brina313Avatar border
TS
brina313
Mengenal Lebih Dekat Tentang Apa itu Jofisa?
 

 Hi, selamat pagi. Selamat datang kembali di thread saya. Apa kabar jomlowan-jomlowati? Semoga hidupmu baik-baik saja. Hari ini, esok dan selamanya.






GanSis masih ingatkah dengan Rey Mbayang yang beberapa hari yang lalu menikah dengan sang pujaan hati. Dengan bangganya mempublikasikan bahwa pernikahn yang dijalaninya sekarang adalah tanpa pacaran. Ya, tepat sekali, mereka melalui tahapan taaruf. Akhirnya kerena kisahnya itu yang membuat banyak pemuda-pemudi baper ingin juga melangsungkan nikah muda. Karena menikah itu lebih baik untuk menjaga diri dari dosa pelanggaran laki-laki dan perempuan yang belum halal.

Setelah dipikir-pikir dengan matang, bila umur belum memenuhi sayarat, biaya belum bisa diajak kompromi, maka sendiri dulu adalah pilihan terbaik. Sesuai sunnahnya bila anak muda yang sudah umurnya menikah namun belum mampu menikah maka silakan berpuasa.




Lalu, pernahkah GanSis mendengar kata JOFISA?

Awalnya, saya kira jofisa adalah nama seorang gadis cantik berhijab rapi dan disukai oleh banyak orang. Lama-lama saya tahu bahwa jofisa itu bukan yang seperti itu. Masa iya anak jaman sekarang tidak tahu jofisa? Rasanya mengganjal ya GanSist? Berikut kita uraikan bersama.




JOFISA adalah kependekan dari Jomlo Fii Sabilillah. Kita kerap kali mendengar kata jomlo adalah bahasa gaul, sebutan untuk orang yang tidak punya pasangan dan belum menikah. Sebenarnya lebih enak disebut single daripada dipanggil jomlo. Karena Jomlo itu arti sebenarnya adalah Wanita Tua. Karena dijadikan bahasa gaul akhirnya terjadi pergeseran makna. Tapi kalau single, gak enaknya ada embel-embel belakangnya, haha.




Sedangkan Fii Sabilillah artinya orang yang berjuang di jalan Allah. Yang dikatakan berjuang di jalan Allah adalah orang yang menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya. Atau ada makna lain dari fii sabilillah bentuknya adalah kalau di jaman dulu seperti perang membela agama Allah, berdakwah amar ma’ruf nahi munkar. Jadi kalau digabungkan Jomblo Fii Sabilillah adalah orang yang berjuang sendiri di jalan Allah dengan menjalankan aturan dan meninggalkan larangan.





Namun karena jaman yang membuat pergeseran makna tersebut, sehingga banyak yang salah arti, banyak yang membuat kata JOFISA sebagai caption status.

Dalam hidup, Allah memberikan banyak proses kepada kita. Mulai dari kita lahir sampai di usia kita ingin memiliki pasangan. Termasuk di masa usia tanggung, ada masanya kita jomlo alias tidak memiliki pasangan. Tapi ingat yang dinamakan JOFISA sendiri ada cirri-cirinya. Tidak semua jomlo bisa disebut Jofisa.




Orang yang Tidak Memiliki Pacar

Iya kali ada orang ingin disebut jomlo tapi kenyataannya dia punya pasangan. Anda sehat? Pun islam memang melarang kita untuk pacaran.            Sebab pacaran itu salah satu perbuatan yang mendekati zina. Sedangkan zina sendiri dilarang oleh agama. Jika kamu mengatakan kamu pacaran sehat atau pacaran syar’i. Coba jelaskan yang seperti apa?

 

Mau Berjuang di Jalan Allah

Yuk kita sama-sama berjuang di jalan Allah agar kita termasuk orang yang disenangi oleh Allah. Masa iya ingin dibilang Jomlo Fii Sabilillah tapi tidak mau berjuang?




Hidup adalah pilihan termasuk pilihan untukmu mau menjadi Jofisa atau orang yang sama seperti orang-orang di luar sana? Ketika kamu memutuskan untuk menjadi Jofisa, kamu jangan takut tidak punya jodoh. Karena jodoh itu sudah diatur oleh Allah.

Lebih baik menyibukan diri untuk hal yang lebih bermanfaat dibandingkan dengan sibuk mengurusi orang lain yang tidak ada pedulinya sama sekali pada kita. Gak level kalau kamu bilang lagi galau karena pasangan yang belum tentu jadi jodoh kamu. Waras bareng yok?




Thread Brina special buat kamu yang lagi bingung dengan keadaan hati. Brina pamit. Mohon maaf atas banyaknya kesalahan. Jangan lupa mampir dan tinggalkan jejak dengan cendol, rate, komentar, dan share. Terimakasih 

Narasi Pribadi
Referensi


kunjungi blog kompak dengan klik banner dibawah ini!

Diubah oleh brina313 15-07-2020 05:20
uni214
Cahayahalimah
rirandara
rirandara dan 5 lainnya memberi reputasi
6
1.8K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.