Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
517
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f094193f4ae2f6db7180723/taaruf-menikah-tanpa-pacaran-kok-bisa-yakin
Kemarin, si Rey Mbayang ini rupanya menikah dengan mbak Dinda Hauw. Tahu gak? Mereka ini menikah tanpa pacaran loh, alias taaruf! Bahkan sebelumnya mbak Dinda ini sempat-sempatnya menolak (dengan keras) si Mas Rey. Dalam akun pribadi instagram Dinda Hauw, beliau sedikit menjabarkan kisah (proses) taaruf mereka berdua.
Lapor Hansip
11-07-2020 11:35

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?



Hallo Agan Sista, ayo ngaku, siapa yang suka dengerin lagu-lagunya Rey Mbayang? Ane ngaku deh! hahaha. Terutama lagunya yang Untuk Apa dan Tentang Setelahnya, udah sejak 2019 masuk ke playlist ane, bahkan sampai saat ini.





Rey Mbayang - Untuk Apa





Kemarin, si Rey Mbayang ini rupanya menikah dengan mbak Dinda Hauw. Tahu gak? Mereka ini menikah tanpa pacaran loh, alias taaruf! Bahkan sebelumnya mbak Dinda ini sempat-sempatnya menolak (dengan keras) si Mas Rey. Dalam akun pribadi instagram Dinda Hauw, beliau sedikit menjabarkan kisah (proses) taaruf mereka berdua.



Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Apa sih Taaruf itu? Taaruf berarti saling mengenal, kata ini merupakan kata serapan dari bahasa arab. Pada praktiknya taaruf diperuntukkan untuk menjelaskan bahwa si Fulan dan si Fulani sedang proses saling mengenal sebelum lanjut ke jenjang pernikahan.



Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Dalam beberapa tahun terakhir, taaruf semakin menjadi tren di Indonesia. Dari mulai para artis, hingga muda-mudi mulai beralih dari pacaran ke taaruf.

Apa sih bedanya pacaran dan taaruf? Secara sederhana, pacaran bersifat lebih bebas, santai dan tidak perlu menentukan target kapan menikah.Sedangkan taaruf bersifat lebih resmi, ada langkah-langkahnya yang dirunut secara pasti, dari awal hingga mantap menuju pernikahan (jika sama-sama cocok), berbeda dengan pacaran, taaruf haruslah didampingi oleh pihak ketiga, yang berfungsi sebagai penghubung dan penjaga agar antara laki-laki dan perempuan tidak berdua-duaan.


Quote:“Jangan sampai kalian berdua-duaan dengan seorang wanita (yang bukan mahramnya), karena setan adalah orang ketiganya.”(HR. Ahmad)


Sejatinya, proses menikah tanpa pacaran sudah lama ada di Indonesia. Setidaknya dari jaman Siti Nurbaya, iya, perjodohan. Bahkan orangtua ane juga menikah atas dasar perjodohan. Dimana antara keduanya tak pernah saling mengenal, orangtua yang memutuskan bahwa tiba-tiba mereka akan menikah. Ajaibnya, bisa langgeng sampai tua.

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?



Gak cuma di Indonesia, rupanya orang jepang pun banyak loh yang menikah tanpa pacaran. Mereka menyebutnya dengan Kosai Zero Nichikon yang pada konsepnya mirip dengan Taaruf, memutuskan menikah tanpa pacaran. Orang Jepang memilih Kosai Zero Nichikon karena mereka merasa pacaran hanya membuang waktu, ketika mereka merasa nyaman dengan seseorang maka mereka tak akan ragu untuk memutuskan langsung menikah. (sumber : disini )

Ngomong-ngomong, agar gak saling salah kaprah. Taaruf itu bukan tiba-tiba ngajak Menikah tanpa pacaran, tapi ada proses-proses yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

1. Mendapatkan Restu Orangtua Untuk Menikah

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Sebelum mantap ingin mulai taaruf, ada baiknya kita memberitahukan pada orangtua terlebih dahulu, bahwa kita ingin menikah. Penilaian orangtua mengenai sudah pantas atau belum kita untuk membangun rumah tangga tentu akan relevan dan transparan. Adapun yang biasanya harus dipikirkan bersama, adalah tentang kesiapan finansial, kesiapan mental, dan kesiapan ilmu. Nah selain minta restu, jangan lupa minta doa juga ya Gan Sist, biar dipermudah ketemu another half-nya.

