lonelylontongAvatar border
TS
lonelylontong
Mau Cek DNA Sekarang Ga Perlu Ke Lab Bisa Pakai HP Doank Gan Sis
Selama masa pandemi Covid ini, tentu kita sering mendengar kata swab test dan test PCR. Apa sih sebenarnya yang dilakukan oleh test tersebut?

Secara sederhananya, yang dilakukan adalah menganalisa susunan DNA dari sample, kemudian mencocokkan-nya ke database yang ada, untuk mengetahui DNA siapakah ini. Dalam hal Covid 19, tentu saja yang dicek adalah, apakah ada DNA si covid di sample yang sedang ditest.

Di bawah ini gambar penampakan dari salah satu model alat tes PCR tersebut :

Gbr diambil dr : Kompas.com

Keren sekali kan, dengan tampilan yang futuristik.

Tapi, tahukah agan-agan dan sista-sista, bahwa ada perusahaan yang sudah mengembangkan alat test PCR yang portable dan bisa dibawa-bawa? Alatnya jauh lebih kecil dari alat PCR yang dipakai untuk mendeteksi covid 19 saat ini. Hanya sebesar telapak tangan saja.


Gbr diambil dr : Forbes.com


Portable Genome Sequencer ini, memiliki banyak kelebihan dalam hal efisiensi daya dan kemudahan pengoperasian. Karena dimensi-nya yang tidak terlalu besar, alat test ini jadi mudah dibawa-bawa ke daerah-daerah terpencil yang membutuhkan test PCR secara cepat dan terkendala dengan kesulitan transportasi.

Alat yang mungil ini sendiri, diberi nama yang tidak kalah unyu-unyu, namanya adalah MinION, ya gitulah, macam anak buahnya Gru di Despicable me.

MinION ini memungkinkan alat tes PCR yang kecil dan portable, karena menggunakan nanopore sequencing yang memungkinkan DNA dianalisa dan dipetakan, tanpa harus diamplify/diperbesar. TS sendiri tidak tahu bagaimana tepatnya alat ini bekerja (silahkan yang tidak puas boleh memaki-maki TS).

Tapi TS ingin berbagi, betapa kita banyak ketinggalan dalam hal teknologi, penemuan-penemuan yang berguna dan dibutuhkan banyak orang, bermunculan dari luar negara kita, dan kita hanya mampu menjadi konsumen.

Selain itu juga sangat menarik melihat perkembangan teknologi yang seringkali ternyata sudah berada jauh di depan imajinasi kita. Bayangkan sebuah alat portable PCR ini ternyata sudah ada teknologinya bertahun-tahun yang lalu, dan sudah banyak digunakan di berbagai tempat.

Bahkan ketika TS sedang mencari-cari informasi tentang portable PCR ini, ternyata sudah ada pula yang sedang berusaha memproduksi portable PCR yang berukuran lebih kecil lagi dan bisa dihubungkan ke iPhone.

Gbr diambil dr : steemit.com

Jika saudara tuanya tadi bernama MinION, maka pembuat alat di atas menamakannya SmidgION. Apakah nantinya SmidgION akan berhasil diluncurkan? Kita masih harus menunggu.

Namun, TS bisa membayangkan suatu saat nanti bisa saja teknologi ini akan menjadi terjangkau dan mudah sekali digunakan, sehingga seperti PC dan laptop yang sekarang sudah menjadi alat yang umum bagi masyarakat awam, bisa saja portable PCR ini pun akan bernasib demikian.

Pada saat itu, untuk memastikan seseorang tidak terinfeksi virus yang berbahaya, kita tidak ditest lagi menggunakan alat pengukur suhu yang tidak efektif untuk mendeteksi OTG (orang tanpa gejala), tapi akan ditest menggunakan PCR portable ini.

Atau mungkin lebih jauh lagi, bisa saja untuk memastikan makanan yang akan kita konsumsi itu aman dari virus-virus berbahaya, setiap akan makan, kita cek dulu dengan HP kita. Amankah makanan ini dari virus?

Keren kan gan? Sis?

Bagaimana pendapat kalian?

Sumber referensi :
1. https://nanoporetech.com/products/minion
2. https://www.nature.com/articles/s10038-019-0675-4
3. https://www.sciencedaily.com/release...1022174418.htm
4. https://steemit.com/science/@tking77...s-on-an-iphone
Diubah oleh lonelylontong 14-07-2020 04:56
bayutriadmojo
EndyMalang
ujellyjello
ujellyjello dan 40 lainnya memberi reputasi
39
9.5K
157
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.