Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
110
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0ac02482d49509f962a5a1/surat-cinta-dalam-kehidupan-anak-sekolah-tahun-80an
Gw terkadang suka senyum-senyum sendiri jika mengingat masa-masa di SMA. Masa yang paling indah kalau orang bilang. Pernah nakal ikut tawuran. Aktif di kegiatan ekstrakurikuler. Sampai suka hiking, camping, dan.... bikin puisi! Apalagi saat itu gw ada dikepengurusan OSIS dan mengelola majalah sekolah, praktis gw punya banyak kesempatan untuk bikin cerita pendek dan bikin puisi.
Lapor Hansip
12-07-2020 14:47

Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
Ilustrasi Surat Cinta

Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an


Quote:
Buat kamu disana....


Jujur, aku tak bisa berpaling setiap melihatmu melintas didepanku.
Gerai rambut di dahimu, senyum manis bibirmu, suara tawamu yang lepas, membuatku tak bisa melihat Pak Yanto yang berulangkali memanggilku.

Kadang aku bertanya, lebih sulit mana antara menghadapimu dibanding dengan menghafal rumus-rumus Kimia. Lebih rumit mana antara menerka sikapmu dengan mencari jawaban persamaan matematika.
Tapi aku berkeyakinan bahwa senyummu adalah yang terindah yang pernah kulihat dalam hidupku.

Jangan pernah berlalu cepat ya ketika kamu berjalan didepanku, biar aku bisa lebih lama menikmati indahnya senyummu. Biar aku bisa lebih lama menatap binar matamu.

Kamu adalah Edelweiss ku. Bunga abadiku.
Yang tak akan lekang dari mimpiku.

Aku yang menyayangmu




Gw terkadang suka senyum-senyum sendiri jika mengingat masa-masa di SMA. Masa yang paling indah kalau orang bilang. Pernah nakal ikut tawuran. Aktif di kegiatan ekstrakurikuler. Sampai suka hiking, camping, dan.... bikin puisi! Apalagi saat itu gw ada dikepengurusan OSIS dan mengelola majalah sekolah, praktis gw punya banyak kesempatan untuk bikin cerita pendek dan bikin puisi.

Akibat 'keahlian' gw itulah akhirnya gw suka diminta untuk membuat puisi sama teman-teman sekolah gw, sampai yang paling ekstrim lagi, bikin surat cinta! Sampai suatu ketika teman gw marah ke gw karena cewek yang ditaksirnya pas didepan gw minta dibacain puisi yang pernah ditulisnya didalam surat cinta ke cewek itu (yang sebenarnya emang gw yang bikin). Praktis dia gak bisa. Eh, gw keceplosan bacain puisi itu diluar kepala ( ya hafal lah gw). Akibatnya cewek itu tahu kalau puisi didalam surat cinta itu gw yang bikin. Dan parahnya lagi, dia juga menduga semua tulisan puitis didalam surat cintanya itu hasil pikiran gw, dan sayangnya ini bener. Berantakan dah semuanya.

Kesananya? Bisa diduga. Tiap ada cewek yang dapat surat cinta dengan kata-kata yang melambungkan angan cewek, cewek itu pasti datang ke gw dan minta kepastian, itu yang bikin gw atau bukan? Wkwkwkwk.... Akhirnya seret mata pencaharian gw. Padahal kan lumayan, dari bisnis surat cinta, gw dapat pemasukan tambahan uang jajan. Sadis! Bisnis surat cinta!

Tapi emang bener koq.
Dulu, surat cinta itu sangat tinggi nilainya. Itu ibarat sebuah pengakuan tentang diri kita. Apalagi tulisannya adalah tulisan tangan kita sendiri, jadi bisa dinilai seberapa berartinya orang yang mendapat surat cinta itu. Dan kertasnya, dari kertas robekan buku hingga kertas khusus beli di Gra*****.

Dan berharap mendapat balasan dari surat cinta yang kita kirim kepada orang yang emang kita tuju, itu ibarat menunggu panggilan kerja. Harap-harap cemas. Antara diterima atau ditolak. Kalau ditolak, bisa langsung dirobek itu surat. Tapi kalau diterima, bakal sepanjang hari senyum-senyum sendiri. Gw pernah mengalami juga soalnya. Mau berangkat sekolah, dapat surat dari cewek daerah Bintaro yang masih SMP kelas 3. Kebetulan gw masih kelas 1 SMA. Gw emang naksir dia waktu ketemu di acara Radio swasta. Baru gw terima aja dada gw udah dagdigdugder. Antara takut bacanya sama penasaran. Pas gw baca, itu sepanjang jalan gw ke sekolah senyum-senyum terus.

Intinya dalam surat balasan itu :

"Aku mau koq jadi pacar kamu. Aku juga sebenarnya suka sama kamu, tapi aku nggak berani ngomongnya. Makanya waktu kamu minta alamat dan nomor telepon rumah aku, aku kasih. Aku berharap kamu kirim surat ke aku. Pokoknya mulai saat kamu terima dan baca surat aku, aku jadi pacar kamu."

