saya.kiraAvatar border
TS
saya.kira
Ente Sering Parkir Pakai Standar Samping? Ini Resikonya

Agan dan Sista pasti sering banget lihat banyak pengendara memarkirkan sepeda rotomnya hanya mengandalkan standar samping. Padahal keseringan pakai standar samping ketika parkir itu ada efek negatifnya.

Terlebih ketika parkir, pengendara dan yang dibonceng masih duduk manis di atas motor. Terlalu sering dan terlalu lama justru malah kurang dianjurkan. 

Parkir pakai satu penyangga, dimensi motor akan jadi lebih lebar dan memakan ruang parkir. Nggak percaya? Silakan GanSist coba tarik garis lurus, pasti kemiringan motor malah makan ruang di samping.

Selain memakan ruang parkir, penggunaan standar samping dalam jangka lama juga ikut berpotensi mempercepat kerusakan sokbreker loh GanSist!



"Pakai standar samping, bobot motor akan ditahan oleh satu penyangga. Beban suspensi kiri jadi lebih berat dibanding kanan. Kelamaan, mempercepat kerusakan sok kiri," bilang Anggono Iriawan, Manager Motorsport Departement & Safety Riding PT Astra Honda Motor.

Dari aspek keselamatan, penggunaan standar samping juga berisiko. Ketika pakai standar samping, banyak pengendara lupa menaikkan kembali ketika motor digas keluar dari lokasi parkir.

Padahal standar samping masih terbuka dan bisa bahaya ketika melibas tikungan kiri, bisa gedubrak.
Nah pasti Agan dan Sista pernah liat ada pengendara yang lupa ngangkat kan, atau mungkin ente pernah mengalami sendiri telat angkat, eh lupa angkat standar?



Tapi sekarang nggak bisa lupa lagi karena beberapa pabrikan sudah menanamkan sensor pada standar samping. Mesin nggak bakal hidup jika standar samping masih terbuka.



Ada baiknya mulai sekarang Agan dan Sista membiasakan pakai standar tengah, walaupun berat bagi beberapa orang tapi dapat meminimalisir telat angkat yang dapat berakibat fatal.

Standar


turkusuma
newterminalspa
tien212700
tien212700 dan 18 lainnya memberi reputasi
15
8.4K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.