• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Bus Listrik Transjakarta Mulai Uji Coba, Agan Mau Nyoba Naik?

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Bus Listrik Transjakarta Mulai Uji Coba, Agan Mau Nyoba Naik?

Beberapa waktu lalu sempat beredar info kalau Transjakarta akan menambah armada baru. Armada baru tersebut lebih ramah lingkungan karena sumber energinya dari listrik. Dan, mulai Senin, 6 Juli 2020, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba untuk armada bus listrik tersebut. Uji coba ini akan dilakukan hingga tiga bulan ke depan. Bus listrik EV1 ini akan melayani rute Balai Kota – Blok M.

Kemunculan bus listrik ini telah mencuri perhatian sejak tahun lalu dan mendapatkan respon yang cukup baik dari masyarakat. Pada masa pra ujicoba, bus listrik hanya dioperasikan dengan mengangkut galon air dan masyarakat di tempat-tempat wisata saja, tercatat ada 13 ribu masyarakat yang sudah menjajal bus listrik pada masa pra ujicoba.

Untuk layanan EV1, Transjakarta untuk awalnya mengoperasikan dua unit armada BYD untuk menguji kecocokan armada listrik di layanan Transjakarta. PT Bakrie Autoparts sebagai agen BYD di Indonesia membawa dua unit bus single low entry tipe K9 dan bus medium tipe C6 pada uji coba ini. Kedua bus BYD itu diklaim mampu menempuh jarak hingga 250 km sebelum baterainya harus diisi ulang. Durasi pengecasan kurang dari 4 jam setiap harinya.

Untuk jam operasional, bus listrik ini akan mulai beroperasi mulai pukul 10.00 – 20.00 WIB dengan headway atau jarak keberangkatan setiap 45 menit sekali dan berhenti di halte – halte non – BRT di sepanjang rute Blok M hingga Balai Kota. Untuk menimati layanan bus listrik pada rute EV1 pelanggan tidak dikenakan biaya. Tapi, pelanggan tetap diwajibkan untuk melakukan tap in dan tap out pada alat Tap On Bus (TOB) yang tersedia di dalam bus.


doobey
agusn6778
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.