Hahahahaha...
Gw nulis ini jadi ketawa sendiri. Padahal di dalam sana, di sebuah sekolah kejuruan di Jakarta Timur, anak gw lagi UTBK. Dan gw yang nungguin dia pulang malah bikin trit receh.

Kaskuser semua.
Mungkin saat sekarang komunikasi jauh lebih mudah. Dulu cuma bisa lewat surat atau lewat telepon rumah. Itu juga bagi yang punya telepon rumah. Janjian? Ya lewat dua benda itu. Makanya dulu telepon koin itu sangat berarti bagi anak sekolah menengah lanjutan atas tahun 80an.

Kalau yang ditaksir satu sekolah dan kebetulan kelasnya berbagi pagi dan siang, itu surat ditinggalin di laci meja kelas ditempat doi duduk. Besoknya longak-longok nyari balasan suratnya.

Ah, generasi surat cinta telah hilang. Dan Pak Pos pun kehilangan pekerjaannya. Padahal dulu biasanya Pak Pos datang pakai motor dan bilang, "Ada surat cinta nih!"

Kadang rindu dengan masa lalu.
Tapi kalau cerita soal begini ke anak-anak, mendadak emosi semua.
"Tutup buku Yah. Masanya udah lewat. Jangan pernah ceritain mantan-mantan Ayah." Kata mereka.

Yaudah gw nurut. Ngunci mulut rapat-rapat.
Eh tapi kan ini masa lalu gw, dan mereka juga belum ada. Kenapa pada sensi sih?

emoticon-Hammer2

***********
Tulisan hasil sendiri.
Gambar ilustrasi surat cinta nyomot dari Google.
Saat ini duduk di ujung gang dekat SMK di Jakarta Timur.
***********

Diubah oleh i.am.legend.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
rubyamora dan 23 lainnya memberi reputasi
24
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 3
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 14:16
pengen dah rasanya dapet surat cinta emoticon-Betty dulu mah zaman gw nembak ya dari wartel pacaran di telfon box umum... emoticon-Angkat Beer
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 14:20
Tahun 80an ane masih balita gan!

Duuh...tua jg ya ane gan?
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 14:30
Kalau baca surat bagian tulisan ini
"Aku suka sama kamu"
Pasti rasanya hati berbunga-bunga dan jiwa seperti melayang, hujan lebat aja seperti cuaca cerah
emoticon-Ngakakemoticon-Goyangemoticon-Keep Posting Gan
profile-picture
profile-picture
husnamutia dan servesiwi memberi reputasi
2 0
2
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 14:33
Biasanya sih coret2 di buku cew yg disukai emoticon-Malu

Pas koreksi kan tukar buku tuh, jaman ane belum ada lks

Ane sebisa mungkin dptin buku si doi, dilembar belakang ane coret2 pake pensil deh emoticon-Malu
profile-picture
husnamutia memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 14:34
Yang nulis sulit anak2 mapala/pencinta alam bukan ? Cuma anak2 pencinta alam kayaknya yg familiar sama bunga edelweis
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 14:47
hehee bener gan.. zaman dulu memang aslik sering surat surat.an.. lebih romantis ini maah...
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 14:53
Ane SMP masih dikirimin surat gan. Terakhir kayaknya baru tahun kemarin masih kirim-kiriman surat cinta. emoticon-Malu
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:01
Gw pernah ngirim surat cinta lewat temen gw, eh dibaca dulu ternyata suratnya sama dia. Itu pun dia ceritanya udah lama karna takut sama gw. Brengsek bener dah.
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:02
Jaman ane masih bocah, om ts dah cinta2an emoticon-Matabelo
profile-picture
servesiwi memberi reputasi
1 0
1
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:16
Mejeng di trit nostalgila emoticon-Leh Uga
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:20
wah engkong. sehat kong?
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:29
love letters memorable banget.

kehadirannya selalu ditunggu.
emoticon-Ngakak
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:40
jaman saiki ora ninja ora cinta emoticon-Ngakak
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:46
nostalgi
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:50
Baru aja baca judulnya udah ketawa duluan gan
Langsung memorynya muter balik

Coo ciwieeeet

emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S) emoticon-Betty (S)
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 15:56
Anak Sekolah, satu SMA
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 16:06
TS dan ane sama nih emoticon-Cool

#hailanak80an
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 16:51
Minta puisi donk om..

emoticon-Cendol Gan
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 16:53
ane pernah nih dpt surat cinta dititipin sm temen ane, tp temen ane gak ngaku itu dr siapa. akhirnya lama kelamaan yg ngasih surat ngaku jg karna emg gak pernah ane respon. pdhl itu jaman msh kecil astaga
0 0
0
Surat Cinta Dalam Kehidupan Anak Sekolah Tahun 80an
14-07-2020 16:58
surat cinta itu senjata banget sih di tahun2 segituemoticon-Matabelo
jadi kangen surat2an sama si eneng
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia