• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?

agungdar2494Avatar border
TS
agungdar2494
Norwegia, Negara Paling Bahagia Nomor 3, Beri Indonesia Rp.812,86M, Kok Bisa?


Hallo Agan Sista, tahukah bahwa Norwegia akan membayar sejumlah 530 juta NOK (sekitar 56 juta USD) atau sekitar Rp 812,86 Miliar jika dirupiahkan, atas keberhasilan Indonesia menurunkan emisi karbon.




Apa itu Emisi Karbon?Adalah sisa (buangan) gas-gas yang dikeluarkan dari hasil pembakaran senyawa yang mengandung karbon, seperti CO2.

Nah terus kenapa si Norwegia mau ngasih kita duit gara-gara kita berhasil nurunin Emisi Karbon? Jadi gini gaes, Norwegia merupakan negara paling utara yang ada di bumi, di daerah tersebut relatif lebih dingin daripada negara-negara lain. Emisi karbon yang tinggi bisa mengikat radiasi sinar matahari yang mengakibatkan perubahan iklim yang ekstrim. Oleh sebab itu Norwegia butuh mengurangi emisi gas karbon agar negara mereka tidak menjadi sangat sangat dingin. Jadi jelas ya, bahwa Norwegia sangat memiliki kepentingan akan turunnya emisi karbon di negara-negara lain, karena itupula mereka memberikan penghargaan kepada negara yang memiliki program untuk mengurangi emisi karbon, karena program tersembut dampaknya dapat membantu Norwegia.




Sebagai negara yang selalu masuk top 5 negara paling bahagia di dunia versi World Happiness Report, Norwegia sangat terkenal sebagai negara yang sangat mengedepankan kenyamanan dan keamanan warganya, dimulai dari pendidikan gratis segala jenjang, buku gratis, bahkan penjara yang nyaman mereka sediakan. Apalagi ini tentang iklim negara mereka, supaya warga tak kedinginan. Jadi sangat wajar jika mereka bersedia mengapresiasi negara-negara yang memiliki program, dan berhasil menurunkan emisi gas.

Dalam 10 tahun terakhir, ini kali pertama Indonesia mendapatkan penghargaan dari Norwegia atas kerja sama Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD+).

Penilaian bahwa produksi Emisi Karbon di Indonesia menurun, dilakukan oleh pihak ketiga, tercatat bahwa selama tahun 2016-2017 Indonesia berhasil menurunkan emisi 11,2 juta ton ekuivalen karbon dioksida (CO2eq). Dana penghargaan ini akan segera diterima Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) pada tahun ini! Lumayan banget kan, Gan Sist? Kabar baiknya, program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun ke depan.

Oleh sebab itu, sebagai warga negara yang peduli seharusnya kita kepo nih, apa sih upaya yang dapat kita lakukan demi mengurangi emisi karbon, supaya negara kita dapat penghargaan terus dari Norwegia atas penurunan emisi karbon ini?


1. Kurangi Penggunaan Kendaraan Bermotor (Pribadi)

Jika tidak terlalu jauh, tidak terlalu penting, bisa ditempuh dengan transportasi umum, atau bahkan bisa dicapai menggunakan sepeda, coba deh lakuin Gan Sist.

Apabila kita mengendarai mobil yang berbahan bakar bensin atau solar, dari satu tempat ke tempat lain, maka akan menghasilkan emisi CO2  dalam jumlah yang relatif besar. Perjalanan sejauh 1 km akan menghasilkan emisi sebanyak 200 gram CO2. Kebayang kan kalo misal setiap orang menggunakan kendaraan pribadi? Belum lagi yang menggunakan 1 mobil hanya untuk keperluan 1 orang penumpang.

2. Efisiensi Penggunaan Energi Listrik


Seperti yang sudah sering kita baca, bahwa tidur malam tanpa sinar lampu dapat membuat tubuh kita lebih berkualitas. Tinggal di negara beriklim tropis, membuat kita jarang kekurangan sinar matahari (kecuali sedang musim penghujan) oleh sebab itu, bagi yang menggunakan mesin cuci, bisa untuk mengandalkan matahari untuk mengeringkan pakaian, bukan mesin cuci sebagai pengering. Lagipula, di masa listrik sedang mahal ini, bukankah sekalian penghematan? hehe.

3. Kurangi Sampah

Bagi yang bekerja dan sering mencetak dokumen, dapat mulai mencetak dokumennya secara bolak-balik. Berhenti menggunakan kantong kresek sebagai wadah belanja juga dapat mengurangi sampah plastik dalam jumlah yang signifikan loh gan sist.


Quote:


Mungkin segitu dulu informasi ane kali ini, jika ada informasi tambahan mohon untuk jangan sungkan berbagi ya gan sist.


Diubah oleh agungdar2494 13-07-2020 09:33
danpangestu
Cahayahalimah
masnukho
masnukho dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.8K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.