pisangkepok008Avatar border
TS
pisangkepok008
Sudan Cabut Syariat Islam, Izinkan Non-Muslim Minum Miras
Jakarta, CNN Indonesia -- 
Sudan mengizinkan non-Muslim minum alkohol setelah negara itu mencabut syariat Islam. Hukum yang telah berlaku selama 30 tahun itu dibatalkan dan amandemen aturan baru disetujui.
"Sudan mengizinkan non-Muslim mengkonsumsi alkohol dengan syarat tidak mengganggu ketertiban dan tidak dilakukan di tempat umum," kata Menteri Kehakiman Nasredeen Abdulbari dalam sebuah wawancara seperti dikutip dari AFP, Selasa (14/7).

Lihat juga:

 Kematian akibat Kelaparan Lebih Tinggi dari Infeksi Corona

Abdulbari mengatakan kini warga yang keluar dari Islam atau murtad tidak lagi dihukum mati. "Tidak ada yang berhak menuduh orang atau kelompok kafir, ini mengancam keselamatan dan keamanan masyarakat dan mengarah pada pembunuhan balas dendam," katanya.

Sudan merupakan negara mayoritas Muslim, namun juga memiliki warga beragama Kristen.
Syariat Islam ditegakkan sejak era Omar al-Bashir berkuasa pada 1989. Dia digulingkan pada 2019 menyusul protes massa terhadap pemerintahan otoriter yang didukung militer.

Pemerintah transisi Sudan yang dibentuk atas kesepakatan antara kubu demonstran dan para jenderal militer, telah melakukan serangkaian reformasi. Termasuk melarang sunat bagi wanita.
Konstitusi baru tersebut juga menghilangkan penyebutan Islam sebagai ciri khas Sudan. Kelompok hak asasi manusia mengutuk hukuman mati yang dijatuhkan rezim lama terhadap seorang wanita yang divonis murtad pada 2014 lalu.

Wanita itu dijatuhi hukuman mati karena pindah agama dari Islam ke Kristen. Namun hukuman dibatalkan setelah kalangan internasional mendesak  pembebasan. Wanita itu kemudian melarikan diri ke Amerika Serikat.
(dea)

Diubah oleh pisangkepok008 14-07-2020 10:16
maleo.pejuang
Proloque
areszzjay
areszzjay dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.4K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.