• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Ada yang Bisa Saingi Murahnya? Tempat Makan Ini Cuma Patok Harga Makanannya Begini

widokoAvatar border
TS
widoko
Ada yang Bisa Saingi Murahnya? Tempat Makan Ini Cuma Patok Harga Makanannya Begini
Indonesia adalah gudangnya kuliner. Ada kuliner yang terkenal sampai kancah internasional misalnya rendang dan sate. Banyak pula kuliner yang khas akan daerah tapi terkenal di nasional semisal Masakan Padang, Gudeg Jogja, Coto Makassar, Empek-Empek Palembang, Kerak Telor Jakarta dan seterusnya.


Warga Membeli di Warung Ikhlas (Sumber: kumparan.com)


Dari segi harga pun bervariatif. Ada yang sampai ratusan ribu. Ada yang terjangkau untuk masyarakat menengah bawah. Ada pula yang sangat murah. Bahkan ada pula yang murahnya kebangetan.


Mie Ayam 1,000 (Sumber: suara.com)


Salah satu yang murahnya kebangetan dan sempat viral adalah mie ayam yang harganya cuma seribu rupiah. Dilansir Suara.com, 15 Juni 2020, mie ayam seribu rupiah tersebut dijual oleh Pak Sahid di sekitar Wuluhan dan Ambulu, Jember Jawa Timur. 


Warung Ikhlas (Sumber: kumparan.com)


Tetapi Pak Sahid bukan satu-satunya penjual makanan dengan harga murah. Jika Pak Sahid menjual mie ayam bungkus kecil seharga seribu, baru-baru ini muncul Warung Makan di Yogyakarta yang tak kalah unik dan murah. Warung Ikhlas.

Warung Ikhlas ini mengambil tagline: nikmati sajiannya, bayar seikhlasnya. Dilansir Kumparan.com, 11 Juli 2020, warung yang digagas oleh organisasi Keluarga Besar Ridlo Allah ini buka 6 Juli lalu. Menurut Humas Warung Ikhlas, Nadia, warung ini terbuka untuk umum. Siapapun boleh ke warung tersebut. Bayar tidak bayar, di warung ini bayarnya seikhlasnya.

Lalu jika bayar dengan seikhlasnya, bagaimana warung yang mendapat sambutan positif warga ini bisa berjalan?

Menurut sumber yang sama, penjaga warung tersebut semuanya adalah relawan yang tidak dibayar. Selama dua minggu beroperasi, para penunggu warung tersebut belum ada yang dibayar secara materiil. Warung ini terinspirasi salah satu ayat dalam Al Qur-an: barang siapa menolong orang lain dalam kesusahan, insya Allah akan dimudahkan segalanya.

Memang warung ini terbuka untuk umum. Diutamakan bagi dhuafa, ojek online, pengamen dan yang membutuhkan. Jika lancar, Warung Ikhlas ini rencananya akan buka cabang lagi di Yogyakarta dan kota-kota lain.

Hmmm warung makan bayar seikhlasnya, ada yang bisa menyaingi murahnya...?I]

 


Referensi:

1. https://www.suara.com/lifestyle/2020...eharga-rp1000

2. https://kumparan.com/tugujogja/warun...VQyCWgvI/full
oncom.onair
taufik1804
bayoet23
bayoet23 dan 33 lainnya memberi reputasi
32
7.5K
162
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.