2. Membuat Proposal (Mini CV) Diri Sendiri

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Waktu kecil, pernahkah agan sista mengisi biodata diri di binder-binder? Ane pernah, kala itu ane mengisi semua hal yang ane sukai, dan ane tidak sukai. Agak mirip dengan biodata tersebut, pada proses taaruf ada juga yang namanya proposal atau mini cv dari sang pelamar, pada proposal ini biasanya terdapat segala informasi yang sekiranya perlu untuk disampaikan agar saling paham antara si Fulan dan si Fulani. Bahkan ada beberapa proposal yang mencantumkan kriteria pasangan idaman. Sebaiknya proposal ini diisi sejujur mungkin, termasuk kekurangan diri kita sendiri. Agar nanti yang menerima proposal, sebelum bersedia melanjutkan ke proses taaruf selanjutnya bisa berpikir dulu, apa iya bisa menoleransi, atau tidak?

3. Menghubungi Perantara (yang dapat dipercaya),orangtua calon, atau bahkan si Doi langsung

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Ada beberapa orang yang melakukan taaruf dengan cara memberikan proposalnya kepada orang yang ia percayai dapat membantunya menemukan jodoh (biasanya ustad/ustadzah di tempat pengajian), bisa juga sahabat, intinya orang-orang yang akhlaknya baik, amanah, dan kita bisa percayai. Melalui perantara ini biasanya akan terjadi tukar proposal antara laki-laki dan perempuan yang memiliki kecocokan. Jika menurut si perantara cocok, si perantara akan berkomunikasi dengan si laki-laki perempuan, kemudian menukarkan proposal mereka untuk saling baca. Dan jika sama-sama tertarik, bisa mulai proses selanjutnya, pertemuan.

Beda cerita dengan mereka yang sudah memiliki target, misalnya si Fulan sudah mengenal si Fulani dan keluarganya. Si Fulan bisa saja langsung datang ke rumah si Fulani, bisa langsung bicara, bisa melalui proposal jika takut grogi dan salah bicara. Bisa ke orangtuanya dulu, bisa langsung ke si Fulani. Yang jelas, tidak boleh hanya berdua-an saja ketemunya.

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Bahkan bisa lewat DM Instagram loh.

4. Proses Saling Mengenal

Ketika antara si Fulan dan si Fulani terdapat rasa ingin saling mengenal, maka sangat boleh untuk dilakukan proses penjajakan (tetap harus didampingi pihak ketiga). Tanyakan segalanya, jawab sejujurnya. Komunikasi di awal sangat menentukan keawetan rumah tangga setelah menikah.

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Quote:Baca Juga : Terutama Seks, 5 Pembahasan yang Dianggap Tabu Tapi Perlu Dibahas Sebelum Menikah!



5. Khitbah atau Lamaran

Ketika si Fulan merasa yakin bahwa si Fulani adalah seseorang yang tepat untuk dijadikan partner ibadah seumur hidup, maka si Fulan haruslah mengajak keluarganya untuk melamar si Fulani. Kalau antara si Fulan atau si Fulani merasa tidak cocok, maka tidak perlu diteruskan ke pernikahan. Oleh sebab ini pula-lah prosesi lamaran biasanya di rahasiakan dari publik, bahkan ketika lamaran diterima pun, lumrahnya tetap lebih baik untuk dirahasiakan, demi mengurangi kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

6. Menikah

Ketika semua tahapan-tahapan telah dilakukan, maka dilangsungkan pernikahan. Jadi jelas kan, bahwa Taaruf bukanlah memilih kucing dalam karung. Ada proses yang sistematis, dan jelas dari awal hingga akhir. Pacarannya setelah menikah, kata orang lebih seru karena semuanya "baru pertama kali".

Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?

Mungkin segitu dulu thread ane tentang taaruf. Tak ada aturan baku tahapan-tahapan taaruf, sebagaimana ane diajarkan dari kecil, bahwa sejatinya Allah itu selalu memudahkan, justru manusia yang suka bikin ribet. Jadi jika ada perbedaan yang ane tulis dan apa yang agan sista saksikan, itu bukan perkara benar dan salah, hanya beda format saja, meski pada akhirnya sama-sama tidak pacaran dan kemudian menikah (jika sama-sama cocok).


Sumber Tulisan : Opini Pribadi, dan sedikit darisini
Gambar : Google, Twitter, Instagram





profile-picture
profile-picture
profile-picture
Yunie87 dan 65 lainnya memberi reputasi
58
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 7 dari 9
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 06:15
Kalau ane mah seneng seneng aja taaruf... Apalagi kalau taaruf nya model kayak raisa / Isyana sarasvati.. tapi g dapet dapet.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 06:37
sm ky beli monyet dalam karung emoticon-Ngakak
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 06:45
dengan adanya medsos, wa, insta , dll membuat proses perkenalan lebih mudah
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 07:01
Quote:Original Posted By gvia
Ya begitulah gan
Ane termasuk salah satu korban perjodohan,dampak negatifnya yaitu kita gk pernah siap utk menerima pasangan kita baik buruknya.
Ya kalo kita dijodohin ortu sih ya gpp mungkin masih bisa dipertimbangkan meskipun alasannya utk menyenangkan hati ortu.
Setidaknya ada hal bisa bikin kita ikhlas jalaninya.
Beda kasus sama ane yg kena pelet.
Ya ane kena pelet sampe bisa nikah sama bini ane skrg,bini udh mengakuinya,keluarganya juga sama udh mengakui semua itu dan minta maaf.
Ane saranin buat taubat sama tuhan.
Udah bini ane lakuin.
Yah emang pada dasarnya ane gk ada perasaan apa2 sama bini,dan karna hal itu dipaksakan oleh ilmu pelet,alhasil hubungan ane sama bini rasanya hambar gan setelah jimat yg dipakenya dibuang.
Dan akhirnya imbasnya ke semua keluarga ane skrg masalahnya jd belibet banget.
Ortu ane jd sering bertengkar,keluarga bini juga sama.
Dan ternyata dukun yg sebelumnya tempat dia datengin itu ternyata pengen nikahin bini ane juga,alhasil tu dukun suka ngirim siluman ke rumah.
Tiap malem ada aja kejadian ganjil.
Terakhir ane pas tidur ngerasa dililit uler gede sampe sesak nafas.
Udh 2 hari ini ane meriang.


turut berdukacita emoticon-Turut Berduka

pi syukurin aja, suka atau tidak itu bini lu skarang dan jd tanggung jawab ente.
profile-picture
profile-picture
dumpsys dan agungdar2494 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 07:01
Sebenernya mau lewat pacaran atau ta'aruf, begitu melangkah ke pernikahan semuanya balik ke 0 gan.

Ada yang bilang pengenalan karakter pasangan dengan pacaran lama, text book itu gan, pemahaman turun temurun dari orang2 yang belum pada nikah. Level pernikahan itu jauh berbeda dari pacaran. Pas pacaran cewek kita mana tau kita harus marathon mie instan demi bisa ngajak dia makan enak tiap minggu? Di pernikahan gak ada begitu2an, paling phol ya lo diem duduk di depan istri lu yang lagi makan sambil bilang "aku masih kenyang" dan gak lama dia sisain makanannya dan disodorin ke kita "aku udah kenyang" katanya. Kasih tau ane, bisa nemuin hal kayak gini dalam masa pacaran gak? Kagak lah. Yang ada elu diambekin gara2 gak makan, atau makan berdua tapi ngajak dia makan di warung pecel lele.

