Apakah kalian menganggap anak kalian Investasi?" dan untuk kalian sebagai anak, "Apakah kalian merasa terbebani, memberikan sebagian hasil kerja kalian untuk orang tua?"



Ane pribadi sering sekali mendengar kata-kata ini "Investasi terbaik adalah anak sendiri" dulu ane masih belum terlalu paham apa yang dimaksud dengan Investasi, tapi seiring berjalan dengan waktu, ane berpikir Investasi kan biasa dilambangkan dengan uang, seperti kita menanamkan sesuatu lantas berharap mendapatkan sesuatu juga setelahnya. Terus maksudnya kita membiayai anak dengan uang, dengan harapan kita akan mendapatkan kembali uang tersebut dalam jumlah yang lebih besar atau bagaimana?

BANYAK ORANG TUA MENGANGGAP ANAK ADALAH INVESTASI.
Orang tua normal akan menganggap anak sebagai titipan dari Tuhan yang harus dijaga dengan baik, diberi fasilitas terbaik semampu kedua orang tuanya, terlepas dari apakah anak tersebut nantinya akan membalas kebaikan dengan berbakti kepada kedua orang tuanya atau tidak. Tapi kewajiban orang tua memang untuk merawat anak-anak nya tanpa pamrih. Tapi ada juga orang tua yang menganggap anaknya adalah Investasi, contohnya adalah kolega kerja ane.

Kolega kerja ane adalah seorang janda berumur 40 tahun, memiliki 1 anak laki-laki kelas 3 SMA, dia sering curhat ke ane tentang kehidupannya. Dan 1 hal yang ane inget bener sampe saat ini, dia bilang "Sin, gue kerja banting tulang begini, cuma buat anak gue sin, gue sekolahin dia bener-bener dari kecil sampe segede ini, gue semua yang biayain sin. Investasi gue ya cuma anak gue, kalo dia udah selese sekolah, gue mau berenti kerja sin. Capek. Biar gantian anak gue yang kerja."

Ya gimana ya, ane juga ga bisa menyalahkan pemikiran kolega ane ini, karena ane tau beratnya perjuangan dia ngebesarin 1 anak dengan status single parentgitu. Cuman ketika nanti ternyata anaknya ga sesuai sama harapan ibu nya gimana? Karena dari awal temen ane ini udah menganggap anaknya sebagai Investasi.

UNEK-UNEK ANAK YANG DIANGGAP SEBAGAI ROBOT INVESTASI.

sumber gambar : Twitter/@tucarino_
Bisa dibaca ya, diatas adalah contoh unek-unek seorang anak yang merasa terbebani dengan segala kebutuhan keluarga dan adik-adiknya. Ya gimana ya, ane juga sebenarnya bingung menyikapinya, kalau ditanya "Apa ada tipe orang tua yang morotin hasil kerja anaknya?"Jawabannya jelas ada, temen kosan ane dulu pas merantau begini. Dia rela dikosan cuma makan sama mie instan hampir setiap hari, biar bisa ngumpulin uang buat bayar utang orang tuanya dikampung. Tapi kalo temen ane, dia ga pernah ngeluh. Dia bilang selama dia masih bisa kerja buat bantu orang tuanya ya ga masalah.

LURUSKAN POLA PIKIR, TUJUAN DAN NIAT. SUPAYA TIDAK MERASA TERBEBANI.
Pemikiran seperti Anak adalah Investasi atau Anak bukan Investasi serta Memberi Orang Tua adalah Kewajiban atau Memberi Orang Tua ketika Kita Lebih, abaikan saja dan gausah diperdebatkan. Yang penting lakukan peran dengan sebaik mungkin. 



Karena ane percaya, orang tua yang baikadalah orang tua yang mendukung anaknya dalam hal apapun tanpa menuntut kembali. Anak adalah anugerah dari Tuhan dan sudah swajib hukumnya bagi orang tua untuk merawatnya, kalau ada yang bilang anak adalah Investasi, mungkin lebih ke Investasi akhirat ya. Kalo bagi ane seorang muslim, ane diajarkan bahwa "Anak yang berbakti adalah pahala bagi orang tua yang sudah meninggal" setiap doa-doa nya akan menggugurkan dosa orang tuanya. 

Sedangkan anak yang baik akan memberi kepada orang tuanya tanpa diminta. Sebagai wujud dan bentuk terimakasih karena telah merawat, membesarkan, menemani dan melakukan hal terbaik sebagai orang tua. Ane sadar betul, sebesar apapun materi yang diberikan oleh anak kepada orang tuanya, tidak akan sebanding dengan pengorbanan dan perjuangan kedua orang tua yang telah merawatnya. So, menurut ane sikapi dengan bijak.

sumber : Opini pribadi

Diubah oleh sinsin2806 16-07-2020 06:41
pixeldiaryRichy211tien212700
tien212700 dan 45 lainnya memberi reputasi
44
15.3K
294
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.