Ada yang bilang buat ngerti kekurangan pasangan masing2, karena kalo pacaran bisa putus, apalagi nikah, bisa cerai. Ikatan dalam nikah itu kuat gan, gak bisa lo minta cerai hanya gara2 kekurangan dia yang gak bisa lo tolerir. Lagian lo gak akan bisa tau busuknya seseorang hanya dari pacaran, bullcrap lah kalo ada yang bilang bisa. Ane yakin ada satu sisi dari pasangannya yang baru keliatan pas udah nikah.

Jadi balik ke kesimpulan awal tadi, kita gak bisa bilang pacaran punya nilai lebih buat memahami pasangan, karena pas nikah juga beda level, beda level pemahaman, level kedewasaan, level penerimaan. Satu2nya nilai lebih yang dimiliki ta'aruf ya yang dijadiin ejekan orang2, "yang penting gak zina". Dan kalau ente terlalu menganggap enteng hal2 yang berkaitan dengan zina, mungkin ngajinya perlu ditambah lagi waktunya.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
GoKiEeLaBieEzZ dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 07:14
tetep diliat juga tampang ama pendapatan, klo tampang minus tapi pendapatan plus ya masih ok, klo tampang plus tapi pendapatan minus ya taaruf nya angan2
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 07:20
halah tunggu setahun. baru keliatan sifat aselinya cerai. sering bangt kayak gitu. ini masih bocah lah emoticon-Big Grin masih bnyk labil nya sih menurut gw.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 07:30
bisa yakin karena mereka2 cakep dan kaya
profile-picture
dumpsys memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 07:49
pasangan paling suka pamer kemesraan abad ini.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 08:26
Maap nih ya klo gw rasa si dinda taaruf ngeliat tampang cowonya jg
Skrng gini realistis aja klo yg ngajak taaruf ga terlalu cakep kira kira masih mau ga
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 08:37
Abis liat foto ni cewek sama bokinnye yg dulu lagi ngerangkul saling bersentuhan (bukan mahrom) dan die berhijab pula.

Ape iye sama skrg itu beneran taaruf? Ape cuma taaruf²an???
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 08:55
ga usah ribet2 manusianya, agama saja sudah memudahkan kok, berdasarkan kitab suci, jangan berdasarkan tradisi negara orang lain
0 0
0
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 08:59
apakah ini bak beli kucing dalam karung? teringat teman kuliah ane yg taaruf, ternyata dapat suami pengguna narkoba, tapi sekarang sudah cerai.
profile-picture
hoorray memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 09:02
Bisa saja sih gan, semua tergantung dari kedewasaan dan juga kesiapan mental pasangan tersebut. Orang yang sudah lama berpacaran terkadang juga putus dan tidak bisa melanjutkan ke jenjang pernikahan. Jadi langgeng atau tidaknya sebuah hubungan tergantung dari bagaimana pasangan menyikapi setiap permasalahan yang ada.
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 09:07
ane juga gtu, pacaran tanpa menikah kok, bisa aja sampe skrg alhamdulilah udah di karuniain anak... pacarannya udah nikah, berasa sur ser gtu... emoticon-Big Grin
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 10:12
Ane baru tempe gan ada bkin CV juga mirip mau ngelamar kerja emoticon-Belo
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 11:32
acaranya kok gapake masker
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 12:01
Saya sih no
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 12:05
Ah disini mah urusan gampang, contoh aja ustad sejuta umat si tomat. Gk cocok tinggal cerai, banyak kok janda muda dibawah 20 thn....
Diubah oleh mewtwo68d
profile-picture
agungdar2494 memberi reputasi
1 0
1
Taaruf, Menikah Tanpa Pacaran, Kok Bisa Yakin?
14-07-2020 12:14
0 0
0
Halaman 7 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia